Dukung Kegiatan Sabumi Volunteer
suara hati relawan

Setelah Ibu dan Ayah Meninggal : Rasanya Ditinggalkan Orang Tua

Setelah Ayah atau Ibu meninggal, sebagai anak akan ada rasa terpukul dan seperti rasa bersalah yang ingin diungkapkan. Tetapi semua sudah terlambat.

Bagaimanapun kematian adalah bagian kehidupan. Semua orang dewasa akan meninggal. Entah itu melewati masa sakit atau pergi secara mendadak. Bagi orang tuanya yang meninggal pada usia tua, anak-anaknya lebih bersyukur karena hidup bersama mereka lebih lama. Orang tua membiayai dan menanggung kehidupan anak-anaknya hingga dewasa.

Namun, bagaimana dengan anak-anak yang ditinggalkan orang tua pada usia relatif muda? Kondisi kehidupan mungkin menjadi timpang karena tidak ada Ayah atau Ibu yang mendidik dalam sisa usia. Anak pun harus menanggung beban kehidupan lebih awal terpaksa berkerja lebih cepat untuk membantu biaya hidup keluarga.

Setiap anak yang ditinggalkan orang tua pasti merasa bersedih dan menjadi hal yang lumrah. Kesedihan adalah cerminan dari hubungan yang terputus. Kehilangan orang tua itu sangat nyata. Meski orang meminta tabah dan sabar, anak takkan bisa menyembunyikan rasa sedih.

Setelah Ayah dan Ibu Meninggal Sebagian Saudara Mulai Menghilang, Namun Anak-Anak Harus Tetap Berhubungan

Sanak saudara, teman, dan rekan kerja Anda mungkin akan memberikan ucapan belasungkawa dan orang tua sudah tenang di alam lain. Masalahnya, kita akan merasa sangat kehilangan ketika Ayah atau Ibu tidak lagi berada di sisi  sepanjang sisa hidup kita. Tidak ada lagi Ayah dan Ibu yang memperhatikan, memberi kasih sayang, dan memberi nasihat lagi. Rasa kehilangan itu nyata, karena orang tua yang meninggal tidak akan kembali.

Hubungan orang tua dan anak sangat dalam. Ayah dan Ibu yang menjadi penjalin hubungan utama kita di dunia. Meski, kita memiliki pasangan yang sangat menyayangi, anak-anak yang dicintai dan banyak teman dekat, kematian orang tua berarti hilangnya salah satu koneksi pertama dan terpenting kita.

Baca juga :

Bonus Menanti Setiap Perjalanan ke Pelosok Sukabumi

Belajar Menulis Ala Sabumi Volunteer Mencatat Kondisi Pendidikan di Pelosok Sukabumi

Kesadaran yang Muncul Setelah Orang Tua Meninggal

Setelah orang tua kita meninggal, anak-anaknya akan menyadari semua yang dilakukan orang tua sangat penting. Kita tidak bisa menggantikan pengorbanan orang tua terhadap anak-anaknya semasa hidup. Anak-anak akan menyadari bahwa kehidupan orang tua penuh dengan perjuangan.  Kita juga akan melihat kekurangan dan ketidaksempurnaan mereka.

Namun, bagaimana pun, kita harus siap ditinggalkan dan menghadapi kesedihan yang mendalam. Kepergian orang tua membuat kita merenungkan apakah bisa hidup tanpa mereka. Bagaimana hidup dengan harus terus mengenang orang tua yang meninggal.

Jawabannya adalah kita harus meneri kenyataan bahwa orang yang kita cintai secara fisik telah pergi dan takkan kembali. Suka atau tidak suka, setiap orang akan menemui masa akhir dalam hidupnya.  Terimalah keadaan saat ini, dan berhentilah larut dalam kesedihan. Ayah dan Ibu yang meninggal mungkin tak ingin anak-anaknya terus meratapi kepergian mereka.

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close