Dukung Gerakan Sabumi Volunteer
Sosok

Glenn Fredly Bicara Toleransi dan Keragaman Dalam Bhinneka Tunggal Ika indonesia

Glenn Fredly sebagai seorang yang lahir dari garis keturunan Orang Maluku. Ia memiliki hubungan keluarga besar dengan latar belakang berbeda. Termasuk sanak saudaranya pun ada juga yang muslim. Orang tuanya selalu mengatakan saudaranya yang muslim adalah saudara. Dari kecil sudah diajarkan nilai tentang persaudaraan dari latar agama berbeda.

Nilai itu dikenal dengan Pela Gandong bagi orang Maluku. Pela merupakan ikatan persatuan, sedangkan gandong memiliki arti saudara. Jadi pela gandong adalah suatu ikatan persatuan dengan saling mengangkat saudara. Persaudaraan sangat lekat dari kebiasaan orang Maluku yang ditunjukkan dengan agama bagian dari kehidupan masyarakat di sana.

Baginya keberagaman bicara tentang keberadaan manusia itu sendiri. Masa depan Indonesia sudah digariskan dari Papua sampai Aceh dengan perbedaan untuk dirayakan dan menjadi tanggung jawab bersama. Glenn Fredly meyakini perbedaan adalah anugerah bagi Indonesia dengan kebudayaan dan keberagaman menjadi kekuatan ke-Bhinneka Tunggal Ika-an. Toleransi bukan hal yang baru dan sudah lahir turun temurun dari nenek moyong di negeri ini.

Selamat Jalan Glenn Fredly

Kabar duka dari Glenn Fredly sangat mengejutkan, meski orang terdekatnya mengetahui dirinya telah sakit meningitis sejak buan Maret 2020. Setelah sempat ikut mendukung gerakan donasi melalui kitabisa.com dan menyumbangkan suaranya bernyanyi bersama artis lain, Glenn mulai menepi dari keramaian.

Keyakinanmu negeri ini dapat hidup dalam keragaman merupakan nilai kemanusiaan yang menyatu dalam dirimu. Nilai pela gandong akan bertahan sapanjang masa dan rasa persaudaraan menjadi satu Indonesia tak akan lekang di negeri ini. Hati  dan cinta kau berikan bagi Indonesia dan bagi setiap manusia. Begitu kata, Alissa wahid.

Glenn memberikan kasih putih sungguh tulus murni. Baginya berbeda pendapat hendaknya bertujukan untuk mengejar kebaikan demi kemanusiaan.  Dirinya sering menyuarakan tentang indahnya hidup dalam keberagaman dan rasa resahnya terhadap masalah sosial yang terjadi di Indonesia.

Selamat jalan Glenn, orang baik akan meninggalkan nilai-nilai baik yang akan dikenang sepanjang masa. Ada banyak orang yang kehilanganmu. Tetaplah bernyanyi di keabadian.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close