Tanpa Ayah Aku Bisa Apa? : Peran Penting Ayah Bagi Anak-Anaknya

Peran penting Ayah Bagi Anak

Peran penting Ayah bagi anak sangat berpengaruh dalam perkembangan mereka sejak lahir hingga dewasa. Bahkan, banyak penelitian keterlibatan Ayah bagi kehidupan anak mempengaruhi secara sosial dan akademis. Seperti kata Maureen Black, PhD, seorang peneliti dan profesor pediatri di University of Maryland School of Medicine, “Kami menemukan bahwa ayah yang terlibat dalam kehidupan anak-anak, terbukti berdampak positif bagi buah hati dan memiliki lebih sedikit masalah”.

Keterlibatan dari seorang ayah sangat membantu anak-anak. Secara khusus, penelitiannya menemukan keterampilan bahasa dan keterampilan yang lebih baik pada anak, ketika Ayah sering berada dalam kehidupan sang anak. Menurut sebuah penelitian di University of Illinois, Ayah yang meluangkan waktu untuk anak-anak dengan bertanya tentang apa yang mereka pelajari di sekolah dan kegiatan sehari-hari mereka, berdampak positif bagi prestasi anak di sekolah.

Para peneliti di Universitas Oxford di Inggris mencapai kesimpulan yang sama tentang hubungan antara keterlibatan ayah dan anak terhadap keberhasilan akademik. Sebuah studi yang dilakukan terhadap 17.000 anak-anak sekolah di Inggris, menunjukkan seorang Ayah yang terlibat membacakan buku, mengajak jalan-jalan, hadir dalam kegiatan pendidikan anaknya, dan mengambil peran yang sama dengan ibu, membuat mereka mendapatkan nilai bagus di sekolah.

Baca juga: Roti Canai nan Nikmat dan Rasanya Tiada Lawan dari Ridho Frozen Foods

Peran Penting Ayah Bagi Anak Laki-Laki

Para peneliti di Universitas Oxford melaporkan hasil studi mereka bahwa anak laki-laki yang sering berhubungan dengan ayahnya cenderung tidak mendapat masalah dengan polisi. Ayah yang baik dapat menjadi teladan positif bagi anak laki-laki dan memiliki kesadaran yang lebih baik dari perasaan dan emosi mereka.

Anak laki-laki yang hidup terpisah dari Ayahnya karena perceraian dan alasan lainnya dapat menemukan model peran alternatif dari paman, kakek, atau teman mereka. Jadi sikap Ayah dapat juga hadir dari sosok laki-laki yang bersikap baik di sekitar mereka.

Peran Penting Ayah  Bagi Anak Perempuannya

Anak-anak perempuan juga, memperoleh beberapa manfaat dari ikatan dengan ayah. Menurut penelitian dari Vanderbilt University, anak perempuan yang memiliki hubungan dekat dengan ayah cenderung mencapai pubertas lebih lambat daripada anak perempuan yang memiliki hubungan tidak baik dengan ayah mereka. 

Selain itu, para peneliti Universitas Oxford mencatat bahwa anak perempuan yang tidak merasakan kasih sayang ayah cenderung menghadapi masalah kesehatan mental di kemudian hari. Pujian dan kekaguman yang tulus dari seorang ayah dapat membantu putrinya tumbuh menjadi seorang wanita yang mandiri dan percaya diri.  Ayah dapat menjadi sumber kasih sayang sekaligus sebagai pelindung bagi anak perempuannya. 

Baca juga: Anak-Anak Kehilangan Sosok Ayah Terutama Dalam Pendidikan

Selamat Hari Ayah Nasional, Tanpamu Aku Bisa Apa?

Tidak semua Ayah menjadi sosok sempurna. Namun, kehadiran mereka bagi keluarga sebagai pelindung. Ayah nemiliki berbagai peran, dari mencari nafkah, pelindung, pemimpin, pemberi kasih sayang, hingga teman curhat bagi anak-anaknya. Seorang laki-laki yang pergi dari pagi hingga malan untuk mencari nafkah. Sosok yang terkadang irit bicara, namun selalu memikirkan nasib keluarganya.

Ayah sering tampak tak terlalu terlibat dibandingkan oeran ibu ibu. Sosoknya seolah tak hadir dalam kehidupan sehari-hari anak-anaknya. Ibu lebih dekat dekan anak-anak dibandingkan dengan ayah. Namun peran penting Ayah tak bisa dipungkiri yang memiliki fungsi khusus dalam keluarga.

Tak hanya sebagai pencari nafkah untuk keluarga, Ayah menjadi sosok penting lainnya dalam segala banyak urusan. Dari semua hal yang dilakukan Ayah, sudahkah kamu mengucapkan terima kasih padanya?

Selamat Hari Ayah Nasional. Ayah tanpa kehadiranmu, aku bisa apa?

One thought on “Tanpa Ayah Aku Bisa Apa? : Peran Penting Ayah Bagi Anak-Anaknya”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.