Sat. Apr 20th, 2024
    THR Pensiunan 2024 Kapan CairTHR Pensiunan 2024 Kapan Cair

    Kapan Cair THR bagi para pensiunan Pegawai Negeri Sipil (PNS), termasuk anggota TNI-Polri. Hal tersebut menjadi topik hangat dan pertanyaan sejak pada awal tahun 2024. Pencairan THR untuk pensiunan dimulai 22 Maret 2024.

    Bagi para penerima pensiun, informasi tentang kapan Cair THR menjadi perhatian utama. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memberikan klarifikasi bahwa proses pencairan untuk para abdi negara dan aparat TNI-Polri aktif setidaknya dilakukan paling lambat dalam waktu 10 hari kerja setelah masuk ke rekening.

    Pencairan untuk PNS telah dimulai pada 22 Maret 2024, dengan harapan bahwa pembayaran akan terselesaikan sebelum Lebaran tiba.

    Artikel menarik lainnya: Sambutlah Puasa dengan Twibbon Bulan Ramadhan Tahun 2024 Penuh Inspirasi

    Pembayaran THR Pensiunan 2024 Kapan Cair Mulai Waktunya 22 Maret

    Pada tahun 2024, pencairan THR untuk para penerima pensiun telah dilakukan pada tanggal 22 Maret. Pihak Kementerian Keuangan sudah mengirimkan dana ke PT TAspen dan PT Asabri sehari sebelumnya.

    Sedangkan untuk pegawai pemerintahan aktif, pencairan THR akan dilakukan sesuai dengan pengajuan dari masing-masing satuan kerja ke Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN). Pembayaran THR ASN/PNS dikirimkan berdasarkan pengajuan dari satuan kerja Kementerian atau lembaga terkait.

    Pemerintah diperkirakan menyediakan dana sebesar Rp 48,7 triliun untuk membayar THR bagi para ASN, termasuk pensiunannya, serta anggota TNI dan Polri pada tahun 2024. Pencairan THR tahun ini mencapai 100%. Sementara bagi pegawai swasta, pembayaran THR paling lambat akan diberikan tujuh hari sebelum Lebaran.

    Perlu diketahui, terjadi kenaikan anggaran THR tahun 2024 dari tahun sebelumnya mencapai Rp 48,7 triliun, naik dari Rp 38,8 triliun pada tahun 2023. Kenaikan ini disebabkan oleh peningkatan gaji bagi ASN dan pensiunan, masing-masing sebesar 8 persen dan 12 persen. Anggaran sebesar Rp 48,7 triliun tersebut terbagi dari APBN sebesar Rp 29,7 triliun dan APBD sebesar Rp 19 triliun.

    Pembayaran THR Pensiunan Bisa Diterima Sebelum Hari Raya

    Jadi, dengan dimulainya proses pencairan THR pada bulan Maret, para penerima pensiun PNS, serta ASN aktif, dapat mengantisipasi penerimaan dana THR mereka sebelum hari raya.

    Adapun proses ini memperlihatkan komitmen pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan para abdi Negara. Sebagai bentuk dukungan kepada mereka dalam merayakan momen penting seperti Hari Raya.

    Selain itu, kenaikan anggaran THR juga mencerminkan respons positif terhadap kebutuhan ekonomi masyarakat di tengah kondisi. Dengan demikian, pencairan THR tahun 2024 memberikan harapan bagi para penerima pensiun dan ASN aktif untuk bisa merayakan Hari Raya dengan memiliki uang yang cukup.

    Artikel menarik lainnya: Niat dan Tata Cara Mandi Puasa Ramadhan Ibadah Tahun 2024

    One thought on “THR Pensiunan 2024 Kapan Cair Baca Informasi Lengkapnya”

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *