Wed. May 15th, 2024
    Lebaran Muhammadiyah 2024Lebaran Muhammadiyah 2024

    Muhammadiyah memutuskan bahawa Lebaran 1 Syawal 1445 H jatuh pada Rabu 10 April 2024. Lebaran memberikan rasa kebahagiaan dan kedamaian bagi umat Islam di seluruh dunia. Begitupula bagi Muhammdiyah, Lebaran bukan hanya sekadar sebuah perayaan, tetapi juga momen yang penuh makna untuk memperkuat ikatan spiritual dengan Allah SWT serta sesama umat.

    Di tengah riuhnya euforia perayaan, satu ibadah yang sangat dianjurkan adalah Salat Id, sebuah sunah muakkad yang telah diamalkan oleh Rasulullah SAW selama sembilan kali Syawal dan Zulhijah setelah disyariatkan. Salat Id memiliki kedudukan yang istimewa dalam agama Islam sebagai manifestasi dari kecintaan dan ketaatan umat Islam kepada ajaran agama mereka.

    Artikel menarik lainnya: Merayakan Lebaran 2024 dengan Twibbon Menarik!

    Nilai Lebaran Bagi Muhammadiyah yang dirayakan 10 April 2024

    Tradisi Lebaran ala Muhammadiyah mengutamakan semangat kebersamaan, kepedulian sosial, dan kemenangan spiritual. Setelah menjalani bulan Ramadhan bisa melakukan berbagai kegiatan sosial seperti santunan, berbagi makanan, serta kunjungan ke keluarga dan kerabat.

    Hal itu menjadi bagian tak terpisahkan dari perayaan Lebaran di komunitas Muhammadiyah. Semangat kebersamaan ini tercermin dalam aksi-aksi kebaikan dan solidaritas yang dilakukan selama momen Lebaran.

    Tak hanya itu, Salat Id dalam tradisi Muhammadiyah juga dijadikan kesempatan untuk memberikan nasihat, dan mempererat tali silaturahmi. Layaknya Rasulullah SAW yang memberikan nasihat kepada umatnya setelah menunaikan Salat Id.

    Umat Muhammadiyah juga mengambil momentum tersebut untuk berbagi pesan-pesan kebaikan, semangat persaudaraan, dan ajakan untuk terus memperjuangkan nilai-nilai kebenaran. Namun, dalam keterikatan spiritual tersebut, umat Muslim juga tidak melupakan aspek praktis dari perayaan Lebaran.

    Mudik Tahun 2024 Lebih Banyak Pemudik Menggunakan Angkutan Umum

    Kenaikan jumlah pemudik yang menggunakan angkutan umum menjadi fenomena yang tak terelakkan. Menurut catatan Kementerian Perhubungan, pada arus mudik Lebaran tahun 2024, terjadi peningkatan jumlah penumpang angkutan umum dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

    Peningkatan ini mencakup semua moda transportasi, dari angkutan jalan, penyeberangan, udara, laut, hingga kereta api. Data sementara dari Posko Pusat Angkutan Lebaran Terpadu 2024 menunjukkan bahwa pada H-5 Lebaran, jumlah penumpang angkutan umum mencapai angka yang signifikan.

    Terjadi peningkatan sebesar 26,37 persen dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya. Angka ini mencerminkan semakin tingginya mobilitas masyarakat dalam merayakan Lebaran serta semakin luasnya akses transportasi yang tersedia.

    Peningkatan jumlah penumpang ini juga mencerminkan semangat kebersamaan dan kepedulian sosial yang menjadi ciri khas perayaan Lebaran. Di tengah mobilitas yang tinggi, masyarakat tetap memperlihatkan kepedulian terhadap sesama dengan berbagi momen kebahagiaan dan kesyukuran.

    Hal ini sejalan dengan ajaran agama Islam yang menekankan pentingnya kebersamaan, tolong-menolong, dan saling berbagi dalam kebaikan.

    Dalam konteks Muhammadiyah, peningkatan jumlah pemudik juga menjadi peluang untuk menguatkan ikatan kekeluargaan dan silaturahmi antaranggota komunitas. Kegiatan ziarah ke makam keluarga, berkumpul bersama dalam acara takbiran. Serta menjalankan tradisi-tradisi keagamaan menjadi momen yang mempererat hubungan batin dan emosional antarumat.

    Lebaran bukan hanya tentang perayaan, tetapi juga tentang memperkokoh ikatan keagamaan dan kebersamaan sebagai sebuah komunitas yang berlandaskan nilai-nilai Islam.

    Dengan demikian, Lebaran ala Muhammadiyah bukan hanya sebuah tradisi perayaan, melainkan juga sebuah wujud dari penghayatan akan ajaran agama yang menyatu dengan kehidupan sehari-hari.

    Melalui berbagai kegiatan sosial, ibadah, dan solidaritas, umat Muhammadiyah merayakan Lebaran dengan penuh makna sebagai momentum untuk memperkuat ikatan spiritual, memperluas jaringan kebersamaan, dan menyebarkan kebaikan kepada sesama umat manusia.

    Artikel menarik lainnya: Informasi Jadwal Libur dan Cuti Bersama Lebaran 2024

    One thought on “Muhammadiyah Merayakan Lebaran 1 Syawal 1445 H Jatuh pada 10 April 2024”

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *