Dukung Gerakan Sabumi Volunteer
SukabumiTalk

Ketika Petani Muda Ketanpedo Bertemu Kelompok Petani Anak Muda Lainnya di Gunung Guruh Sukabumi

Petani Muda Ketanpedo Cibiru Sukabumi, Akatiga dan Komunitas 1000 kebun berkunjung ke perkebunan citengkas gunung guruh sukabumi. Minggu, 18 oktober 2020, kami diberi kesempatan bertemu ke perkebunan Citengkas, Gunung Guruh, Kabupaten Sukabumi.

Lokasinya tidak begitu jauh dari Kecamatan Cicantayan yang membutuhkan waktu 15 menit saja. Tempat itu dapat dikunjungi ke sana menggunakan kendaraan roda empat untuk sampai ke lokasi. Sesampai dilokasi kami disambut hangat oleh pendiri yaitu kang Diva nama akrabnya.

Sejujurnya, kami merasa kagum ketika menginjakkan kaki di tempat ini, karena perkebunan dikelola oleh sekelompok anak muda. Para pemuda yang memiliki latar belakang pendidikan yang berbeda. Secara kebetulan juga, disana sedang berlangsung sekolah pertanian dengan peserta anak muda dari wilayah Sukabumi juga.

Apa Tujuan Petani Muda Ketanpedo Cibiru Sukabumi Bertemu Kelompok Petani Muda Lainnya?

Diskusi Pemuda Ketanpedo Diskusi dengan Petani Gunung Guruh
Diskusi Pemuda Ketanpedo Diskusi dengan Petani Gunung Guruh

Tujuan utama kunjungan Ketanpedo ke Kelompok perkebunan Citengkas untuk menambah jaringan. Kami ingin mempelajari dengan kelompok anak muda yang fokus didunia pertanian. Selain itu, Ketanpedo ingin sharing diskusi tentang permasalahan yang dihadapi, model pemasaran, akses lahan dan respon serta fasilitasi pemerintah setempat terhadap petani anak muda.

Setelah lama berdiskusi, permasalahan yang dihadapi ternyata hampir sama. Kami kelompok petani anak muda harus bisa mandiri dan mampu berjejaring dengan kelompok yang sama. Selain itu, harus berupaya memperkuat permodalan, akses pemasaran serta memberikan informasi yang seluas-luasnya. Tujuannya agar banyak muda yang tertarik untuk bertani.  Di akhir acara kami bersepakat untuk bersinergi dalam berbagai hal. Terutama akses pemasaran yang bisa menguntungkan petani sendiri.

Untuk diketahui, Petani Muda Ketanpedo memiliki anggota yang terdiri dari pemuda di Kampung Cibiru, Cicantayan, Kabupaten Sukabumi. Kegiatan yang dilakukan adalah bertani tanaman/ sayuran organik. Kegiatan Ketanpedo didukung oleh Komunitas 1000 Kebun dan Lembaga Akatiga dari Bandung. Hingga saat ini, kegiatan terus berjalan dan telah menghasilkan panen produk sayuran organik.

Ditulis oleh Pibsa “Ketanpedo, Kampung Cibiru Sukabumi”   

Informasi menarik lainnya: Mengadakan Workshop Pertanian Organik Kepada Anak-Anak Cibiru Sukabumi

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close