Dukung Gerakan Sabumi Volunteer
Sabumi Volunteer

Ekspedisi Aksara Relawan Literasi Sabumi Volunteer Kembali Menemukan Madrasah Perlu Direnovasi

Ekspedisi Aksara relawan literasi kembali dilakukan oleh Sabumi Volunteer sebagai sebuah agenda perjalanan ke daerah pelosok Sukabumi. Perjalanan tersebut dilakukan secara terencana maupun instan dengan tujuan suatu daerah sama sekali belum pernah dikunjungi sebelumnya.

Dari kegiatan ini, Sabumi Volunteer biasanya menemukan informasi dan data masalah langsung dari lokasi pelosok Sukabumi. Hasil ekspedisi  aksara dibawa dan diinformasikan kepada masyarakat luas guna mencari solusi untuk memecahkan masalah yang telah dirangkum.

Tujuannya Ekpedisi Aksara Sabumi Volunteer adalah mencari solusi demi tercipta nya pendidikan yang adil dan merata, karena menjadi tugas semua pihak. Dari Perjalanan demi perjalanan yang dilakukan, kami biasanya menemukan permasalahan dari kampung atau desa yang dilewati.

Persoalan yang ditemukan biasanya terutama terkait masalah akses dan infrastruktur fasilitas pendidikan. Begitu pula dalam perjalanan kali ini, Sabumi Volunteer menemuka sebuah madrasah yang bangunannya perlu diperhatikan dan dibangun kembali.

Menemukan Madrasah Hampir Roboh yang Perlu Dibangun Kembali dari Ekspedisi Aksara Relawan Literasi

Kegiatan Belajar di Madrasah yang Perlu di Renovasi
Kegiatan Belajar di Madrasah yang Perlu di Renovasi di Kampung Ciburih Desa Cilangkap Kecamatan Lengkong Kabupaten Sukabumi

Persoalan bangunan sekolah yang hampir roboh atau perlu dibangun kembali kerap ditemukan di pelosok Sukabumi. Kali ini, Sabumi Volunteer melihat sebuah bangunan madrasah berlokasi di Kampung Ciburih Desa Cilangkap Kecamatan Lengkong Kabupaten Sukabumi.

Bangunan madrasah tersebut bisa menampung kegiatan belajar 64 siswa. Sekolah berbasis pendidikan Islam tersebut mulai beroperasi sejak tahun 2011 dan belum pernah diperbaiki sampai saat ini. Lahannya merupakan tanah wakaf dengan luas 800 meter persegi.

Tidak ada renovasi infrastruktur bangunan, karena mentoknya dana anggaran yang tersedia. Saat ini, pengelola hanya bisa berharap ada orang baik yang menjadi donatur untuk membantu biaya renovasi pembangunan secara total. Bangunan itu sudah tampak goyah dimakan zaman dan khawatir tidak akan bertahan lebih lama lagi.

Ketiadaan anggaran membuat pengelola hanya mampu mengakali dengan memindah-mindahkan kegiatan belajar mengajar. Pengelola memanfaatkan ruangan pondok pesantren yang berlokasi di depan gedung madrasah. Ustad Suhendar bersama para murid mempunyai cita-cita besar memiliki bangunan bagus dan fasilitas yang memadai untuk kegiatan belajar mengajar.

Kiranya, orang baik yang membaca tulisan ini bisa mengontak dan menghubungi relawan literasi Sabumi Volunteer. Silakan lihat informasi kegiatan di akun medsos di bawah ini.

Kontak Relawan Literasi

Instagram: sabumi_volunteer

Kontak Person: 081381855626 (Kang Ipong)

Demikian informasi mengenai kegiatan Ekspedisi Aksara relawan literasi Sabumi Volunteer. Tidak lupa dalam perjalanan juga membawa ATK, buku bacaan, al-quran dan iqra sebagai buah tangan untuk anak-anak di lokasi yang kami tuju dan temui. Salam Literasi.

Ditulis Oleh : Ipong Sabumi  

Artikel menarik lainnya: Sinergi BB 1% MC Regional Sukabumi, Brotherhood for Nature, Sabumi volunteer & Lays kandang, Penanaman Bibit Pohon dan Literasi Pendidikan Pelosok Sukabumi

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close