Ramadhan

Khutbah Jumat Bulan Ramadahan 2023 Membangun Semangat Cinta Di Bulan Istimewa

Materi khutbah jumat 2023 mengingatkan kita untuk selalu menjaga dan meningkatkan semangat beribadah setelah ramadhan.

Hal ini dapat dicapai melalui tiga hal yaitu muhasabah (introspeksi diri), mujahada (ikhlas) dan muraqabah (mendekati Allah).

Khutbah Jumat Bulan Ramadahan 2023 dengan Tema “MEMBANGUN SEMANGAT CINTA RAMADHAN” Oleh: H. Nadhif, S.Ag, MSI

Jamaah sholat Jumat semoga Allah merahmati Kita semua

Di hari Jumat yang penuh berkah ini marilah kita selalu memuliakan nama Allah Ta’ala dengan mengucap Alhamdulillahi Rabbil ‘Alamin. Kita lantunkan atas curahan rahmat-Nya dan juga kemurahan-Nya. Allah Ta’ala telah memberi kita iman dan Islam dan kesehatan.

Shalawat dan salam tak henti-hentinya kami panjatkan kepada Rasul terpilih dan Nabi tercinta; Muhammad saw. Semoga kita semua menerima syafaatnya di akhirat, amin.

Di saat yang berbahagia ini, khatib mengajak kita semua untuk berupaya meningkatkan ketakwaan kita kepada Allah SWT. Caranya  dengan selalu memberikan perhatian yang tulus sambil melaksanakan sebaik mungkin apa yang Allah SWT perintahkan dan meniadakan apa yang Dia miliki. Agar kita senantiasa berada di antara hamba-hamba-Nya yang berbahagia, baik di dunia ini maupun di dunia yang akan datang, amin, amin ya rabbal ‘alamin.

Umat Muslim yang berbahagia, waktu masih terus berlalu dan tanpa terasa kita sudah sampai di di Bulan suci Ramadhan. Bulan yang menawarkan suasana hati yang berbeda untuk setiap orang. Ada yang puas dengan kehadiran bulan suci ini. Beberapa biasa-biasa saja. Ingatlah Ramadhan berbeda dari bulan-bulan lainnya.

Sikap kedua ini menunjukkan betapa tidak pekanya hati kita terhadap keagungan zaman tertentu yang terkandung dalam ajaran Islam. Secara umum, suasana “normal” itu bukan karena pengingkaran melainkan karena kehidupan yang terlalu sibuk dengan aktivitas duniawi sehingga perjalanan melalui bulan Rajab, Sya’ban dan kemudian Ramadhan hanyalah rutinitas belaka.

Meskipun Islam dan ulama memuji bulan-bulan ini. Imam Al-Ghazali menyebutkan hari-hari terpenting (al-ayyam al-fadhilah) dalam kitabnya Ihya’ Ulumid-Din. Hari-hari utama ini ditemukan setiap tahun, bulanan dan mingguan. Mengenai siklus bulanan, Imam Al-Ghazali memasukkan bulan Sya’ban ke dalam kategori bulan-bulan yang paling utama (al-asyhur al-fadhilah), selain bulan Rajab, Dzulhijjah dan Muharram.

Ada yang spesial di bulan Sya’ban. Dia menjadi jembatan menuju bulan yang paling dimuliakan. Itulah sebabnya bulan ini disebut “Sya’ban”. Sya’ban, yang berasal dari kata syi’ab, dapat diartikan sebagai jalan ke atas. Dengan kata lain, bulan Sya’ban adalah bulan persiapan yang disediakan oleh Allah

Hamba-hambanya masuk dan memantapkan diri sebagai persiapan menyambut bulan suci Ramadhan

Muslim yang berbahagia, bulan Ramadhan memiliki keutamaan dan keistimewaan yang besar yang tidak ditemukan pada bulan-bulan lainnya. Nilai ibadah dilipatgandakan, doa dikabulkan, dosa diampuni, pintu surga dibuka sedangkan pintu neraka ditutup. Ramadhan tak ada bedanya dengan tamu agung yang kedatangannya selalu dinantikan.

Merugilah mereka yang tidak bisa bertemu dengannya. Namun lebih besar lagi kerugiannya bagi mereka yang menemukannya tetapi tidak mengambil apa-apa darinya, untuk dijadikan sebagai momentum meningkatkan ibadah dan takwa kita kepada Allah SWT.

Oleh karena itu, kita harus mempersiapkan diri sebaik mungkin untuk menyambut bulan yang penuh berkah ini.  Agar dapat kita manfaatkan dalam beribadah dan mendekatkan diri kepada Tuhan. Lantas apa tujuan akhir puasa ramadhan ini di QS? Al Baqarah 183, itulah tingkat ketakwaan yang bisa kita raih.

