Dukung Kegiatan Sabumi Volunteer
Sosok Inspiratif

Asep Kosasih Tetap Ceria dan Tangguh Melawan Penyakit Gagal Ginjal Selama 9 Tahun

Apa yang akan Anda bayangkan tentang seseorang yang sedang melawan penyakit gagal ginjal? Anda harus membaca kisah Asep Kosasih melawan penyakit gagal ginjal selama 9 tahun.

Pria kelahiran 43 tahun lalu ini bertempat tinggal di Kampung Cibungur RT 02/RW 02, Kelurahan Limusnunggal, Kecamatan Cibeureum, Kota sukabumi. Menurut penuturannya ketika ditemui di rumah sakit bunut, awal mula bisa terserang penyakit gagal ginjal karena latar belakang pekerjaannya.

Sebagai informasi dan perlu diketahui bahwa gagal ginjal menurut pengertian sederhana adalah ketikdakmampuan fungsi organ ginjal untuk menyaring kotoran dan mengatur kadar air dalam tubuh. Selain itu, terhambatnya proses pembuangan sisa zat metabolisme dalam tubuh. Padahal sangat membahayakan kondisi tubuh itu sendiri.

Apabila tidak dikeluarkan,penyembuhan secara umum biasanya dengan mengandalkan donor organ ginjal. Pilihan kedua, apabila tidak mendapatkan pendonor, maka cuci darah menjadi alternatif lain pengobatan.

Melawan Penyakit Gagal Ginjal yang Berawal dari Konsumsi Minuman Berenergi

Pekerjaan beliau sebagai supir yg bekerja sampai larut malam membuatnya haru mengkonsumsi minuman berenergi secara berlebihan. Hal tersebut menjadi awal mula beliau mengidap penyakit gagal ginjal. Pada awal tahun 2010, beliau rutin berobat cuci darah untuk proses pengobatan penyakitnya.

Lalu apa yang beliau rasakan hingga saat ini? Kewajiban mencuci darah dua kali dalam seminggu selama 9 tahun tidak membuatnya patah semangat. Alih alih merasa sedih, sosok bapak satu anak ini malah tetap ceria. Dia tetap bersyukur atas apa yg telah di alaminya.

Dia juga bergurau ketika ditemui di rumah sakit beliau berkata, “Meskipun mungkin kabel-kabel di tubuh saya sudah pada putus, tetapi saya tetap semangat dan ikhlas.”

Beliau juga aktif bergiat di Komunitas ginjal muda yang menjadi wadah beliau untuk sharing dengan sesama penderita gagal ginjal di seluruh Indonesia.

Baca juga :

Nilai dari Acara Samenan di Sukabumi Hiburan Masyarakat Sekaligus Dituduh Biang Kemacetan

Suara Tangis Orang Tua Haringga dan Rangga Suporter Sepakbola di Mata Najwa

Lebih Baik Menjaga Kesehatan daripada Melawan Penyakit Ginjal

Pengalaman Asep Kosasih mengingatkan kita akan pentingnya menjaga kesehatan ginjal beserta semua organ tubuh kita sendiri. Jaga makanan dan minuman yang tidak baik dan hindari untuk dikonsumsi.

Sampai saat ini, Asep Kosasih masih berjuang melawan penyakitnya dan tentu saja dengan penuh keceriaan dan semangat. Beliau berpesan untuk selalu menjaga kesehatan dan tetap menjalani keseharian dengan ceria dan berusaha ikhlas.

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close