Sat. Apr 20th, 2024
    ramadan menurut muhammadiyahramadan menurut muhammadiyah

    Puasa Ramadan adalah rukun Islam yang dilaksanakan oleh umat Muslim di seluruh dunia namun mulainya bisa berbeda antara ramadan Muhammadiyah dan NU. Bulan ini dinilai penuh berkah yang ditunggu-tunggu setiap tahun.

    Tetapi, penetapan awal puasa Ramadan sering perdebatan di Indonesia. Karena terjadi beberapa versi penentuan waktu awal puasa, seperti versi pemerintah, Nahdlatul Ulama (NU), dan Muhammadiyah. Juga dari pemerintah menunggu Hasil Sidang Isbat Pemerintah

    Ketentuan dari Pemerintah dan Penetapan Awal Puasa Ramadan Hasil Sidang Isbat Pemerintah 2024

    Pemerintah Indonesia memutuskan hari pertama puasa Ramadan melalui sidang isbat yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama. Proses ini melibatkan pemantauan Hilal (rukyahtul hilal) yang dilakukan pada tanggal 10 Maret 2024, bertepatan dengan 29 Syaban 1445 H.

    Ada 134 titik observasi di seluruh Indonesia. Hasil pemantauan ini kemudian digunakan untuk menentukan awal puasa Ramadan. Berdasarkan Kalender Hijriah yang dirilis Kemenag, perkiraan awal Ramadan jatuh pada Selasa, 12 Maret 2024. Begitu juga dari Hasil Sidang Isbat Pemerintah.

    Bagaimana Hari Pertama Puasa Menurut Nahdlatul Ulama (NU)

    NU yang merupakan organisasi Islam terbesar di Indonesia umumnya mengikuti penetapan awal puasa yang dilakukan oleh pemerintah. Metode penetapan yang digunakan NU sama dengan pemerintah, yakni melalui rukyahtul hilal.

    Menurut Kalender Hijriah Indonesia 2024 dari Kemenag, awal puasa Ramadhan 2024 menurut NU juga jatuh pada 12 Maret 2024 dan berakhir pada 9 April 2024.

    Kapan Puasa Pertama Ramadhan 2024 Menurut Muhammadiyah

    Muhammadiyah yang menjadi organisasi Islam dengan pengikut yang signifikan di Indonesia sering memutuskan puasa yang berbeda dengan pemerintah dan NU. Pada tahun 2024, Muhammadiyah telah lebih dulu menetapkan awal puasa 1445 H melalui Maklumat Pimpinan Pusat Muhammadiyah Nomor 1/MLM/1.0/E/2024.

    Jadi, dalam maklumat tersebut disebutkan bahwa awal puasa, atau 1 Ramadhan 1445 H, jatuh pada Senin, 11 Maret 2024.

    Kemungkinan Perbedaan Penetapan Awal Puasa Ramadan Antara Muhammadiyah dan NU

    Perbedaan penetapan awal puasa Ramadan antara pemerintah, NU, dan Muhammadiyah tidaklah baru di Indonesia. Karena dari metode penghitungan dan interpretasi dalam menentukan bulan Hijriah.

    Beberapa faktor yang memengaruhi perbedaan ini antara lain metode pengamatan hilal, kriteria keberadaan hilal, dan pertimbangan astronomi. Jadi harus menunggu dari Hasil Sidang Isbat Pemerintah 2024.

    Makna Ramadan Yang Sangat Penting Bagi Umat Islam Mau itu NU Atau Muhammadiyah

    Walaupun ada perbedaan dalam penetapan awal puasa Ramadan, tetap memiliki makna yang sangat penting bagi umat Islam di seluruh dunia.

    Selain sebagai kewajiban ibadah yang harus dilaksanakan, Ramadan juga merupakan bulan yang penuh berkah, kesempatan untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan, serta bulan yang dipenuhi dengan amal kebaikan, sedekah, dan doa.

    Puasa Ramadan menjadi momen sakral bagi umat Islam di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Meskipun terdapat perbedaan dalam penetapan awal puasa antara pemerintah, NU, dan Muhammadiyah, perlu diketahui bahwa yang terpenting adalah semangat dan makna ibadah yang dilakukan selama bulan Ramadan.

    Jadi, mari sambut bulan Ramadan dengan penuh kegembiraan dan semangat untuk meningkatkan ibadah dan kualitas diri kita sebagai umat Muslim.

    Artikel menarik lainnya: Sambutlah Puasa dengan Twibbon Bulan Ramadhan Tahun 2024 Penuh Inspirasi

    One thought on “Kapan Puasa Ramadan 2024 Menurut Muhammadiyah dan NU Hasil Sidang Isbat Pemerintah”

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *