Sekolah Kita

Mengapa di Sekolah Harus Ada Tata Tertib?

Mengapa di Sekolah Harus Ada Tata Tertib? Setiap sekolah harus memiliki aturan yang harus dihormati oleh semua peserta didik dan warga sekolah. Secara sederhana, tata tertib adalah seperangkat sistem atau peraturan yang harus dipatuhi dalam situasi tertentu atau tatanan hidup di lingkungan tertentu.

Pendidikan itu penting, karena merupakan upaya yang bertujuan untuk mempersiapkan siswa dalam perawatan lingkungan yang masih berubah-ubah.

Pendidikan dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas hidup, baik kehidupan pribadi maupun masyarakat yang dapat dilakukan di lingkungan sekolah dan di luar lingkungan sekolah.

Di lingkungan sekolah, tentu saja, ada banyak siswa yang masing-masing memiliki karakteristik dan karakter yang berbeda. Ini akan mempengaruhi tingkat disiplin dan ketertiban di sekolah-sekolah. Nah, untuk memastikan keberlanjutan proses pengajaran dan pembelajaran berjalan baik. Oleh karena itu,membutuhkan tata tertib sekolah.

Apa itu Tata Tertib di Sekolah

Pemahaman lebih luas tentang tata tertib sekolah adalah seperangkat ketentuan dan peraturan yang telah disepakati yang bertujuan untuk menciptakan lingkungan pendidikan yang aman, nyaman dan kondusif.

Aturan ditetapkan untuk mengatur semua perilaku dan tindakan siswa, guru, karyawan dan lembaga agar tidak menyimpang dari nilai-nilai dan standar yang berlaku di masyarakat.

Tata tertib sekolah dari masing-masing lembaga tentu tidak sama karena dibuat sesuai dengan keadaan, situasi, dan kepentingan masing -masing. Tetapi kesamaannya memiliki sifat paksaan sehingga wajib dipatuhi oleh siapa pun di lembaga tanpa kecuali. Ini berarti bahwa tata tertib adalah sistem aturan yang tidak dapat dinegosiasikan.

Tujuan Tata tertib Sekolah

Aturan sekolah secara resmi ditetapkan oleh pihak berwenang dengan berpatokan dari berbagai jenis pertimbangan sesuai dengan situasi dan kondisi lingkungan sekolah.

Aturan sekolah berisi hal-hal yang diperlukan serta dilarang untuk siswa selama mereka berada di lingkungan sekolah. Adapun tujuan aturan sekolah adalah:

  • Untuk menciptakan suasana yang aman dan damai untuk semua anggota sekolah
  • Buat suasana yang bersih dan sehat untuk semua penghuni sekolah
  • Penciptaan kondisi sesuai aturan yang mencerminkan harmoni dan keseimbangan baik dalam pengembangan ruang, prosedur kerja, prosedur sosial, dll di lingkungan sekolah.
  • Ciptakan lingkungan yang baik untuk semua penduduk sekolah
  • Untuk mempromosikan hubungan yang baik antara siswa, guru dan penghuni sekolah lainnya. Hal itu mencerminkan sikap dan kerja sama timbal balik, keterbukaan, saling menghormati dan saling menghormati.

Dengan adanya aturan sekolah, diharapkan akan dapat menciptakan ketertiban di sekolah untuk menciptakan kondisi dinamis yang dapat menghasilkan harmoni.

Tata Tertib Sekolah yang Harus Dipatuhi Siswa

Berikut adalah aturan sekolah yang umumnya harus dihormati dan yang juga Anda perhatikan sebagai siswa:

  1. Masukkan sekolah

Wajar jika semua siswa harus datang ke sekolah sebelum kegiatan belajar dan mengajar. Meskipun setiap sekolah memiliki waktu masuk yang berbeda, aturannya tetap sama.

  1. Kegiatan Belajar dan Pengajaran

Secara umum, sebelum belajar dan mengajar kegiatan untuk materi pertama, akan ada pembacaan doa yang dipimpin oleh kepala kelas. Demikian juga, ketika pelajaran terakhir selesai.

  1. Setelah sekolah

Ketika bel sekolah berbunyi, semua siswa harus keluar dari kelas secara berurutan. Petugas membersihkan ruang kelas dan menyimpan kursi dan meja sebelum meninggalkan ruang kelas mereka.

  1. Lingkungan sekolah

Aturan sekolah berikutnya adalah bahwa semua siswa harus menjaga lingkungan sekolah dengan tertib. Mulai membuang sampah di tempatnya, idak merusak fasilitas dan infrastruktur sekolah, dan mempertahankan kehidupan tanaman.

Artikel menarik lainnya: Sekolah Selamat Pagi Indonesia Kasus Pemerkosaan Menjadi Noda Hitam Dunia Pendidikan

  1. Sopan Santun dan Etika

Sikap sopan santun dan etika sangat penting bagi setiap siswa. Sebagai seorang siswa harus menghormati para guru, kepala sekolah, dan karyawan. Setiap siswa juga dipaksa untuk bersikap sopan terhadap semua penghuni sekolah, khususnya teman-teman sekolah.

Demikian Artikel tentang Mengapa di Sekolah Harus Ada Tata Tertib. Sehingga dipahami tata tertib sekolah merupakan hal yang penting bagi para  siswa, yang dapat mendidik serta membina perilaku siswa disekolah. Karena tata tertib sekolah berisi peraturan yang harus dijalankan oleh para siswa.

Artikel menarik lainnya: Hari Pertama Masuk Sekolah Tahun 2022 dan Perlu Dipersiapkan Orang Tua

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *