SukabumiTalk

Kota Sukabumi Keluar Zona Merah, Aturan PPKM Level 4 Berlaku Sampai 2 Agustus 2021

Kota Sukabumi keluar Zona Merah dari level resiko tinggi kewaspadaan Covid-19. Kondisi tersebut karena faktor tingkat positif Covid – 19 terjadi penurunan dan keterisian fasilitas isolasi dirumah sakit berkurang, serta angka pasien yang sembuh semakin meningkat.  Sehingga, Kota Sukabumi bisa turun menjadi zona oranye atau risiko sedang.

Meski begitu, masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) tetap dilaksanakan dengan PPKM Level 4 sampai 2 Agustus 2021.  Pemerintah Kota Sukabumi juga tidak menurunkan upaya mencegah penyebaran covid – 19.

Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi, telah memerintahkan ASN untuk terus mengawasi penegakan peraturan PPKM level 4. Selain itu, menurut Juru Bicara Satgas Percepatan Penanggulangan Covid – 19, dr. Wahyu Handriana, akan dilaksanakan vaksinasi covid – 19 pada ibu hamil. Ia juga berharap warga lansia secepatnya mendapatkan vaksin, apalagi capaian vaksinasi pada lansia tergolong rendah.

Sebelum Kota Sukabumi Keluar Zona Merah, Begini Aturan PPKM Level 4

Masyarakat Sukabumi diminta tetap melaksanakan prokes Covid-19 untuk menghindari peningkatan kembali jumlah kasus positif. Selain itu, masih memberlakukan aturan PPKM Level 4. Adapun peraturannya antara lain:

  1. Pasar Tradisional, Supermarket, dan Toko Kelontong penjual kebutuhan sehari-hari bisa buka hingga Pukul 20.00 wib.
  2. Toko yang menjual non kebutuhan pokok dapat buka hingga pukul 13.00 wib dengan prokes yang ketat.
  3. Café, warung makan, dan restoran hanya bisa melayani pesan antar dan dibungkus buka hingga pukul 20.00 wib. Namun berdasarkan keterangan Presiden bisa makan ditempat selama 20 menit dengan tujuan meminimalisir kerumunan.
  4. Tempat karaoke, tempat pijat, hiburan malam, ditutup sementara waktu.
  5. Hotel dan tempat menginap hanya melayani makan di dalam kamar. Selain itu, harus menunjukkan hasil swab antigen.
  6. Kapasitas kendaraan umum harus 50 persen dan penumpang yang keluar kota harus menunjukkan bukti vaksin tahap 1 dan swab antigen pada hari melakukan perjalanan.
  7. Tempat ibadah bisa dibuka, namun disarankan lebih baik ibadah di rumah.
  8. Lokasi kegiatan seni, budaya, dan olahraga ditutup sementara.
  9. Fasilitas publik seperti taman dan tempat wisata ditutup sementara.
  10. Acara pernikahan hanya bisa didatangi 20 orang dengan prokes yang ketat.

Demikian aturan yang sedang berjalan. Setelah melewati masa PPKM, Pemkot Sukabumi akan mengeluarkan aturan baru sesuai dengan kondisi terkini. Acuannya melihat level kedaruratan pandemi Covid-19.

Artikel menarik lainnya: Apakah itu Girlfriend Day yang Dirayakan Tanggal 1 Agustus, Yuk Tetap Sayangi Sahabat Perempuan Kita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *