Dukung Kegiatan Sabumi Volunteer
Sosok Inspiratif

Selamat Jalan BJ Habibie, Meninggalnya Salah Satu Putera Pintar di Negeri ini

Innalillahi wa inna ilaihi rojiun, selamat jalan BJ Habibie, bangsa ini kehilangan pemimpin terbaiknya. Orang yang banyak berjasa bagi negerinya yang rela kembali untuk terlibat membangun bangsanya. Meski, berkat peran beliau pula Timor Leste merdeka melalui referendum.

Presiden Ke-3, BJ Habibie mengembuskan nafas terakhir pada Rabu (11/9/2019) pukul 18.05. Sebelumnya kabar simpang siur beredar mengenai kesehatan sang profesor yang dikenal dengan keahliannya dalam dunia penerbangan.

Media sosial sontak ramai memberikan ucapan duka atas meninggalnya, salah satu putera terbaik bangsa dan jutaan doa langsung dimunajatkan beriring kabar kepergiannya.

Pendidikan BJ Habibie

BJ Habibie dikenal dengan sosok yang pintar. Setelah tamat dari Sekolah Menengah Atas Kristen Dago, belia belajar di teknik mesin di Fakultas Teknik Universitas Indonesia Bandung atau dikenal menjadi Institut Teknologi Bandung saat ini pada tahun 1954.

Ketika tahun 1955–1965, beliau melanjutkan studi teknik penerbangan yang mempunyai spesialisasi konstruksi pesawat terbang, di RWTH Aachen, Jerman Barat. Gelar yang dimilikinya diplom ingenieur pada 1960. Lalu memperoleh gelar doktor ingenieur pada 1965 dan mendapatkan predikat summa cum laude.

Habibie muda sempat berkarir di Messerschmitt-Bölkow-Blohm, sebuah perusahaan penerbangan di Hamburg, Jerman. Pada tahun 1973. Setelah itu, beliau memilih kembali ke Indonesia atas permintaan mantan presiden Soeharto.

Baca juga :

Jembatan Gantung Situ Gunung Sukabumi, Kamu Pasti Tertarik Melewatinya

Cara Membuat NPWP Bagi Karyawan Gampang Banget

Mengenal BJ. Habibie, Selamat Jalan Salah Satu Putera Terbaik Bangsa

BJ Habibie memiliki nama lengkap Bacharuddin Jusuf Habibie. Beliau lahir di Pare-Pare, Sulawesi Selatan, pada 25 Juni 1936. Beliau menikah dengan Hasri Ainun Habibie pada tanggal 12 Mei 1962 dan mempunyai dua orang putra yaitu Ilham Akbar dan Thareq Kemal.

  • Habibie bukan putera biasa, beliau memiliki peran penting di negeri ini, seperti :
  • Pernah menjabat selama 20 tahun menjabat Menteri Negara Ristek/Kepala BPPT.
  • Pemimpin 10 perusahaan BUMN Industri Strategis.
    Menjabat sebagai  Wakil Presiden RI.
  • Mendapat  sumpah dari Ketua Mahkamah Agung menjadi Presiden RI setelah Soeharto lengser.

Keputusannya yang dinilai tidak tepat adalah menyetujui diadakan refrendum Timor Timur dan akhirnya memilih merdeka. Setelah menyelesaikan tugasnya sebagai Presiden, BJ Habibie menjadi warga biasa, namun kehadirannya selalu menjadi pemberitaan media nasional.

Kini beliau telah pergi dan meninggalkan kenangan mendalam bagi negeri ini. Selamat jalan BJ Habibie. Semoga kelak, ada generasi pintar sepertimu lahir dibumi pertiwi ini. Semoga saja.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close