SukabumiTalk

Ternyata di Sukabumi Ada Jambu Kristal Berkualitas Ekspor

Jambu Kristal Sukabumi rupanya banyak tumbuh di Kabupaten Sukabumi, bahkan para petaninya di Desa Desa Bojongkembar, Kecamatan Cikembar, ingin menjadikannya ikon pertanian di wilayah Cikembar. Kepala Desa Bojonkembar, Solehudin Wahid meyakini kalau kualitas  jambu sangat berkualitas, “Jambu kristal Cikembar sangat berkualitas. Apalagi sudah ada yang diekspor segala. Saya yakin petani bisa menjaga kualitas jambu Cikembar (Senin (2/3/20).

Untuk mencapai peningkatan kualitas, Petani Jambu Kristal Sukabumi membentuk Asosiasi Petani Jambu Kristal Bojong Farm. Acaranya diadakan di Saung Balai Desa Area Kebun Jambu Kristal Bojongkembar, Sabtu (29/2/20). Mereka memilih ketua sekaligus membentu pengurusan organisasi. Hima Imaduddin Malik dipilih sebagai ketua asosiasi melalui proses musyawarah.

Sebagai ketua yang dipercaya memimpin asosiasi, Hima berharap hasil panen bisa bersaing dengan petani lainnya. Sebagai petani juga, ia terus berupaya membuat buah yang layak dikonsumsi dengan berkualitas ekspor.

“Saya sangat berterima kasih, teman-teman petani mempercayai saya sebagai Ketua Asosiasi Petani Jambu Kristal Bojong Farm. Ada 25 orang pengurus asosiasi dan semuanya adalah petani jambu kristal dari Desa Bojongkembar, Cikembar,” Kata Hima.

Jika dibandingkan dengan lahan lainnya, lahan di Bojongkembar sangat baik untuk ditanam Jambu Kristal. “Lahannya sangat subur dengan iklim yang bagus sekali untuk budidaya jambu kristal. Kalau mencoba buahnya, rasanya bisa lebih manis dibanding daerah lain. Permintaan ekspor sudah datang dari beberapa perusahaan. Oleh karena itu, akan mengajukan sertifikasi kebun sebagai salah satu persyaratan untuk bisa ekspor. Semoga bisa terealisasi secepatnya.” ungkap Hima.

Dukungan Bagi Petani Jambu Kristal Sukabumi dari Pemerintah Desa Bojongkembar

"<yoastmark

Kepala Kades Desa Bojongkembar mengukuhkan pengurusan Asosiasi Petani Jambu Kristal Bojong Farm. Dukungan juga diberikan oleh, perangkat desa, Pendamping Desa, Kepala Balai Pelatihan Pertanian Kecamatan Cikembar, Penyuluh Pertanian Lapangan Desa Bojongkembar, dan para tokoh masyarakat. Sehingga, secara umum, asosiasi mereka diketahui khalayak ramai.

Baca juga :

TERNYATA DI SUKABUMI ADA JAMBU KRISTAL BERKUALITAS EKSPOR

BUKAN BERDOA, INILAH YANG KAMU LAKUKAN AGAR DAPAT MENCEGAH VIRUS CORONA

Asosiasi tersebut diharapkan menjadi wadah petani jambu kristal di Cikembar, Sukabumi. Secara umum juga bisa untuk para petani di Kabupaten Sukabumi. Pekerjaan rumah yang harus dilakukan adalah menjalin komunikasi, berbagi pengetahuan, mengembangkan pasar, dan paling penting kerjasama antar petani. Begitu pernyataan Kepala Balai Pelatihan Pertanian Cikembar, Maman Surahman kepada asosiasi yang baru di bentuk tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *