Dukung Gerakan Sabumi Volunteer
SukabumiTalk

Pendekar-Pendekar Pesilat Cilik Kampung Cijati Cicantayan Raih Medali Emas

Acara Pasanggiri Pencak Silat se-Wilayah V Kabupaten Sukabumi diselenggarakan dengan tujuan untuk melestarikan budaya sunda

Pendekar pesilat cilik Paguron Pancaraga Kampung Cijati, Desa Cicantayan, Kecamatan Cicantayan mengikuti Pasanggiri Pencak silat antar kecamatan se-wilayah V Kabupaten Sukabumi. Pelaksanaan Pasanggiri Pencak Silat se-Wilayah V Kabupaten sukabumi yang meliputi kecamatan Kadudampit, Cisaat, Gunungguruh, Caringin dan Kecamatan Cicantayan.

Acaranya dilaksanakan di Aula villa Bumi Mandiri, Kecamatan Kadudampit pada sabtu dan minggu (31 oktober dan 1 november 2020). Acara ini diselenggarakan oleh Dwitunggal IPSI-PPSI kabupaten Sukabumi.

Pesilat Cilik Kampung Cijati Cicantayan Mengikuti Acara juga Melestarikan Budaya Sunda

Pesilat Cilik Cijati Sukabumi Raih Medali Emas
Pesilat Cilik Cijati Sukabumi Raih Medali Emas

Acara Pasanggiri Pencak Silat se-Wilayah V Kabupaten Sukabumi diselenggarakan dengan tujuan untuk melestarikan budaya sunda. Sekaligus regenerasi seni pencak silat anak-anak di Sukabumi. Kecamatan Cicantayan diwakili oleh Paguron PANCARAGA Kampung Cijati, Desa Cicantayan. Karena pesilat-pesilat dari Paguron menjadi salah satu yang masih aktif di Kecamatan Cicantayan.

“Berkat dukungan Pemerintah Desa Cicantayan dan Kecamatan pesilat cilik dari Kampung Cijati Cicantayan bisa mengikuti acara pasanggiri ini. Tujuannya agar anak anak-anak sebagai generasi penerus mendapat pengalaman dan semakin semangat dalam latihan. Menjadi juara bukan tujuan utama yang kami kejar.” Tutur Apip sebagai pelatih Paguron Pancaraga.

Pelatih Silat Paguron Pancaraga Kampung Cijati Merasa Senang Anak-Anak Meraih medali Emas
Pelatih Silat Paguron Pancaraga Kampung Cijati Merasa Senang Anak-Anak Meraih medali Emas

Selain Apip, ada Erus alias Kang Koner dan Aas asnawi alias kang kasut yang menjadi pelatih. Mereka merasa gembira sekali atas prestasi yang diraih muridnya. “Semua karena izin Allah swt dan syariatnya dukungan semua pihak. Terimakasih kepada Pak Kades, Pihak Kecamatan, Haji Iyus, serta pa Kadus Cijati yang telah memberikan dukungan kepada kami,” kata Kang Kasut.

Pesilat cilik dari Kampung Cijati Cicantayan mengikuti 4 kategori yang dilombakan (tunggal, dobel, rampak, dan ijen). Keempat kategori tersebut diikuti putra/ putri, anak-anak, remaja dan dewasa. Dari semua kategori, pesilat cilik kampung Cijati meraih 2 medali. Diantaranya juara 1 kategori rampak remaja putri dan juara 3 kategori tunggal remaja putri.

Prestasi tersebut patut diapresiasi karena sudah bisa menjadi pemenang. Apalagi baru pertama kali mengikuti lomba dan latihan dilakukan kurang lebih 6 bulan ke belakang. Hikmah dari keiikutsertaan perlombaan pencak silat adalah bukan untuk bangga diri, tetapi untuk menjadi motivasi agar kedepannya bisa lebih baik lagi.

Kabar menarik lainnya: Siap-Siap “New Normal Back To Holiday” Bersama Paket Tur KAI Wisata

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close