Karena itu, Nabi SAW tidak lupa memberi tahu umatnya ketika bulan Ramadhan tiba – sebagaimana hadits Ubadah Bin Syamit radhiyallahu ‘anhu Nabi sallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

“Ya Allah, telah datang bulan Ramadhan, bulan penuh berkah dengan banyak kebaikan yang menyelimutimu. Lalu datanglah belas kasihan. Hentikan semua kesalahan dan dosa. Doa ini dijawab. Kemudian Tuhan melihat roh Anda. Para malaikat juga sangat bangga padamu. Jadi tunjukkan yang terbaik dari jiwamu di hadapan Tuhan. Karena celakalah mereka yang telah ditolak oleh belas kasihan Allah.” (HR. At-Thabrani dalam Targhib wa Tarhib, 2/60; Majma’ az-Zawaid, 3/142).

Selain itu, Rasulullah mengajarkan kita untuk memperbanyak sholat yang kita lakukan sebelum dimulainya Ramadhan. agar Allah Ta’ala menjumpai kita dengan Ramadhan yang sehat dan sejahtera.

Jamaah sholat Jum’at dirahmati Allah. Tentunya sebagai tanda keseriusan kita dalam menyambut tamu istimewa ini dan sebagai tanda keseriusan kita dalam menghormati mereka, kita harus mempersiapkan segala sesuatunya antara lain:

Pertama Inti Khutbah Jumat 2023 Sambut bulan Ramadhan dengan berpuasa dan meninggalkan keburukan

Kali ini, marilah kita rayakan bulan Ramadhan yang mulia dengan memperbanyak taubat yang benar dan kembali kepada Allah Ta’ala, bertaubat dan mengakui kefasikan diri kita sendiri. Ketika awal Ramadhan dimulai dengan nasuha taubat, maka suci jiwa dan suci hati, siap untuk performa terbaik dalam ibadah dan kebahagiaan yang besar.

Tradisi menyebutkan bahwa Rasulullah (damai dan berkah Allah besertanya) membawa kabar baik tentang kedatangan Ramadhan kepada para sahabatnya.

Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu bahwa Nabi sallallahu ‘alaihi wasallam membawa kabar gembira kepada para sahabatnya dengan bersabda:

“Bulan Ramadhan, bulan yang diberkahi, telah datang kepadamu. Allah mewajibkan puasa. Dia membuka pintu surga dan menutup pintu neraka dengan kuat dan diikat oleh setan. Ini adalah malam yang lebih baik dari seribu bulan. Jadi. siapa dihalangi untuk berbuat baik di dalamnya, ia dicegah masuk surga” (HR. Ahmad, 2/385 No.8979; TN. An-Nasa’i, 4/129 No. 2106; TN. Al-Baihaqi dalam Syu’abul Iman, 3/301, No. 3600)

Maka marilah kita sambut datangnya bulan Ramadhan dengan suka cita. “Marhaban Ya Ramadhan (Selamat datang bulan Ramadhan), kami sambut dengan suka cita.”

Puasa Ramadhan merupakan salah satu rukun Islam yang wajib dilaksanakan oleh setiap muslim. Puasa memiliki tata cara dan aturan yang harus diikuti agar sah dan sempurna. Sesuatu yang menjadi syarat ibadah wajib, pemenuhannya wajib, dan mempelajarinya wajib. Mengetahui kaidah puasa atau yang sering disebut dengan fikih puasa merupakan hal yang wajib dipelajari oleh setiap muslim, setidaknya tentang apa yang sah dan sah tidaknya puasa.

Artikel menarik lainnya: Twibbon Ramadhan 2023 Menyambut Bulan Puasa Penuh Berkah

Hikmah Menyambut Ramadan Penuh Cinta

Pemahaman dan pengetahuan yang lengkap tentang bulan Ramadhan terhindar dari kesalahan-kesalahan yang dapat merugikan ibadah Ramadhan yang disebabkan oleh kebodohan kita. Pemahaman yang utuh tentang keutamaan Ramadhan mendorong tumbuhnya motivasi batin untuk menunaikan ibadah dengan sebaik-baiknya.

Oleh karena itu, pada bagian ini Anda dapat mempersiapkan diri dengan banyak bertanya, belajar dan membaca. Orang bisa melakukan sesuatu dengan sempurna dan bahagia ketika mereka tahu persis apa alasan, tujuan dan manfaat dibalik apa yang mereka lakukan.

Jamaah Sholat Jum’at, Rahikumullah Bulan Ramadhan datang kepada kita hanya setahun sekali. Ini adalah kesempatan yang sangat langka dan langka. Jadi manfaatkan kehadirannya. Bayangkan bahwa kesempatan ini adalah Ramadhan terakhir dalam perjalanan hidup kita.

Kita tidak akan berada di Ramadhan tahun depan. Melalui khutbah Jumat 2023 ini Kami memohon kepada Allah Ta’ala untuk mengumpulkan kami semua dalam naungan rahmat-Nya, di desa kemuliaan-Nya, kepada pemimpin seluruh umat manusia, Nabi kita Muhammad sallallahu ‘alaihi wasallam.

Demikian khutbah  Ramadhan 2023 disampaikan, semoga Allah Ta’ala memberikan kekuatan kepada kita untuk selalu menaati perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya.  Sumber dari artikel ini.

Artikel menarik lainnya: Mengeluarkan Air Mani dan Mimpi Basah Bulan Ramadhan, Batal atau Tidak ya?

One thought on “Khutbah Jumat Bulan Ramadahan 2023 Membangun Semangat Cinta Di Bulan Istimewa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *