Dukung Gerakan Sabumi Volunteer
Sabumi Volunteer

Hobi Membaca Membuat Seorang Guru di Gegerbitung Sukabumi Tidak Hanya Mengajar Tetapi Mendirikan Taman Baca Tintaku juga

Ibu Amelia senang sekali bisa tercapai mendirikan secara resmi TBM Tintaku pada 10 Oktober 2020

Akhirnya Taman Baca Masyarakat (TBM) Tintaku Gegerbitung, Sukabumi didirikan di Kompleks Masjid At-Taqwa Kampung Rancabungur, RT 09/ RW 02, Desa Cijurey, Kecamatan Gegerbitung, Kabupaten Sukabumi. Berawal dari hobi membaca dari masa sekolah hingga berumah tangga, seorang guru SMP 1 Gegerbitung, Kabupaten Sukabumi ingin membuat hal yang bermanfaat di dunia literasi bagi anak-anak di sekitar tempat tinggalnya.

Sosok Guru tersebut bernama Ibu amelia. Beliau memiliki pengalaman yang tidak sedikit dalam bidang pendidikan. Sekaligus pernah mengalami pindah mengajar kesana kemari. Ibu Amelia senang sekali bisa tercapai mendirikan secara resmi TBM Tintaku pada 10 Oktober 2020. Lalu dibuka untuk umum, khusunya anak-anak pada tanggal 20 Oktober 2020.

Pembukaan TBM Tintaku tersebut disambut oleh masyarakat setempat bahkan dihadiri juga oleh Kepala Desa Cijurey, Asep suhendar. Kepala Desa menyatakan siapmendukung Taman Baca Masyarakat pertama dan dapat menjadi percontohan di Kecamatan Gegerbitung.

Harapannya Dapat Meningkatkan Minat Baca Anak-Anak dengan Pendirian Taman Baca Masyarakat Tintaku Gegerbitung Sukabumi

Ibu Guru Amelia Memberikan Buku Tulis Kepada Anak-Anak TBM Tintaku Gegerbitung Sukabumi
Ibu Guru Amelia Memberikan Buku Tulis Kepada Anak-Anak TBM Tintaku Gegerbitung Sukabumi

TBM Tintaku Gegerbitung Sukabumi didirikan dengan mengusung misi “Menumbuhkembangkan minat membaca dan menulis untuk membentuk masyarakat yang literat menuju bangsa yang bermartabat.” Niat yang mulia dari seorang pendidik yang tidak hanya mengajar di sekolah. Namun juga dapat memberi manfaat di lingkungan tempat tinggalnya.

Ibu Amelia dan pengelola ingin TBM yang baru didirikan tersebut dapat tetap terus berdiri dan konsisten. Sehingga dapat membangun niat baca masyarakat. Intinya juga dapat mendukung pembelajaran anak-anak pada masa pandemi COVID-19. Pembelajaran during didukung dengan menumbuhkan minat baca anak-anak.

Sabumi Volunteer dan Layskandang Sukabumi Dukung Kegiatan TBM Tintaku Gegerbitung

Layskandang Sukabumi Memberikan Buku kepada Anak-Anak TBM Tintaku
Layskandang Sukabumi Memberikan Buku kepada Anak-Anak TBM Tintaku

Dari kawan-kawan Sabumi Volunteer dan Layskandang Sukabumi berkunjung ke tbm Tintaku memberi dukungan untuk TBM Tintaku Gegerbitung. Sebelumnya ikut menyumbangkan buku ke pengelolanya.

Saat ini, rak buku masih tampak belum terisi penuh buku-buku. Sebuah gambaran kalau, TBM ini masih membutuhkan banyak buku dari para donatur. Kita semua bisa mendonasikan buku bacaan untuk TBM Tintaku.

Sabumi Volunteer berharap masih banyak sosok seperti Ibu Amelia yang lain di luar sana. Orang-orang yang memiliki tujuan yang sama, yaitu menumbuhkan minat baca. Karena dengan membaca kita bisa menjelajah dunia luar. Sejatinya buku adalah jendela dunia.

Ditulis oleh Toed Sabumi

Salam literasi, salam kongres
Bergerak, berbuat, bermanfaat ✊✊

Informasi Taman Baca Lainnya:  Sabumi Volunteer Mendukung Taman Baca Masyarakat Tintaku Gegerbitung Sukabumi

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close