Dukung Gerakan Sabumi Volunteer
SukabumiTalk

Anak Muda di Sukabumi ini Membuktikan Regenerasi Petani Bisa Dilakukan

Regenerasi petani muda di Sukabumi sangat dibutuhkan seiring perkembangan kemajuan zaman beserta kecanggihan yang sangat pesat. Ada sedikit rasa kemirisan dan khawatir dari kacamata petani, sebagian besar dari mereka tubuhnya tinggal diselimuti kulit dan tenaga yang tidak gagah lagi. Seolah pengolahan lahan pertanian tidak ada lagi diisi oleh kaum pemuda.

Padahal, secara tidak sadar kita lupa bahwa asupan gizi yang kita makan sehari hari berasal dari tanah yang diolah dan di racik sedemikian rupa oleh para petani. Apa jadinya bila petani padi sudah tidak produktif lagi? Bagaimana jadinya apabila petani sayur mayur tidak konsisten lagi? Konsisi tersebut sungguh sangat riskan bukan?

Sebelum semuanya terlanjur dan sebelum kita terlelap dalam hiruk pikuknya modernisasi zaman. Semoga kita akan segera sadar bahwa aspal dan beton tidak sedap untuk disantap. Petani muda tetap dibutuhkan akan produksi pertanian tetap tumbuh hingga ribuan tahun mendatang. Namun, tanpa adanya dukungan pihak terkait seperti pemerintah, kaum muda bisa jadi enggan terlibat di lahan pertanian.

Pemerintah Sukabumi Harus Melirik Anak Muda Agar Terus Terjadi Regenerasi Petani Muda

Kegiatan Memanen Bawang Merah Bersama Petani Muda Sukabumi
Kegiatan Memanen Bawang Merah Bersama Petani Muda Sukabumi

27 Juli 2020, kebun bawang merah yang terletak di Kampung Kalapa Condong, Desa Sudajaya Girang kedatangan tamu. Mereka berasal dari dinas pertanian, dan Koramil, Bapak Diat sujatman dari Unit Penyuluhan Petani Kecamatan Sukabumi. Lahan pertanian bawang merah tersebut dikelola oleh pemuda bernama Firdaus Agustian.

Beliau memberikan apresiasi atas hasil panen bawang merah di kebun tersebut. Di daerah ketinggian pun bawang merah ternyata bisa tumbuh dengan baik dengan hasil produksi yang sangat bagus. Kedatangan mereka juga diiringi dengan kabar baik bahwa akan ada nya program untuk petani petani muda. Anak muda yang giat di lahan pertanian akan mengikuti pelatihan agar terciptanya regenerasi petani di masa yang akan datang.

Diskusi Bersama Dinas Pertanian, dan Koramil, Bapak Diat sujatman dari Unit Penyuluhan Petani Kecamatan Sukabumi
Diskusi Bersama Dinas Pertanian, dan Koramil, Bapak Diat sujatman dari Unit Penyuluhan Petani Kecamatan Sukabumi

Sinergi adalah kunci dari informasi Babinsa Bapak Samsudin. Belia memberikan informasi dengan cepat keberadaan kebun bawang merah kepada Dinas Pertanian. Petani muda pengolah kebun bawang tersebut  mengucapkan terimakasih atas respon cepat tanggapnya dari badan penyuluhan pertanian Kecamatan Sukabumi telah melakukan monitoring.

Para tamu diajak untuk ikut memanen bawang merah bersama. Bukan tidak mungkin Kabupaten Sukabumi bisa menjadi sentra bawang merah. Produksi pertanian bawang merah menjadi komoditas baru sayur-mayur di daerah Selabintana Kampung Kalapa Condong, Desa Sudajaya Girang. Menariknya, pengelolanya adalah petani muda yang sangat semangat bekerja di lahan pertanian.

Informasi Sukabumi Menarik Lainnya: Demi Menampung Keluhan Bansos dan Kejadian Terburuk dari Masyarakat, BPD Kemang Mengadakan Rapat Khusus Kedusunan

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close