Dukung Kegiatan Sabumi Volunteer
Siaga bencana

Apa yang Harus Dilakukan Saat Gempa Bumi?

Tindakan apa ya yang harus dilakukan saat gempa bumi terjadi di sekitar kita. Gempa bumi terjadi disebabkan oleh pelepasan energi dari tekanan lempengan yang bergerak.

Tekanan semakin membesar dan membuat keadaan tidak dapat ditahan lagi. Akibatnya, terjadi getaran tidak jarang sangat kuat dan menimbulkan bencana alam. Bukan rahasia lagi Indonesia merupakan negeri yang sering dilanda gempa bumi, seperti gempa di aceh, Padang, Mentawai, Sukabumi, dan banyak daerah lainnya.

Bahkan, gempa kuat mengguncang Lombok, Nusa Tenggara Barat dan Bali pada Minggu, 29 Juli 2018. Setidaknya belasan orang meninggal dan banyak pendaki yang terjebak di Gunung Rinjani. Lalu, apa yang harus dilakukan saat gempa bumi terjadi, karena bencana tersebut sering terjadi secara tiba-tiba dan sering menimbulkan guncangan yang keras.

Hal yang Harus Dilakukan Saat Gempa Bumi Sementara Anda Berada di Dalam Bangunan

Kejadian gempa bumi yang sering membuat para korban sangat panik ketika berada di dalam ruangan atau bangunan. Semua orang ingin keluar secepatnya, sementara banyak orang yang sedang berada di dalam gedung.

Pertama, tetap fokus bro, panik tidak bisa dihindari tetapi utamakan keselamatan semua orang. Kalau masih sempat, keluarlah dengan mengantri dan menyadari kondisi sekitar. Semua orang ingin menyelamatkan diri seperti Anda.

Keluarlah dengan menggunakan tangga darurat, hindari penggunaan lift dan escalator. Hal yang paling utama, ikuti prosedur keselamatan kalau sedang berada di bangunan kantor. Kalau goncangan sangat kuat dan diperkiran tidak bisa melarikan diri, lindungi badan dan kepala untuk menghindari reruntuhan bangunan. Anda bisa bersembunyi di bawah meja atau benda lanin yang bisa menjadi pelindung tubuh.

Tidak ada kata lain mencari tempat yang aman dari reruntuhan dan goncangan. Jauhi benda pecah belah, dan benda berat seperti lemari yang berpotensi menimpa tubuh Anda.

Gempa Bumi Terjadi Ketika Anda Sedang Berada di Pegunungan dan Pantai

Ketika gempa bumi terjadi di gunung, kejadian yang patut diwaspadai adalah tanah longsor terutama di jalur pendakian. Titik longsoran harus dihindari oleh pendaki. Kalau posisi masih di atas gunung lebih baik bertahan di tempat yang aman dan tunggu tim penyelamat untuk mengekavuasi Anda.

Kalau sedang asyik berlibur di pantai dan terjadi gempa, cari informasi akurat apakah berpotensi tsunami atau tidak. Langkah terbaik pergi menjauh dari pantai dan menyelamatkan diri ke tempat yang aman.

Kalau Sedang Berada di Tempat Terbuka, Bagaimana?

Intinya sama upayakan diri Anda selamat dari gempa bumi. Lihat kondisi sekitar dan hindari bangunan yang berpotensi rubuh seperti gedung, tiang listrik, pohon, dan lain-lain. Lihat juga tempat berdiri apakah tanahnya aman untuk diinjak dan jangan sampai terdapat rekahan tanah. Segera mencari tempat aman, seperti halaman, tempat parker dan lapangan.

Jika kamu sedang berada dalam kendaraan, segera berhenti kemudian ke luarlah. Jangan berkendara di jembatan atau jalan layang yang berpotensi runtuh. Tetap fokus untuk menyelamatkan diri dari kendaraan Anda. Ingat hal yang harus dilakukan saat gempa bumi terjadi, tetap fokus, tidak panik apalagi secara berlebihan. Perhatikan lingkungan sekitar dan selamatkan diri dari bencana yang bisa terjadi kapan saja dan di mana saja.

Tags
Show More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close