Sosok

Hardiman Rabbitry : Peternak Kelinci Hias yang DiKelola Pemuda Kampung Cihaur Sukabumi

Anak muda yang berdaya sudah pantas diperhitungkan, seperti yang dilakukan oleh Hardiman sebagai peternak kelinci hias dengan nama usaha Hardiman Rabittry dari Kampung Cihaur, Desa Cicantayan, Sukabumi.

Peternakan Kelinci Hardiman Rabbitry didirikan menjadi peternakan kelinci pada tanggal 30 Agustus 2016. Hardiman sang pemilik usaha melihat potensi yang mendukung di sekitar lingkungannya.

Awalnya Hardiman Rabbitry hanya memelihara 4 ekor kelinci dewasa. Kelinci tersebut diperoleh dari dukungan pemerintah desa Cicantayan yang saat itu dipimpin oleh Dzulfikar Ali Hakim. Kepala desa mengusulkan pelatihan ternak kelinci di Selabintana yang dananya dari pemerintah desa.

Dari pelatihan tersebut, minat Hardiman tidak berhenti disitu saja, dia terus getol memelihara kelinci hingga beranak pinak dan memiliki puluhan kali lipat dari jumlah semula.

Dari Kelinci Biasa, Hardiman Rabbitry Mulai Menjadi Peternak Kelinci Hias di Sukabumi

Sejak pelatihan yang digagas pemerintah desa tersebut, peternakan kelinci dapat berkembang. Kini Hardiman memiliki 80 ekor kelinci, diantaranya 50 kelinci lokal dan 30 kelinci hias.

Kelinci hias yang diternak oleh Hardiman terdiri dari 2 ras, yaitu Kelinci Ras English Angora dan Kelinci Ras Fuzzilop. Usahanya dapat berkembang dari peternak kelinci lokal menjadi kelinci hias, karena keuletan berusaha. Hardiman menilai memelihara kelinci sangat mudah dan bisa dilakukan seiring menjalankan rutinitas keseharian.

Sejak pagi hari, dia membersihkan kotoran kelinci, memberi pakan permentasi ampas tahu pada siang hari, memberi pelet pada sore hari, dan pakan rumput layu pad amalam hari secukupnya.

Induk kelinci diberikan pakan dua kali lipat dari biasanya karena membutuhkan asupan gizi yang cukup untuk kebutuhan susu anak-anaknya. Penjualan kelinci dilakukan melalui pengepul untuk dipasarkan ke luar kota (Jakarta dan Tangerang) dan menjual ke kandang langsung dengan pembelinya atau melalui media sosial.

Baca juga :

MENUNDA ATAU MENOLAK VAKSIN MR AKAN BERDAMPAK MELAHIRKAN ANAK-ANAK CACAT SEUMUR HIDUP

JADWAL BUS BANDUNG SUKABUMI ATAU SUKABUMI KE BANDUNG

Semua Kelinci Hias Dipelihara dengan Cara Peternakan Ideal

Sejak awal, kelinci dipelihara dengan cara peternakan yang ideal. Kelinci lokal dan kelinci hias dipellihara di kandang dengan ukuran 50 cm X 50 cm X 80 cm. Sehingga, kelinci dapat hidup sehat sesuai dengan ukuran tubuhnya. Sehingga akhirnya bisa menjadi peternak kelinci sukses.

Ternak kelinci apa menguntungkan? Peternakan kelinci di Sukabumi ini dapat  menjadi sebuah peluang usaha. Alasannya karena modalnya tidak terlalu besar, budidaya kelinci adalah hewan yang dapat menyesuaikan diri dengan mudah dan jinak. Selain itu bisa berkembang biak dalam waktu yang cepat.

Kelinci yang dihasilkan terus diupayakan dalam keadaan sehat hingga dibeli oleh konsumen. Jadi, kualitas kelinci tetap sehat dan bugar. Bagi Anda yang mau membeli dari peternak kelinci hias Sukabumi, silahkan hubungi kontak di bawah ini:
Hardiman Rabbitry

Pemilik Usaha : Hardiman

No. Kontak : 085559180705

Facebook : Hardiman Arsene 

One thought on “Hardiman Rabbitry : Peternak Kelinci Hias yang DiKelola Pemuda Kampung Cihaur Sukabumi

  • rabbithomeindo.id

    Sangat rekomendasi kelinci lucu lucu dan bagus bagus

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *