Dukung Gerakan Sabumi Volunteer
Sosok

Profil Menteri Agama Baru yang Menjadi Pembicaraan Banyak Kalangan dan Netizen di Media Sosial

Profil Menteri Agama Baru Yaqud Cholil Qoumas adalah Ketua Umum Pimpinan Pusat GP Ansor. Organisasi sayap Nahdlatul Ulama (NU). Sebelumnya beliau merupakan Wakil Ketua Komisi II DPR  RI. Gus Yaqud begitu panggilan akrab dilihirkan di Rembang, Jawa Tengah, 4 Januari 1975.

Beliau bukan tokoh sembarang dikalangan NU. Gus Yaqut adalah  anak KH Cholil Bisri seorang pendiri Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan pernah menjabat Wakil Ketua MPR. KH Cholil adalah kakak kandung KH Mustofa Bisri (Gus Mus) sang pendiri Pondok Pesantren Raudlatut Thalibin, Leteh, Rembang dan dikenal tokoh Islam Kharismatik di Indonesia.

Latar pendidikannya adalah lulusan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Indonesia (UI). Di kampus ia mengembangkan kemampuan berorganisasi dan pernah menjadi Ketua Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Cabang UI  Depok hingga 1997.

Karir politiknya dimulai menjadi kader PKB di Rembang. Lalu pernah menjabat Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Kabupaten Rembang periode tahun 2001-2014. Siapa sangka karir politiknya melesat Yaqud Cholil Qoumas dipilih sebagai Menteri Agama RI oleh Presiden Jokowi.

Profil Menteri Agama Baru Gus Yaqud Diharapkan Mampu Mengatasi Konflik Agama Selama ini

Setelah pelatikan yang dilakukan langsung oleh Presiden Joko Widodo mengeluarkan pernyataaan akan menolak gerakan yang membuat agama sebagai sumber konflik dan perpecahan. Visi Gus Yaqud menjadi Menag adalah membuat kementerian milik semua agama. Target dirinya tidak ada kasus intoleransi dan diskriminasi terhadap agama-agama di Indonesia.

Selama ini, Gus Yaku memimpin GP Ansor dikenal moderat dan sering berlawanan dengan Front Pembela Islam (FPI). GP Ansor selama dinakhodai Yaqut selama 2015-2020 menolak FPI dan Banser mendorong Negara tidak boleh kalah oleh ormas.

Gus Yaqud dipilih menjadi menteri agama disambut positif banyak kalangan. Beliau dinilai memiliki kemampuan dan komitmen menjaga kedamaian. Sebagai tokoh yang memiliki hubungan luas dengan lintas golongan. Maka, sepak terjangnya dinanti dapat membantu Presiden Jokowi di kabinet.

Gus Sholah menanti komitmen Gus Yaqut menjadi menteri semua agama ditunggu banyak pihak. Agar tecipta rasa aman, tegas, dan mampu meredam permasalahan yang selama ini terjadi.

Sementara itu, tokoh lintas agama berharap Menag yang baru memberikan perhatian terhadap kebebasan beribadah dan mendukung keberagaman. Tidak ada lagi intervensi terhadap antar agama dalam menjalankan ajaran keagamaan di rumah ibadah masing-masing tanpa rasa tertekan lagi.

Qus Yaqud diharapkan menjadi penegak toleransi dan pelindung minoritas. Sebagai Sosok tokoh NU yang mengerti permasalahan keagamaan dan memiliki rasa kebersamaan yang kuat. Hal itu dibuktikan GP Ansor sering melawan kelompok ormas garis keras. Sosok menarik yang ditunggu kemampuannya dalam mengatasi persoalan berbasis agama.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close