Dukung Gerakan Sabumi Volunteer
Sabumi Volunteer

Mengubah Sekolah Reot Sukabumi Menjadi Bangunan Kokoh

Mengubah sekolah reot Sukabumi menjadi bangunan kokoh menjadi bukti kepedulian terbaru dari Sabumi Volunteer. Kalau mau melihat kenyataan kondisi fasilitas pendidikan di pelosok Sukabumi banyak bangunan sekolah umum dan madrasah yang sudah nyaris roboh. Dinding bilik bambu itu udah bolong di sana-sini tak tahan termakan zaman.

Sabumi Volunteer sebagai komunitas yang konsen di dunia literasi tidak tinggal diam. Hati ini terasa teriris-iris, betapa sulitnya mendapat fasilitas pendidikan yang layak. Tetapi kalau cuma diam tanpa tindakan juga percuma. Lalu apa yang dilakukan?

Tim bergerak! Dari mencari dana, berkoordinasi dengan komunitas lain, dan mensurvey sekolah yang nyaris roboh itu. Berbekal dari survey dari kawan Sabumi yang ada di kawasan Sukabumi Selatan, akhirnya diketahui bangunan yang bediri sejak tahun 1960an itu nyaris tak pernah mendapat perhatian. Sementara 75 orang siswa getol belajar di sana.

Dana berhasil dikumpulkan, setidaknya sekitar Rp30 juta diserahkan ke warga. Pembangunan dilakukan dengan kontrol tim Sabumi dengan melibatkan komunitas Sehati. Dan… abdarakadabra. Pembangunan ruang kelas berhasil dilakukan. Alhamdulillah…

Tidak hanya mendirikan Taman Baca Masyarakat atau perpustakaan warga. Sabumi Volunteer bergerak lebuh jauh, ada 2 bangunan sekolah sudah berdiri dalam waktu berdekatan belakangan ini.

Kondisi pendidikan di pelosok Sukabumi tidak baik-baik saja. Maka dilibatkan orang-orang baik untuk melakukan pembangunan gedung sekolah yang baru.

Yakin, peduli, berbuat, dan bermanfaat. Lalu Gedung sekolah baru akan berdiri kokoh.

Mengubah Sekolah Reot Madrasah Al-Koeriyah di Kampung Cibandung,  Desa Tegallega, Kecamatan Lengkong Sukabumi

Sebuah bangunan sekolah madrasah yang sudah lama berdiri itu sudah berganti dengan bangunan baru. Bangunan dengan ruang kelas 5X5 meter persegi diharapkan mampu menampung para murid untuk belajar. Sempitnya ruang kelas sudah tak terlihat lagi. Setidaknya siswa kelas 1-6 harus rela tidak berhimpit-himpitan dan bisa belajar dengan lebih nyaman.

Alhamdullilah berkat orang baik yang tetap peduli akan pendidikan, bangunan sekolah madrasah Al-Khoeriyah, di Kampung Cibandung Desa Tegallega Kec Lengkong tersebut akan mendapat kan bantuan bangunan gedung baru. Kini, ada dua ruang kelas dan sebuah toilet sedang dalam pembangunan.

Semoga saja Sabumi Volunteer bisa terlibat dalam pembangunan sekolah di kampung/ desa lainnya. Anda mau terlibat? Para relawan tentu senang sekali jika semakin banyak orang yang peduli.

Baca juga: Sekolah Madrasah Dirobohkan Oleh Pemuda Sukabumi, Apa Alasan Mereka Melakukannya?

 

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close