Fri. May 17th, 2024
    Sabumi Volunteer Menolong Korban Gempa CianjurSabumi Volunteer Menolong Korban Gempa Cianjur

    Pengalaman Sabumi Volunteer Menolong Korban Gempa Cianjur di Kampung Kutamanis Desa Padaluyu Kecamatan Cugenang. Tidak ada satu orang pun yang bisa memastikan datangnya gempa di Cianjur. Dia hadir tanpa memberi peringatan dan memberikan kejutan.

    Bumi dibuatnya bergetar secara mendakak dan manusia di atasnya hanya bisa berlari atau terperangkap reruntuhan. Lalu, duka pun muncul mengiringinya. Begitu banyak rumah yang roboh dan ratusan korban jiwa meninggal tertimbun reruntuhan dan longsor. Meski begitu, sebagai insan kita bukan makhluk tanpa daya.

    Oleh karena itu, Tim Sabumi Volunteer langsung datang pada malam hari pertama untuk melakukan asesmen langsung. Tujuannya untuk mengetahui seperti apa lokasi terdampak. Akhirnya bersama Volunteer Panthera mendirikan Posko Gabungan di Kampung Kutamanis, Desa Padaluyu, Kecamatan Cugenang.

    Datang dengan Tujuan Menolong Korban Gempa Cianjur

    Para korban membutuhkan kita untuk hadir di tengah kehidupan mereka dan menunjukkan rasa empati. Kemudian, relawan menghampiri saudara kita yang diterpa musibah. Mencoba melihat dan merasakan lebih dekat apa yang korban alami.

    Seperti yang diketahui, Gempa bumi Cianjur 2022 adalah gempa berkekuatan 5.6 Mw dengan kedalaman 10 km. Pusatnya terjadi di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat pada 21 November 2022 pukul 13.21 WIB. Goncangan yang cukup besar dan dirasakan hingga Bandung, DKI Jakarta.

    Setelah melakukan asesmen langsung, lalu ditentukan untuk membangun Posko Gabungan Bersama di Kampung Kutamanis. Di sana ada relawan Sedekah Berbagi, Utah Lalay, BFN Sukabumi, dan tentu saja Volunteer Panthera.

    Kedatangan relawan melahirkan seuntai harapan. Kalau bencana gempa bumi tidak membuat korban merasa sendiri dan ditinggalkan. Sebaliknya, merangkul tubuh mereka agar tak merasakan luka yang lebih dalam.

    Mendirikan Tenda dan Mendukung Logistik untuk Para Korban Gempa Cianjur

    Pada hari kedua bencana, tim gabungan mendirikan tenda terbuat dari terpal. Syukurnya tak berselang lama datang dari BUKAKA memberikan 3 tenda Pleton. Tenda tersebut membuat para korban bisa terlindung dari hujan dan angin lebih baik lagi.

    Dapur umum didirikan, posko kesehatan diadakan, dan masyarakat terdapat Kampung Kutamanis memiliki tempat berlindung sementara. Tersedia pula satu tenda untuk logistik dan tim berupaya tetap menyedikan kebutuhan para korban Gempa Cianjur.

    Tim Sabumi Voluteer, Utah Lalay, BFN Sukabumi, dan Volunteer Panthera menarik diri setelah 8 hari di Kampung Kutamanis. Meski begitu, tetap dipantau keberlanjutan Posko dengan meninggalkan beberapa relawan di Posko Gabungan.

    Setelah seminggu berlalu, Tim Posko Gabungan Kutamanis berharap warga bisa mandiri secara bertahap. Sehingga kehidupan bisa berangsur-angsur pulih, meskipun tidak semudah yang dibicarakan.

    Artikel menarik lainnya: Cerita Tim Sabumi Volunteer Setelah Tujuh Hari Banjir Bandang di Cicurug Kabupaten Sukabumi

    Pelajaran Dari Bencana Gempa Cianjur

    Bersama para korban, kita mencoba memahami kalau bencana adalah bagian dari hidup manusia. Merasakan gempa adalah bagian dari tumbuh dewasa, dan mencari cara untuk mengantisipasi trauma di masa mendatang.

    Hingga, kita menyadari kalau bencana itu selalu membayangi dan bagian dari hidup. Pengalaman kita tentang gempa bumi dan ketakutan yang mengiringinya, kelak akan menjadi kekuatan dan kemampuan untuk menghadapinya.

    Semoga bumi tak lagi bergejolak dan para korban tak lagi hidup dalam serba kesulitan. Mari turun tangan dan berbuat manfaat untuk saudara yang sedang dirundung duka di Cianjur. Mari berbuat, berbagi dan bermanfaat kepada sesama manusia.

    Terima kasih untuk Donatur yang menyumbangkan melalui Sabumi Volunteer, Seperti Reglow Indonesia, IKA Antropologi Unpad, dan donatur lain yang tak dapat disebutkan satu per satu. Semoga bencana cepat berlalu dan kehidupan membaik sampai tidak ada lagi gempa di Kabupaten Cianjur.

    Artikel menarik lainnya: Ekspedisi Aksara Relawan Literasi Sabumi Volunteer Kembali Menemukan Madrasah Perlu Direnovasi

    3 thought on “Pengalaman Sabumi Volunteer Menolong Korban Gempa Cianjur di Kampung Kutamanis Desa Padaluyu Kecamatan Cugenang”

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *