Dukung Gerakan Sabumi Volunteer
Sosok

Selamat Jalan Jakob Oetama Sang Pendiri Kompas Meninggal Dunia dengan Usia 88 Tahun

Kabar duka pendiri Kompas Gramedia Jakob Oetama meninggal dunia di Rumah Sakit Mitra Keluarga Kelapa Gading, Jakarta pada hari Rabu (9/9/2020).  Beliau tutup usia 88 tahun dan meninggal karena megalami gangguan multiorgan.

Sejak tanggal 22 Agustus 2020,  Jakob Oetama masuk ke rumah sakit telah terjadi gangguan multiorgan pada tubuhnya. Meski sempat membaik, pada akhirnya memburuk lagi dan menghembuskan napas. Dokter yang merawat menyatakan faktor usia juga Sebagai penyebab meninggal dunianya Jakob Oetama.

Dikutip dari kompas.com, pihak keluarga telah berdatangan ke Rumah Sakit Kelapa Gading. Jenazahnya direncanakan di bawa ke tempat persemayaman di Gedung Kompas Gramedia.

Sebagai informasi Jakob Oetama dilahirkan di Borobudur, Magelang, 27 September 1931. Pada masa awal karirnya, beliau sempat menjadi seorang guru di SMP Mardiyuana Cipanas Cianjur dan akhirnya memilih bekerja menjadi seorang wartawan. Beliau pernah menduduki jabatan sebagai Presiden Direktur Kelompok Kompas-Gramedia, Pembina Pengurus Pusat Persatuan Wartawan Indonesia, dan Penasihat Konfederasi Wartawan ASEAN.

Penghargaan yang pernah diterimanya adalah Doktor Honoris Causa dalam bidang komunikasi dari Universitas Gajah Mada. Selain itu, beliau sebagai penerima penghargaan Bintang Mahaputra Utama yang diberikan oleh pemerintah Indonesia pada tahun 1973.

Jakob Oetama Memilih Menjadi Wartawan dan Mendirikan Perusahaan Media

Beliau adalah putra seorang pensiunan guru yang memilih sebagai di bidang jurnalistik. Karir wartawannya Jakob Oetama dimulai sejak menjadi redaktur Mingguan Penabur tahun 1956. Lalu mendirikan majalah Intisari tahun 1963 bersama P.K. Ojong.

Pada 28 Juni 1965, Jakob bersama P.K. Ojong mendirikan Harian Kompas yang berhasil menjadi perusahaan terbesar di Indonesia hingga sata ini. Sejak tahun 80-an Kompas Gramedia Group dapat berkembang terutama di bidang komunikasi.

Perusahaan yang didirikannya telah berkembang menjadi Kompas Gramedia Group. Ada beberapa anak perusahaan kompas, dari bisnis media massa, toko buku, percetakan, radio, hotel, lembaga pendidikan, event organizer, stasiun TV, dan universitas.

Beliau akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata pada hari Kamis (10/9/2020).  Selamat Jalan insan pers Indonesia. Selamat jalan Jakob Oetama.

Informasi menarik lainnya: Konser Raisa di Stadion Utama Gelora Bung Karno Terserang COVID-19

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close