Hidup Adalah Udunan Bersama Komunitas Kelana Kelapa

udunan bersama komunitas kelana kelapa

Menurut Sabumi Volunteer, komunitas harus bisa menjadi hubungan dengan baik dan berbagi seperti yang kami lakukan Hidup adalah Udunan bersama Komunitas Kelana Kelapa.

Mengutip kata sederhana tapi memiliki makna yang memantik empati dari Gubernur Jawa Barat, Ridwan kamil bahwa hidup adalah udunan “hidup saling berbagi”. Bagi kami itu sangat real adanya.

Kenapa? Karena kita hidup di dunia tidak sendiri, ada positive dan negative, atas-bawah,kaya-miskin, dan susah-mampuh.Hidup penuh oposisi biner. Anda bis agitu hidup seorang diri dan pengen seperti manusia super. Jawab saja di dalam hati.

Baca juga : Anak-Anak Kehilangan Sosok Ayah Terutama Dalam Pendidikan

Makna Hidup Adalah Udunan Bersama Komunitas Kelana kelapa

Memilah dan Memilih Buku yang Didonasikan Melalui Sabumi Volunteer
Memilah dan Memilih Buku yang Didonasikan Melalui Sabumi Volunteer.

Sabumi mengambil makna dari “HIdup adalah udunan harus tumbuhnya rasa saling tolong menolong kepada siapapun dan apapun itu bntuknya. Mungkin, Pak Ridwan Kamil ingin menyampaikan hal tersebut tetapi dengan bahasa yang sederhana, tetapi mencakup maknanya dalam konteks yang positive.

Sebagai contoh apa yang di lakukan Sabumi Volunter dengan cara pembuatan Taman Baca Masyarakat yang notabene-nya didirikan di lokasi yang tidak full 100% tersentuh oleh dinas pendidikan setempat. Uhuk, bukan mau menyetil dinas terkait, namun kami berbicara fakta.

Di sisi lain, Sabumi berniat untuk membantu anak-anak pelosok agar mudah mendapatkan ilmu dari buku yang kita kumpulkan di TBM yang didirikan. Dari Taman Baca Masyarakat, kami meyakini dapat menjadi wahana dalam mengakses buku berkualitas, seperti buku pelajaran dan berbagai jenis buku lainnya.

Walaupun hanya dengan sebatas membaca buku, dari niat itulah Sabumi Volunteer juga membuka relasi dengan komunitas-komunitas lain diluar sana. Sekali lagi kami melakukan hidup adalah udunan. Kami bersinergi bukan dalam bentuk uang (kalau ada yang memberi kami terima juga donasi dalam bentuk uang) tetapi udunan dengan mengumpulkan buku-buku bekas yang layak baca untuk didistribusikan kepada anak-anak di pelosok.

Kali ini, hidup adalah udunanan bersama Komunitas Kelana Kelapa. Alamat komunitas tersebut di Jl. Kalibata timur 4D, Gang Q no. 40. Perkenalan dimulai dengan diskusi via sosmed dan saling bertular pikiran tentang pendidikan pelosok khususnya di Sukabumi. Mereka sering menyumbangkan buku0-buku barunya untuk anak-anak pelosok skbmi. Komunitas Kelana kelapa selalu konsisten membantu pergerakan Sabumi Volunteer. Hingga, waktu mempertemukan kami.

Baca juga : Anda juga Bisa Seperti Sabumi Volunteer 

Bersilaturasa dengan Komunitas Kelana Kelapa

Hidup adalah Udunan Bersama Komunitas Kelana Kelapa
Hidup adalah Udunan Bersama Komunitas Kelana Kelapa.

Hari minggu, 21 Oktober 2018, tim Sabumi, alhamdulilah bisa silaturasa ke kediaman komunitas kelapa kelana. Sekalian kami mengambil donasi buku yang diberikan oleh komunitas tersebut. Hidup adalah udunan bersama Komunitas Kelana kelapa membuat jalinan hubungan baik semakin kuat.

Kami mengapresiasi rekan-rekan dan komunitas di luar sana yang sudah berkontribusi dalam pergerakan sabumi selama ini. Dari kalian yang membantu, mensuport, dan juga mendoakan semua hal kegiatan yang di lakukan sabumi selama ini.

Terima kasih tak terhingga untuk seluruh donatur yang rela menyisihkan waktu, pikiran,tenaga, rejeki, dan sepenggal doa untuk kita semua. Terima kasih atas Hidup adalah udunan bersama Komunitas Kelana Kelapa untuk buku-bukunya. Semoga semua yang kakak-kakak lakukan ini bisa menular ke adik-adik kita masa depan nanti.

Terima kasih Pak Ridwan Kamil, semuga bisa UDUNAN buku pendidikannya untuk Jawa Barat umumnya dan untuk anak pelosok di Sukabumi. Tanpa kita UDUNAN/gotong royong semua hal akan terasa berat seperti RIndunya dia (hahahahahahah).

Bagi komunitas di luar sana yang sudi untuk berkegiatan dengan Sabumi Volunteer silahkan kontak admin atau mau mendonasikan buku bekas layak baca untuk anak pelosok sukabumi silahkan kontak admin.

Ditulis Oleh Wed Sabumi

Demi Pendidikan Sukabumi yang Lebih Baik

Sabumi Volunteer selalu Bergerak, Berbuat, Bermanfaat.

2 thoughts on “Hidup Adalah Udunan Bersama Komunitas Kelana Kelapa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.