SukabumiTalk

Dari Dusun Cijati Sukabumi Membangun Kesadaran Kesehatan Pencegahan Virus Corona

Dampak positif adanya wabah virus corona, masyarakat dari tingkat dusun memiliki kesadaran kesehatan, seperti yang dilakukan Kedusunan Cijati, Cicantayan, Sukabumi. Kedusunan Cijati mengadakan kegiatan Minggu bersih sekaligus penyemprotan ke rumah warga. Lingkungan tempat tinggal diupayakan lebih bersih sebagai bentuk upaya pencegahan COVID-19.

Kegiatan kebersihan serentak lakukan di kedusunan lain di Desa Cicantayan. Penyemprotan akan terus dilakukan ke semua rumah warga dengan melibatkan relawan dari setiap RT. Mereka difasilitasi oleh Pemerintah Desa dengan menggunakan APD (Alat Pelindung Diri). Sehingga, relawan tetap aman kesehatannya. Karena disinfektan juga memiliki zat yang berbahaya bagi kulit dan pernapasan jika terpapar secara berlebihan pada manusia.

Warga menjadi rajin bersih-bersih di rumah dan menyiapkan cairan sanitizer. Banyak orang menjadi sadar membuat disinfektan sendiri, mereka membeli bahannya cariannya di warung. Pembuatan disinfektan sesuai SOP dari yang ditunjukkan oleh tenaga kesehatan dari Puskesmas.

Pemerintah Desa Harus Membangun Kesadaran Virus corona Kepada Warga Sampai Tingkat Dusun

Menjaga Kesehatan Kebersihan Lingkungan Kedusunan Cijati Sukabumi
Menjaga Kesehatan Kebersihan Lingkungan Kedusunan Cijati Sukabumi

Langkah pencegahan virus corona harus dilakukan dari tingkat dusun, agar mereka tahu kalau virus corona bukan virus biasa saja. Dari orang kota hingga orang kampung pelosok pun dapat terjangkit COVID-19. Masyarakat harus mengetahui orang yang sakit COVID-19 menyebarkan virus corona secara cepat ke setiap wilayah dengan cara kontak jarak dekat. Karena pola penularannya dapat terjadi secara komunitas (community transmission).

Ketika penularan komunitas semakin meluas terjadi, maka tindakan tambahan perlu dilakukan untuk mengurangi kontak antara satu warga dengan warga lain di satu  wilayah itu. Maka, social distancing perlu dilakukan untuk mengurangi kontak antar warga. Kalau sudah membersihkan lingkungan kampung, maka perlu dilakukan mengurangi kegiatan keramaian seperti pertandingan bola, konser musik, acara keagamaan dan pertemuan besar seperti pernikahan.

Tindakan mengurangi kontak antara individu dalam masyarakat juga dilakukan dengan menutup sekolah dan mengurangi penggunaan transportasi umum. HIndari kegiatan yang tidak penting. Kalau kontak antar warga tetap tinggi, makan risiko penyebaran akan tetap tinggi.

Maka, ada beberapa hal yang perlu dilakukan, antara lain :

  • Hindari pertemuan besar (lebih dari 10 orang), apapun kegiatannya hindari kerumunan.
  • Jaga jarak sejauh mungkin dengan orang lain.
  • Tidak usah pergi ke sarana kesehatan kecuali diperlukan. Apabila terdapat anggota keluarga dan teman yang dirawat di rumah sakit, maka sebaiknya batasi pengunjung. Apalagi kalau kelompok mempunyai risiko tinggi (terutama orang lanjut usia dan orang dengan penyakit berat). Misalnya penyakit gangguan jantung, diabetes dan penyakit kronis lainnya.
  • Orang yang memiliki risiko tinggi sebaiknya tetap di rumah dan menghindari pertemuan atau kegiatan lain yang dapat membuatnya terpapar virus. Hindari melakukan perjalanan yang jauh.

Mari tetap berbagi perkembangan informasi kepada orang di sekitar kita, termasuk warga tingkat kedusunan. Setiap orang bisa berbuat untuk melindungi sesama dengan meningkatkan kondisi kesehatan, tetap jaga pola hidup bersih setiap hari.

Baca juga : CURAHAN HATI PARA IBU BELAJAR DI RUMAH YANG MENAMBAH BEBAN PEKERJAAN RUMAH

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *