Mon. May 27th, 2024
    Proses Pembangunan Tol Bocimi SukabumiProses Pembangunan Tol Bocimi Sukabumi

    Proyek pembangunan Jalan Tol Bocimi (Bogor – Ciawi – Sukabumi) Seksi 2 Cigombong – Cibadak terus berjalan. Kelanjutan pembangunan konstruksinya sudah sekitar 58,58%. Pengembang merencanakan pembangunan Jalan Tol Bocimi Seksi 2 dapat selesai pada pertengahan tahun 2021 mendatang. Sehingga masyarakat bisa menikmati jalan tol yang kurang dari setahun lagi.

    Jalan Tol Ciawi – Sukabumi dibangun sepanjang 54 Km yang terdiri dari 4 Seksi, yaitu:

    1. Seksi I Ciawi-Cigombong (15,35 Km) telah beroperasi pada Desember 2018.
    2. Pembangunan Seksi II Cigombong-Cibadak (11,90 Km),
    3. Seksi III Cibadak-Sukabumi Barat (13,70 Km).
    4. Seksi IV Sukabumi Barat-Sukabumi Timur (13,05 Km).

    Pembangunan Tol Bocimi Seksi 2 dilakukan sebagai cara untuk mendukung kelancaran akses kendaraan menuju dan dari Sukabumi. Tujuannya untuk mengurai kemacetan yang kerap terjadi di sekitar wilayah utara Sukabumi. Proyek jalan tol tersebut juga mendukung pengembangan sektor pariwisata. Bukan rahasia lagi Sukabumi memiliki banyak objek wisata yang sangat menarik.

    Berwisata Tidak Macet Lagi Setelah Pembangunan Jalan Tol Bocimi Selesai Sampai ke Sukabumi

    Bukan rahasia lagi, masyarakat Sukabumi dan orang yang datang dari ibukota/ bogor kerap mengalami macet yang sangat panjang. Perjalanan Bogor-Sukabumi yang seharusnya hanya memakan waktu 2 jam, malah bisa menghabiskan waktu 4-5 jam. Waktu tersebut membuat orang enggak pergi ke Sukabumi.

    Ada beberapa manfaat jalan tol bagi masyarakat, antara lain:

    1. Mengurangi kemacetan.
    2. Membuka lapangan kerja.
    3. Meningkatkan kemampuan ekonomi.
    4. Meningkatkan nilai investasi yang dapat mengembangkan Kabupaten Sukabumi

    Sehingga, Kehadiran Jalan Tol Bocimi Seksi 2 sampai ke kawasan Cibadak Sukabumi diharapkan juga dapat memangkas waktu perjalanan. Apalagi akses menuju ke Pelabuhan Ratu nantinya dapat menempuh waktu kurang lebih satu jam. Apabila dari wilayah Jakarta ke Pelabuhan Ratu diperkirakan hanya menempuh waktu sekitar 2,5 jam nantinya.

    Salah satu manfaat ekonomi yang didapat adalah akan ramainya kemudahan akses jalan menuju tempat wisata. Wisatawan akan mudah pergi ke tempat wisata alam, seperti Geopark Ciletuh/ kawasan selatan Sukabumi, Situgunung, Pondok Halimun dan lainnya.

    Setelah dioperasikannya Seksi I Jalan Tol Bocimi ruas Ciawi-Cigombong Sukabumi, perjalanan terbukti menjadi semakin lebih cepat. Masyarakat tidak perlu memakan waktu yang sangat lama menuju kota Bogor dan Jakarta. Perencanaan pembangunan jalan diharapkan dapat mendorong akselerasi pembangunan kawasan Sukabumi-Bogor.

    Informasi lainnya: Tarif Listrik PLN Turun, Sudah Tahu Belum?

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *