Menggapai Cita-Cita Setinggi Pohon Harapan Anak Cirengrang Sukabumi

pohon harapan anak cirengrang sukabumi

Pengalaman menjadi bagian relawan Gerakan Sukabumi Mengajar Batch 3 masih menyisakan rindu, terutama kegiatan yang paling menarik perhatianku saat membuat Pohon Harapan Anak Cirengrang. Pohon harapan berisi keinganan anak-anak tentang kampungnya dan cita-cita mereka saat dewasa nanti.

Anak-anak Cirengrang Sukabumi juga memiliki cita-cita tinggi terlepas dari segala kondisi yang masih membelenggu dan serta terbatas. Mereka yang masih polos menulis berbagai harapan-harapan untuk kampungnya persis sesuai dengan kebutuhan, seperti Ingin kampungku ada listrik, memiliki kampung bersih, dan rindu Cirengrang terang.

Harapan tersebut tak jauh tentang kampung yang minim fasilitas listrik dan kondisi kebersihan yang terkendala tempat pembuang akhir sampah. Anak-anak itu sudah tahu kalau listik dan sampah menjadi persoalan bagi hidup mereka. Bagi mereka harapan tersebut menjadi impian besar yang butuh tekad dan kerja keras untuk mewujudkannya.

Anak-anak memiliki cita-cita yang besar, seperti ingin terus sekolah, mau jadi ustad, menjadi dokter, dan berkarir sebagai polisi. Bagi mereka itulah cita-cita yang paling relevan bagi masa depan nantinya. Bagiku pohon-pohon harapan anak Cirengrang menunjukkan mereka memiliki semangat tinggi dan memiliki gambaran besar ketika dewasa kelak baik untuk kampung maupun hidup diri mereka sendiri. Anak-anak Cirengrang telah mengajarkanku pelajaran hidup yang penuh makna.

Baca juga: Cerita Relawan GSM Batch 3: Melihat Lebih Dekat Kondisi Pendidikan Pelosok Sukabumi

Berkaca Pada Kenyataan Hidup dan Menggapai Cita-Cita Setinggi Pohon Harapan Anak Cirengrang Sukabumi

Harapan Cirengrang Terang yang Dituliskan Oleh Siswa SDN Cirengrang.
Harapan Cirengrang Terang yang Dituliskan Oleh Siswa SDN Cirengrang.

Anak-anak Cirengrang adalah murid hebat nan tangguh dari SDN Cirengrang. Mereka adalah sosok yang mengajarkan tentang hidup yang harus diperjuangkan dan memiliki semangat tinggi untuk belajar. Meski beriring dengan kondisi keterbatasan yang ada.

Semangat belajar tidak pernah hilang, walaupun hanya diajar oleh satu guru. Seorang guru yang hanya bisa mengajar dua kali dalam waktu seminggu karena terkendala jarak tempuh jauh dari rumah dan kondisi jalan sulit dilalui kendaraan bermotor. Guru tersebut harus melewati 5 bukit dan 3 sungai, maka jalan kaki adalah pilihan yang paling terbaik untuk menuju sekolah. Tidak mudah untuk mengadakan nuansa pendidikan yang ideal di Cirengrang Sukabumi layaknya kondisi sekolah yang ada di perkotaan.

Baca juga: Melihat Alun-Alun Cianjur yang Cantik Dari Dekat

Selama di sana, akal sehatku selalu diuji. Anak-anak itu terkadang berpikir dan bertindak jauh dari apa yang seharusnya anak-anak seumuran mereka lakukan. Satu pertanyaan yang selalu terbesit di benak adala “Kok bisa ya seperti itu?” Akhirnya, aku tersadar, mereka jauh lebih dewasa dan tangguh dari pada diriku.

 

Ditulis Oleh: Adina Riska Anindita

Relawan Gerakan Sukabumi Mengajar Batch 3

One thought on “Menggapai Cita-Cita Setinggi Pohon Harapan Anak Cirengrang Sukabumi”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.