Pengrajin Gelas Bambu Berkreasi dari Kekayaan Alam Kampung Cibiru Sukabumi

Pengrajin gelas bambu

Pohon bambu yang menjadi anugerah dari alam ternyata dapat dimanfaatkan dengan baik oleh pengrajin gelas bambu. Pibsa yang merupakan pengelola Rumah Baca Bambu Biru tampaknya sadar betul kalau pohon bambu bisa menjadi sumber penghasilan bagi keluarganya.

Setelah memanfaatkan pohon bambu menjadi permainan tradisional egrang yang ramah anak di Kampung Cibiru, Pibsa pun mengubah bambu menjadi gelas. Kebetulan sekali kampung Cobiru terdapat banyak pohon bambu, sehingga tidak sulit memperoleh bahan untuk dibuat menjadi produk gelas yang menarik.

“Membuat gelas bambu ini murah diproduksinya, bambu kan tinggal ambil. Saya kadang meminta sama tetangga yang bikin bikin bilik (dinding rumah berbahan bambu),” katanya tersenyum sambil memoles sebuah gelas yang sudah dipesan dari konsumen berasal dari Kota Sukabumi.

Baca juga : Melestarikan Kopi Sukabumi Asli Bersama Komunitas Edukopi

Pengrajin Gelas Bambu Bisa Menjadi Sumber Penghasilan Keluarga

Hasil Produk Pengrajin Gelas Bambu Kriya Cibiru
Hasil Produk Pengrajin Gelas Bambu Kriya Cibiru

Selain sebagai penghasil batu bata, sebagian masyarakat Kampung Cibiru juga dikenal sebagai pengrajin bambu. Ada banyak warga yang mampu mengolah bambu menjadi produk yang menarik. Tetapi tidak banyak yang bisa membuat produk tersebut bisa laku dijual. Tidak semua orang bisa memasarkan produk kerajinan bambu.

Kerajinan bambu yang masih kental di Kampung Cibiru, Desa Cicantayan, Sukabumi adalah pengrajin bilik. Setiap hari ada saja bilik yang laku terjual diambil oleh pembelinya.

Berbeda dengan produk pengrajin gelas bambu, hasil produksinya dipasarkan melalui WhatsApp dan media sosial seperti Instagram dan facebook. Setelah mulai rutin membuat kerajinan gelas bambu, Pibsa mengontak beberapa temannya untuk mengenalkan produknya melalui pesan WhatsApp.

Tidak disangka, ada banyak orang yang merespon produk gelas bambu hasil olahan dari tangan terampilnya. Lalu, teman-temannya memesan gelas bambu tersebut. Bahkan, ada pula yang menjadi reseller produknya. Pibsa tentu senang sekali produk gelas bambunya perlahan mulai dikenal orang lain.

Media sosial facebook pun dimanfaatkannya untuk memasarkan produk tersebut. Dia sering membagi gambar gelas yang sudah jadi melalui grup seperti Sukabumi Facebook dan Sukabumi Shopping. Gelas bambu sangat menarik menjadi gelas untuk kopi dan teh serta sebagai buah tangan atau cendera mata.

Harga Produk Gelas Bambu Sangat Terjangkau Semua Kalangan Masyarakat

Sebagai pengrajin gelas bambu yang diproduksi sesuai pesanan, Pibsa mematok harga yang bisa dibeli oleh semua kalangan. Pokoknya harganya tergolong sangat murah. Berikut rincian harganya

Harga Produk : 1 set gelas bambu : 6 buah gelas + Baki + Teko = harganya Rp210.000.

                           1 gelas bambu = harganya Rp25.000.

Harga tersebut tentu sangat tergolong murah, karena dibuat dengan kerajinan tangan, bukan mesin pabrik. Produk tersebut bisa dipesan langsung kepada Pibsa akan dicantumkan di tulisan paling bawah.

Pengrajin Gelas Bambu Berharap Karyanya Bisa Dikenal Banyak Orang

Pibsa ingin mengenalkan dulu produknya, agar dikenal oleh banyak orang, baik dari Sukabumi maupun di luar Sukabumi. Pibsa mengakui sudah semakin sering mendapat pesanan dari warga Sukabumi dan Bogor.

Apalagi teman-temannya yang menjadi reseller rutin memasarkan produk gelas bambu tersebut. Jadi, Pibsa tidak terlalu susah untuk memasarkan produknya.

Produk gelas bambu tersebut menjadi bagian dari kegiatan kreatif Rumah Baca Bambu Biru, dia memberi nama rumah produksinya Kriya Cibiru. Nama Kriya Cibiru memiliki arti hasil kerajinan tangan dari Kampung Cibiru.

Bagi pembaca yang berminat dengan hasil produksi kerajinan tangan gelas bambu ini, Anda bisa juga mendatangi Kampung Cibiru yang merupakan bagian administrasi dari Desa Cicantayan, Kecamatatan Cicantayan, Kabupaten Sukabumi.

Pibsa sangat berharap mampu membuat gelas bambu lebih banyak lagi dan produknya bisa dikenal banyak orang. Dia juga ingin produk tersebut bisa menjadi alternative pekerjaan dari para pemuda Kampung Cibiru, sehingga bisa memiliki penghasilan secara mandiri.

 

Keterangan Usaha

Nama Produk      : Gelas Bambu Kriya Cibiru

Rumah Produksi : Kriya Cibiru

Nama Pengrajin : Pibsa

No. Handphone  : 081572218580

Alamat                 : Jalan K. Damanhuri KM 4. Kampung Cantayan, RT 01, RW 01, No. 35, Desa Cicantayan, Kecamatan Cicantayan, Kabupaten Sukabumi. 43155

4 thoughts on “Pengrajin Gelas Bambu Berkreasi dari Kekayaan Alam Kampung Cibiru Sukabumi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.