Sinergi Lintas Generasi Literasi Sukabumi

Sinergi Lintas Generasi Dunia literasi Sukabumi

Di tulisan ini, saya akan menceritakan perjalanan yang sudah lama saya lalui namun masih teringat kesannya karena sinergi lintas generasi literasi Sukabumi perjalanan waktu itu. Setiap perjalanan adalah cerita yang bisa kita simpan sebagai kenangan atau bahan untuk kita ceritakan kelak.

Perjalanan Sabumi Volunteer menyusuri sebuah kampung bernama Ciawi Tali yang terletak di kecamatan Cireunghas kabupaten Sukabumi. Ketika menjadi kali pertama Sabumi Volunteer bekerja sama dengan Babin Kamtibmas Polsek Cireunghas, serta IVW ( Ikatan Vespa Wetan). Kebaikan dan kebaikan memang selalu meninggalkan kesan yang dalam.

Baca juga: Nikmatnya Mendirikan Taman Baca Masyarakat (TBM) Bagi Sabumi Volunteer

Kesan Tak Terlupa Dalam Kegiatan Lintas Generasi Literasi Sukabumi

Sebelum Berangkat Tidak lupa berdoa dan membuat rencana kegiatan.
Sebelum Berangkat Tidak lupa berdoa dan membuat rencana kegiatan.

Kami berangkat dalam rangka mengunjungi masyarakat Kampung Ciawitali yang letaknya cukup terisolir. Akses jalan yang sulit membuat warga kampung tersebut sedikit kesulitan untuk mendapat fasilitas pendidikan, kesehatan, dan fasiltas lainnya. Begitulah faktanya kondisi infrasturktur jalan yang jelek terbukti menghambat berbagai akses bagi penduduk.

Kepergian kami ke sana direncanakan akan membuat sebuah perpustakaan di sana. Kami berangkat 6 orang, diantaranya; 3 orang dari Sabumi Volunteer, 1 orang dari Babinkamtibmas dan 2 orang dri IVW.

Kegiatan Sabumi Volunteer bersinergi dengan IVW dan Babankamtibmas selalu disambut warga.
Kegiatan Sabumi Volunteer bersinergi dengan IVW dan Babankamtibmas selalu disambut warga.

Ada yang menarik dari perjalanan kami yaitu ada seorang kakek dari iVW yang masih peduli dan ikut bersinergi bersama kami. Panggilannya si abah, gaya khasnya yang menarik yaitu berambut panjang, berjanggut panjang, dan semuanya sudah beruban. Hal tersebut membuat dia menjadi sosok yang unik dalam perjalanan kami.

Sosoknya yang penuh dengan keceriaan dan tingkahnya yang humoris membuat perjalanan kami terasa berwarna meskipun medan yang kami lalui lumayan terjal. Ketika di lokasi pun si Abah menjadi pusat perhatian anak anak dikampung Ciawitali. Anak-anak di sana menyukai karakternya yang lucu.

Baca juga: Pentingnya Pelatihan Wirausaha Bagi Eks TKI Agar Tidak Mengadu Nasib di Negeri Orang Lagi

Perjalanan itu pun Menjadi Kenangan Buat Saya

Bersama Abah yang selalu lucu dalam perjalanan dan kegiatannya.
Bersama Abah yang selalu lucu dalam perjalanan dan kegiatannya.

Kita sebagai generasi muda jangan mau kalah dengan semangat si Abah ini yang masih peduli dengan pendidikan bangsa. Harapan dan doa saya, Abah selalu sehat, Semangatmu menjadi inspirasi bagi kami. Bersinergi terus bah lintas generasi literasi Sukabumi.

Begitu Sabumi Volunteer tidak tebang pilih dalam melaksanakan kegiatan pendistribusian buku ke berbagai tempat di pelosok Sukabumi. Dari anak muda hingga orang tua pun menjadi rekan perjalanan yang sangat bersahabat dan sangat menyenangkan.

Pihak kepolisian pun sudah menjadi mitra kegiatan yang semangatnya tidak kalah dengan pemuda lainnya. Sehingga tidak heran berkat bantuan Kang Dikri pun semakin banyak pula Taman Baca Masyarakat bisa berdiri. Hal tersebut bisa tercapai karena sinergi lintas generasi literasi Sukabumi.

Ditulis Oleh Denden Sabumi

Tua Muda adalah Pejuang Literasi Sukabumi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.