Merayakan Hari Buku Nasional Bagi Sabumi Volunteer

merayakan hari buku nasional

Tanggal 17 Mei 2018, kita kembali merayakan hari buku nasional. Peringatan yang dimulai sejak tahun 2002 ini dapat dijadikan ingatan kalau pemerintah menyadari pentingnya buku bagi anak-anak Indonesia. Apalagi perayaannya dibuat berdasarkan berdirinya Perpustakaan Nasional Republik Indonesia pada 17 Mei 1980.

Sabumi Volunteer sebagai penggiat literi di Sukabumi pun menyadari bahwa kehadiran buku di berbagai kampung begitu penting. Terutama bagi anak-anak sekolah yang begitu kesulitan memperoleh buku. Jangan bayangkan ada ruang perpustakaan di sekolah mereka. Belajar pun masih memanfaatkan buku paket dari sekolah.

Bahan buku bacaan lainnya tentu sulit sekali diperoleh, kalau tidak ada donatur yang menyumbangkan buku bagi anak-anak di pelosok Sukabumi. Sabumi  Volunteer terus berupaya dengan berbagai cara agar buku dapat dikumpulkan, baik dari komunitas, Lembaga sosial, dan donatur pribadi akan diterima dengan senang hati. Seperti kegiatan yang kami lakukan beberapa waktu yang lalu.

Baca juga : Mengorbankan Anak Dalam Bom Bunuh Diri Adalah Kejahatan Luar Biasa

Merayakan Hari Buku Nasional dengan Menyebarkan Buku ke Kawasan Pelosok

Persiapan Donasi Buku ke Sekolah Panggung MIS Al-Ghipari
Persiapan Donasi Buku ke Sekolah Panggung MIS Al-Ghipari

Pada 30 April 2018, Sabumi Volunteer menyalurkan buku dari Perpustakaan Kelana Kelapa @perpus_kelanakelapa dan Seorang donatur bernama Yulia @yuliayulijo untuk Sekolah Panggung MIS Al-Ghipari. Sekolah tersebut berada di Kecamatan Lengkong Jampang Tengah, Kabupaten Sukabumi.

Sabumi Volunteer pergi bersama beberapa relawan dan kawan dari Belanda. Perjalanan sangat lancar dan bisa dibilang tidak memiliki kendala. Seperti distribusi buku hari-hari lainnya, masyarakat dan pihak sekolah menerima kami dengan senang hati. Volunteer dari negeri kincir angin pun turut serta dalam penyerahan bantuan donasi dan berkomunikasi dengan siswa sekokah MIS Al-Ghipari.

Selanjutnya, Sabumi Volunteer pun menyerahkan donasi bukudan melakukan pendirian Taman Baca di Madrasah Nurul Iman. Sekolah tersebut terdapat di Kampaung Cihideung, Desa Curug Kembar, Kecamatan Curug Kembar, Kabupaten Sukabumi.

Anak-Anak di Pelosok Sukabumi Membutuhkan Donasi Buku Dari Kita

Kegiatan Volunteer Bersama Siswa Adik-Adik di Pelosok Sukabumi
Kegiatan Volunteer Bersama Siswa Adik-Adik di Pelosok Sukabumi

Buku yang telah terkumpul sangat dibutuhkan bagi anak-anak di kampung tersebut. Tampak senyum bahagia ketika buku diserahkan dan digembang oleh mereka. Ekspresi kebahagiaan tersebutlah yang terus membuat Sabumi Volunteer terus semangat menyalurkan buku ke berbagai kampung di Sukabumi.

Baca juga : Berlibur ke Tempat Wisata Surabaya ini Saja!

Dari apa yang kami lakukan, peran besar kawan dan sahabat donatur lainnya begitu berarti. Ada banyak pula para donatur yang turut berkunjung dan berbagi bersama anak- anak di berbagai pelosok Sukabumi.

Kami selalu berharap, buku dan alat pendukung sekolah lainnya yang diberikan kepada anak-anak dapat mendukung pendidikan mereka pada kemudian hari kelak. Selamat merayakan Hari Buku Nasional 17 Mei 2018.

 

Salam Sabumi Volunteer

3 thoughts on “Merayakan Hari Buku Nasional Bagi Sabumi Volunteer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.