Thu. May 30th, 2024
    Pelatihan Menulis Relawan Literasi SukabumiPelatihan Menulis Relawan Literasi Sukabumi

    Untuk melakukan kegiatan peduli kondisi pendidikan pelosok, ada sumber kekuatan relawan literasi Sukabumi Sabumi volunteer. Kekuatan utamanya adalah tentang kemampuan untuk mandiri. Mandiri menjadi sebuah kata yg sakral bagi kami, karena memulai pergerakan dengan kemampuan komunitas sendiri dengan menyediakan buku dan peralatan sekolah semampunya. Selain itu, ada tiga bagian penting di dalam sifat mandiri, yaitu keluarga teman dan dana. Ketiga bagian kemandirian itu menjadi penentua berjalannya sebuah pergerakan, sehingga bisa mencapai tujuannya.

    Sumber Kekuatan Relawan Literasi Sukabumi yang Utama adalah Keluarga

    Peran serta keluarga sebagai energi paling penting untuk sebuah motor pergerakan. Tanpa dukungan keluarga saya yakin semua daya upaya serta perjuangan akan terasa sia-sia. Kenapa bisa terjadi demikian? Karena doa ikhlas serta dukungan paling hebat bersumber dari dalam diri anggota keluarga kita sendiri.

    Dukungan cinta dari keluarga atas semua perjuangan akan terasa limbung. Maknanya menjadi dasar kekuatan relawan yang untama untuk terus bergerak. “Gimana orang lain mau percaya serta mendukung kalau lah keluarga kita sendiri juga tanpa memberi restu serta tidak sedikit pun mendukung nya “. Keluarga adalah nyawa dari rasa keikhlasan seorang relawan dalam menjalani perjuangan mendukung kondisi pendidikan di Pelosok Sukabumi.

    Pergerakan Literasi Sukabumi Didukung Oleh Tim yang Hebat

    Sebuah tim yang hebat akan bertahan dari segala goncangan. Tim akan mampu meredam konflik, karena sudah saling percaya. Dari situlah letak nadi pergerakan itu sendiri. Maka, untuk membangun sebuah tim kerja yang sangat solid, kita harus membangun dulu jalinan persahabatan yang kuat. Saling berbagi rasa, mencurahkan isi hati, dan biarkan semua rasa hadir di dalamnya. Rasa cinta, kasih sayang, dan kepercayaan membentu rasa kekeluargaan dari para sahabat. Lalu kegiatan apapun yang dilakukan akan melebur menjadi satu nama “konsistensi”. Tim adalah sebuah akar penentu agar batang pohon tetap kokoh dan daunnya melindungi semua pergerakan yang dilakukan oleh Sabumi Volunteer.

    Dana Dibutuhkan untuk Melajukan Roda Pergerakan

    Tidak kalah penting peran untuk menggerakan sebuah roda pergerakan, yaitu dana. Unsur terakhir kekuatan relawan literasi Sukabumi sebenarnya bukan menjadi persoalan utama. Ketika keluarga dan tim sudah saling mendukung, semua kegiatan bisa dilaksanakan. Namun, dana dana bisa menjadi berperan penting untuk sebuah tolak ukur suatu pergerakan itu sendiri.  Kita tetap membutuhkan sokogan dana, agar pelumas pergerakan tetap licin. Kepgiatan takkan mampu bertahan, tanpa ada sepeser dana pun di dalamnya. Dana yang seimbang dalam setiap kegiatan menjadi kekuatan relawan literasi sukabumi. Agar bisa tetap memberikan tenaga segar untuk pergerakan serta konsistensi tim itu sendiri.

    Kelebihan serta kekurangan dana juga tanpa kita sadari dapat menjadi awal atau sumber petaka untuk retaknya hubungan para relawan. Tanpa dana tak bisa berbuat, sedangkan kelebihan dana bisa menjadi sumber kecurigaan. Maka kembali lagi kepada kekuatan awal sebelumnya, yaitu rasa saling percaya dalam tim. Sehingga, sebuah tim yang kuat tetap membutuhkan dana yang seimbang untuk sebuah perjuangan pergerakan literasi Sukabumi. Maka, Tim harus saling mendukung bersama agar kegiatan tetap bisa terlaksana tanpa masalah dan hambatan apapun. Niscaya sebuah pergerakan akan selalu dalam posisi stabil dan selalu fokus dalam perjuangan nya.

    Ditulis Oleh Ipong Sabumi

    Untuk Kegiatan Literasi Sukabumi Lebih Baik

    Baca juga : DIMULAI DARI GERAKAN SATU BUKU UNTUK ANAK-ANAK SUKABUMI

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *