Dukung Kegiatan Sabumi Volunteer
Relawan

Gerakan Literasi Sukabumi Relawan Harus Bisa Menulis Sendiri

Gerakan literasi Sukabumi harus dilakukan dengan terus bersilaturahmi dengan para pengelola taman baca masyarakat. Tidak hanya berkumpul saja, ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan, seperti berdiskusi dan pelatihan menulis dari para penggiat literasi.

Kegiatan diskusi dn pelatihan menulis dilakukan pada 12-13 Maret 2017 di bumi perkemahan Cangkuang Kawasan Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS). Kegiatan seperti ini membuat para relawan di sukabumi berkesempatan kumpul bersama dalam satu agenda kegiatan.

Selain dari Sukabumi, seorang pegiat literasi dari kota bogor Kang Usep dari TBM Al-munawar desa Sukaharaja Kabapten Bogor juga turut serta dalam kegiatan tersebut.

Semangat Gerakan Literasi Sukabumi dengan Latihan Menulis

Pelatihan menulis seperti ini memang baru pertama dilakukan pada tahun 2013 lalu. Sabumi volunteer berinisiatif untuk melakukan pelatihan menulis untuk peningkatan padasitas para relawannya.

Sebagai tutornya, beberapa narasumber dari berbagai ahli diajak melatih para relawan, seperti Sylvie Tagana seorang jurnalis yayasan Doctor Share yang memiliki kemampuan menulis dan pengelolaan media sosial dengan bijak dan benar.

Sylivie memberikan ilmu tentang cara mengolah data dari berbagai kegiatan sehari-hari dan dikemas menjadi sebuah berita valid sesuai fakta dan data. Lalu disajikan dalam bentuk tulisan yang ditampilkan dalam semua akun media sosial pribadi masing-masing.

Dia menyampaikan pesan agar bijak dalam bermedia sosial dan berupaya menghindari untuk berbagi semua berita hoax yang tentu saja tidak benar dari segi informasinya.

Selain Silvie, ada juga Bapak C.Jauhari S.H memberikan materi Hukum Perjanjian. Materi advokasi tersebut tentu menjadi ilmu baru yang kami peroleh dalam acara kegiatan ini. Ada pula penjelasan tentang Hukum perbankan oleh ibu Nevi, salah satu senior dalam dunia perbankan di jakarta. Dia tampak semangat berbagi ilmu tentang seluk beluk dunia perbankan di Indonesia.

Kegiatan Pelatihan Dikemas dengan Camping Ceria

Pelatihan menulis ini tidak dibikin untuk acara serba serius yang membosankan, tetapi dengan camping ceria, santai bersama, sambil menikmati nuansa alam. Tema acara kegiatan pertama ini, yaitu “Pelatihan menulis pegiat literasi sukabumi”.

Dari kegiatan tersebut, para relawan bisa berkesempatan bersama dengan rekan sebaya dan memberi semangat baru untuk gerakan literasi Sukabumi. Kegiatan seperti ini tentu saja sangat menarik, apalagi berhasil mendapatkan respon positif dari para peserta dan pemateri yang hadir.

Ada banyak pendapat dan masukan dari para peserta. Para relawan gerakan literasi Sukabumi/ relawan pendidikan berharap dilakukan agenda silaturahmi rutin sesame para relawan.

Ada nilai yang bisa dipetik dari kegiatan bersama seperti ini, yaitu untuk bisa tetap menjalankan berbagai program masing-masing Taman baca selalu “Konsisten, koordinasi dan sinergi”.

Ketiga poin tersebut elemen penting yang mesti terus dilakukan oleh para pegiat literasi, terutama pengelola Taman Baca Masyarakat. Mereka yang menjadi juru mudi dan tonggak keberhasilan dari perpustakaan warga yang mereka kelola.

Baca juga :

Komunitas Bagi Buku Sukabumi Mendukung Sarana Pendidikan dan Kesehatan Masyarakat Pelosok

Lagu Film Favoritmu Sheila on 7

Para Relawan Tetap Membutuhkan Donasi Buku untuk Anak-Anak Sukabumi

Dari berbagai kegiatan dan silaturahmi yang dilakukan, Sabumi Volunteer sebagai relawan sosial tetap menyadari kalau anak-anak memiliki akses membaca buku yang minim sekali. Tidak hanya itu, sarana pendukung fasilitas pendidikan masih jauh dari apa yang diharapkan.

Oleh karena itu, Sabumi Volunteer terus mengupayakan penyediaan buku bacaan gratis untuk masyarakat yang nyaris tidak ditemukan di berbagai wilayah terisolir di Sukabumi. Kondisi tersebut tentu saja membuat Sabumu Volunteer prihatian memikirkan nasib generasi penerus nanti, karena tidak mampu mengakses buku bacaan layak baca.

Sebagai pelaku gerakan literais Sukabumi, kami tetap berharap berbagai pihak membantu untuk menyumbangkan donasi buku bersama kami. Sabumi Volunteer menerima donasi berbagai buku bacaan layak baca untuk anak-anak, perlengkapan sekola, Al-quran dan Iqra.

Informasi tentang donasi buku dan perlengkapan sekolah bisa langsung menghubungi kami melalui nomor berikut ini.

Hubungi : 08561886633 atau WhatsApp WA 081381855626 (Sabumi volunteer)

Donasi yang diberikan sangat membantu adik-adik di berbagai pelosok Sukabumi dalam langkah meraihkan cita-cita mereka lewat dunia pendidikan. Mari berdonasi buku bersama kami.

Penulis : Ipong

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close