Thu. May 30th, 2024
    Tempat Praktek Ibu Ida DayakTempat Praktek Ibu Ida Dayak

    Ahli Pengobatan Alternatif Ibu Ida Dayak obrolan hangat di kalangan netizen saat ini. Wanita asal Kalimantan ini membuat kagum banyak orang karena bisa memulihkan tangannya yang bengkok dalam waktu singkat.

    Ida Dayak viral di media sosial karena bisa menyembuhkan berbagai keluhan penyakit dari Ida Dayak digambarkan sebagai wanita sakti yang bisa menyembuhkan beberapa penyakit serius dalam sekejap mata.

    Saat merawat pasien, Ibu Ida Dayak memakai minyak bintang untuk memijat pasien. Akibatnya, banyak pihak memanfaatkan reputasi Ida Dayak dan melakukan penipuan setelah dirinya viral di media sosial.

    Profil Ibu Dayak dari Kalimantan Timur

    Untuk diketahui, Ida Dayak bernama lengkap Ida Andriyani yang lahir pada 3 Juli 1972 di Pasir Belengkong, Kabupaten Paser, Kalimantan Timur. Dia sekarang berusia 51 tahun.

    Dia sering membuat obat dengan pergi dari pasar ke pasar sebagai penjual obat. Bahkan ia berkeliling beberapa pulau sebagai dokter, mulai dari Papua, Kalimantan, Sulawesi, dan Sumatera.

    Ida Dayak mempunyai penampilan yang khas yaitu memakai pakaian adat Dayak ketika merawat pasien. Ketika proses penyembuhan dari penyakit pasien, Ida Dayak dapat melakukan ritual tarian dan kemudian dipijat dengan minyak merah yang disebut Minyak Ida Dayak Bintang.

    Ibu Ida Dayak membacakan kata tauhid (laa ilaaha illallaah) dan basmalah (bismillahirrahmanirrahim). Ini menunjukkan bahwa dia membawa kesembuhan melalui kekuatan Allah SWT dan memintanya.

    Proses penyembuhan yang dilakukan oleh Ida Dayak ini sepenuhnya gratis atau cuma-cuma. Ida Dayak hanya menjual minyak racikan sendiri dengan harga yang cukup terjangkau yaitu Rp 50.000 per botol. Tentunya dibandingkan dengan biaya operasi tulang atau pengobatan penyembuhan tulang, harga tersebut terbilang cukup murah.

    Praktik Pengobatan Selalu Ramai

    Senin 3 April 2023, Ibu Ida Dayak mendapat pengobatan alternatif di GOR Divif 1 Kostrad, Jalan Raya Bogor-Jakarta Km 39 Cilodong, Depok, Jawa Barat. Waktu pengobatan berlanjut Selasa (4 April). Ratusan orang hadir dalam pengobatan tersebut. Banyaknya masyarakat yang berobat menyebabkan kemacetan di Cilodong.

    Dia tidak memungut biaya untuk aliasing pasien. Ia hanya menjual minyak racikan sendiri dengan harga wajar Rp 50.000 per botol.

    Bahkan, ia juga menarik perhatian beberapa instansi untuk para petinggi. Ida Dayak diundang ke kediaman Letnan Jenderal (Purn) AM Hendropriyono. Panglima TNI (Purn) Andika Perkasa dan istrinya juga hadir saat itu.

    Kesuksesan Ibu Ida Dayak dalam pengobatan alternatif membuat banyak orang penasaran dan ingin mencoba pengobatan alternatifnya.

    Artikel menarik lainnya: Mengenang Andriana: Sosok Pemuda Sukabumi Bergelut dengan Sampah Hingga Akhir Hayat

    Terjadi Mengaku Pengobatan Ibu Ibu Ida Dayak Penipuan

    Reputasi Bu Ida Dayak telah dimanfaatkan oleh beberapa pihak yang tidak bertanggung jawab. Mereka meminta bayaran antrian, berpura-pura menjadi anak-anak, keluarga atau pembantu, memiliki obat grosir fiktif dan bahkan menjual minyak bintang di toko online.

    Banyak cara yang dilakukan untuk mengelabui korban, selain terapi massal, juga dengan menjual minyak bintang. Beberapa bentuk penipuan atas nama Ibu Ida Dayak, seperti memungut biaya antri dari pasien.

    Faktor-faktor inilah yang menyebarkan praktik pengobatan ibu fiktif Ida Dayak ke beberapa kota seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, dan Semarang. Nomor ekor tetap bebas. Ada seorang pemilik akun Facebook, Merry Andriani, yang mengaku sebagai putri Ibu Ida Dayak dan menjual minyak bintak.

    Adapula yang membuat pengobatan massal di berbagai kota, seperti Jakarta pada 1-4 April, Bandung pada 8-11 April, Surabaya pada 15-18 April. dan di Semarang mulai 1 Mei hingga 4 Mei 2023. Padahal penipuan, karena sudah ada orang yang menyetor uang Rp 250.000, setelah itu pelaku tidak menghubungi lagi calon pasien.

    Artikel menarik lainnya: Sosok Rara Istiati Pawang Hujan MotoGP Mandalika Nomor Satu Di Dunia

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *