Gempa Besar Sukabumi Bakal Terjadi? Hoax Atau Fakta, Banyak Baca Informasi Deh

gempa besar sukabumi

Tanggal 15 Agustus 2018, banyak pengguna medsos yang memposting kabar gempa besar Sukabumi akan terjadi. “Info… Hati” kawargi Sukabumi, Bandung Jawa Barat. Duka dinten naon jawabarat bade aya gempa… 8,0 SR kedah hati” Abdi ninggali na berita… Hatur nuhun?”

Artinya, hati-hati warga Sukabumi, Bandung, Jawa Barat. Entah hari apa Jawa Barat akan ada gempa. 8.0 SR. Harus hati-hati. Saya melihatnya diberita. Terima kasih.

Informasi tersebut tersebut ditanggapi beragam dan sebagian besar menilai informasi tersebut hanya hoax. Ada pula yang menilai informasi tersebut harus ditanggapi dengan hati-hati terhadap perkiraan gempa besar Sukabumi. Apalagi, kabar tersebut katanya dari berita media televisi. Mungkinkah gempa bisa diprediksi?

Baca juga : Peduli Budaya Peduli Sesama Lombok dari Tanah Sukabumi

Gempa Besar Sukabumi dan Daerah Lainnya, Simak Penjelasannya dan Gali Informasi Kebenarannya

Dilakukan Saat Gempa Bumi
Gempa Tidak Bisa Diprediksi Waktunya

Video berita yang berdar luas tersebut mengabarkan  Vulkanologi dan Minitigasi Bencana Geologi meminta mewaspadai kemungkinan gempa skala besar terjadi pulau Jawa. Karena pergerakan lempeng yang dapat memicu gempa bumi.

Kabar bakal terjadi gempa besar pun beredar akan terjadi di Lombok, setelah gempa 7 SR yang lalu. Bagaimana kita menyikapi berita tersebut? Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati dikutip dari detik.com menyatakan bahwa kabar gempa bumi bukan istimewa di Indonesia. BMKG selalu memberi kabar berbasis data. Sudah sejak dulu di Jawa terjadi hempa, namun tidak diketahui kapan waktu akan terjadinya.

Menariknya, banyak yang membuat kabar seolah-oleh gempa pasti terjadi dalam waktu dekat. Padahal, informasi tersebut berupa perkiraan dengan menilik pergerakan lempeng. Penelitian tentang gempa besar pernah dilakukan Profesor Ron Haris sebagai pakar geologi dari Brigham Young University.

Hasilnya berupa temuan pernah terjadi tsunami purba di pantai selatan jawa. Apa dampaknya terhadap peristiwa gempa? Dampaknya berupa peluang akan terjadi, namun, ditegaskan dalam penjelasannya tidak bisa memperkirakan waktu dan lokasi secara lebih rinci.

Baca juga : Pertanyaan Ngeselin Wartawan Saat Gempa, “Bagaimana perasaan Ibu?”

Masalah Prediksi Gempa Belum Bisa Diprediksi Secara Ilmu Pengetahuan

Tahukah kamu, penelitian belum bisa memperkirakan dengan akurat bakal terjadinya gempa. Penelitian dari Buku Predicting Earthquake: A Scientific and Technical Evaluation with Implications for Society, berupa hasil analisis karesteritik gempa, jenis kecendrungan geofisika yang mungkin terjadi sebelum gempa.

Penjelasan tersebut sekaligus menjawab kalau gempa besar Sukabumi dan wilayah lain di pulau jawa hanya perkiraan tanpa prediksi waktu. Peneliti mencoba menganalisa pola terjadinya pergerakan lempeng.

Lalu apa manfaatnya bagi kita yang tinggal di daerah rawan gempa, seperti Sukabumi dan sekitarnya? Kita harus lebih waspada dan mengetahui tindakan yang akan dilakukan untuk mengantisipasi dampak bencana gempa. Jadi, kita sudah siap akan risiko bencana gempa besar Sukabumi yang mungkin terjadi.

Beberapa upaya dilakukan di daerah yang pernah terjadi bencana, seperti membuat bangunan tahan gempa, menyalakan sirine deteksi gempa dan latihan pengetahuan keselamatan bencana. Nah, semua itu perlu dilakukan agar memiliki kemungkinan selamatan, jika gempa besar Sukabumi terjadi sewaktu-waktu. Tetapi, semoga saja tidak, terlalu banyak korban dan materi yang hilang akibat sebuah bencana.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.