Dukung Gerakan Sabumi Volunteer
Sabumi Volunteer

Sinergi Sabumi Volunter Menembus Hutan Belantara Distribusi Buku dan Bibit Pohon di Cidadap Sukabumi

Sabumi Volunteer melakukan sinergi dengan Brotherhood for Nature, BB 1% MC, dan Utah Lalay Sukabumi

Menembus hutan belantara dan akses jalan yang jauh dari kata mulus sudah menjadi makanan yang wajib untuk kami lewati untuk mendistribusikan buku ke pelosok Desa Cidadap Sukabumi. Sejak mengikrarkan diri sebagai relawan literasi, kondisi jalan dan cuaca hujan dengan petir menggelegar kami tempuh dan bukan sebagai pengahalang yang besar. Apalagi kegiatan yang lakukan ternyata menciptakan kebahagiaan.

Bukankah bahagia juga bisa muncul dari dalam jiwa kawan, itulah yang kerap merasuk dalam diri setelah melakukan kegiatan sosial. Perasaan senang semakin bertambah, ketika telah melalui beragam sudut jalan dan barang donasi secepatnya harus kami sampaikan ke tempat tujuan. Lagi-lagi kami tidak sendiri mendistribusikan buku, tetapi bersama kawan-kawan yang juga ingin berbakti untuk anak-anak di pelosok Sukabumi.

Sinergi Sabumi Volunteer dengan Brotherhood for Nature, BB 1% MC dan Utah Lalay Sukabumi Distribusi Buku ke Desa Cidadap Sukabumi

Sinergi Sabumi Volunteer dengan Brotherhood for Nature, Utah Lalay Sukabumi, dan BB 1% MC
Sinergi Sabumi Volunteer dengan Brotherhood for Nature, Utah Lalay Sukabumi, dan BB 1% MC

Kali ini, Sabumi Volunteer melakukan sinergi dengan Brotherhood for Nature, BB 1% MC, dan Utah Lalay Sukabumi. Kami pergi mendistribusikan buku tulis, buku bacaan dan bibit pohon menuju Kampung Ciragil, Desa Cidadap, Kabupaten Sukabumi.

Tempat tujuan yang selalu mendapat cerita istimewa dari kawan penduduk lokal di sana. “Bayangkan saja, untuk mendapatkan akses internet atau signal telepon pun disini tidak ada,” begitu kata kang Cecep, salah satu pendiri Rumah Baca yang ada di kampung tersebut. Ia kerap kali harus bersusah payah naik gunung kurang lebih 45 menit untuk mendapatkan akses internet dan signal telepon. Kalau tidak terpaksa berjalan menuju ke jalan raya dengan akses jalan yang rusak parah. Indonesia-nya milik Kang Cecep sepertinya belum dihadiahi sinyal internet dan tiang telepon.

Ketika sampai di lokasi, rasa lelah dan cape seketika hilang ketika kedatangan rombongan kami di sambut senyum sumringah warga Kampung Ciragil. Setelah istirahat sebentar, kami bergegas membagikan buku dengan disisipi sedikit permainan anak-anak. Seolah kami mengingatkan kembali indah nya bisa bersekolah seperti dahulu kala. Bebas lepas tanpa takut virus corona.

Oh iya, perjalanan kami tetap patuh mengikuti protokol pemerintah tentang penyebaran covid-19. Sadar kesehatan dan sadar sosial itu harus jalan beriringan kawan. Malam hari,rombongan diterima oleh perangkat kampung seperti Rukun Tetangga (RT) dan ketua pemuda setempat. Kami berbagi cerita tentang daerah sekitar serta banyak obrolan obrolan yang memang mengarah kepada menumbuhkan minat baca di pelosok. Tidak lupa menjaga lingkungan di sekitar kampung. Kami serahkan juga bibit pohon kepada pengelola rumah baca di sana.

Distribusi Buku Ke Pelosok Sukabumi Akan Terus Dilakukan oleh Sabumi Volunteer

Perjalanan Menuju Pelosok Cidadap Sukabumi Melewati Akses Jalan Becek, Licin dan Berlubang
Perjalanan Menuju Pelosok Cidadap Sukabumi Melewati Akses Jalan Becek, Licin dan Berlubang

Perjalanan demi perjalanan pasti akan terus dilakukan. Mudah-mudahan sinergitas kebaikan ini akan berjalan kesinambungan. Sampai benar benar kebaikan kebaikan ini tidak diperlukan lagi. Kawan Sabumi, kami ucapkan terima kasih untuk para donatur yang seyogyanya terus mendukung kegiatan positif kami.

Mudah mudahan tidak ada lagi ke tertinggalan pendidikan di pelosok untuk keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Kami sangat yakin dunia pendidikan di pelosok akan menjadi lebih baik, ketika kita bisa menyediakan buku dan alat tulis di pelosok Sukabumi. Sampai ketemu di perjalanan berikutnya.

Ditulis oleh: Firdaus Sabumi

Informasi kegiatan Sabumi Volunteer lainnya: Sabumi Volunteer Mendukung Taman Baca Masyarakat Tintaku Gegerbitung Sukabumi

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close