Tue. Apr 16th, 2024
    Masjid Agung Sukabumi dan Gereja Sidang Kristus Simbol Toleransi Kota SukabumiMasjid Agung Sukabumi dan Gereja Sidang Kristus Simbol Toleransi Kota Sukabumi

    Di Kota Sukabumi, sebuah wilayah berpenduduk masyoritas Islam terdapat dua rumah ibadah dari agama berbeda yang lokasinya berdekatan, yaitu Gereja Sidang Kristus dan Masjid Agung. Dari kedua rumah ibadah tersebut sebagai bukti Umat Islam dan Kristen dapat hidup berdampingan.

    Masjid Agung Sukabumi berada di Jalan A. Yani yang termasuk wilayah Kampung Kaum, Kelurahan Gunung Parang, Kecamatan Cikole. Bangunan masjid berada di alun-alun kota yang mudah ditemukan jika kamu berkunjung ke kota Sukabumi. Di sebelah timur alun-alun, ada bangunanperkantoran, seperti Markas Polisi Resort (Mapolres) Sukabumi dan Kejakasaan Negeri Sukabumi.

    Lokasi Gereja Sidang Kristus terletak di Jalan Masjid yang merupakan bagian wilayah Kelurahan Gunung Parang, Kecamatan Cikole. Bangunannya berada sangat dekat sekitar 100 m di sebelah utara Masjid Agung Sukabumi. Gereja tersebut adalah tempat ibadah bagi pemeluk agama Nasrani. Pada zaman kolonial, digunakan sebagai rumah ibadah para pendatang dari Eropa pada waktu itu.

    Setiap umat beragama dapat menjalankan ibadah sesuai dengan agama di rumah ibadah masing-masing. Kedua bangunan bersejarah tersebut masih tegak berdiri hingga saat ini.

    Photo: Banyu Panca Kusumah (4 Photo)

    Baca juga: Tempat Ngopi Sambil Nongkrong Anak Muda di Sukabumi, Coffee Shop ini Pilihannya

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *