Tue. Apr 16th, 2024
    Kapan Hari Raya Idul fitri 2023 MuhammadiyahKapan Hari Raya Idul fitri 2023 Muhammadiyah

    Kapan Hari Raya Idul fitri 2023 Muhammadiyah? Persatuan Astronomi Internasional atau International Astronomical Union yang berkedudukan di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, memprediksi 1 Syawal 1444 H akan jatuh pada Jumat, 21 April 2023 Masehi. Tanggal sudah sesuai berdasarkan ketetapan Pimpinan Pusat Muhammadiyah.

    Di beberapa negara Timur Tengah, bulan sabit (hilal) Syawal baru terlihat pada Kamis, 20 April, hari ke-29 Ramadan. Namun, mungkin sulit untuk melihat bulan baru di beberapa bagian Asia dan Australia saat ini.

    Negara-negara Muslim diperhitungkan melihat Bulan Sabit Syawal pada Kamis, 20 April. Dalam keadaan seperti itu, sebagian besar negara Muslim dapat mendeklarasikan Jumat, 21 April, sebagai hari pertama Idul Fitri. Menurut penjelasan UAEBARQ dalam pernyataan Pusat Astronomi Internasional yang diterbitkan oleh Arab News, Kamis (7/4/2023).

    Muhammadiyah diijinkan Shalat Idul Fitri 2023 di Lapangan Sukabumi dan Mataram

    Sekum PP Muhammadiyah Abdul Mu’ti mengucapkan terima kasih kepada Wali Kota Pekalongan dan Wali Kota Sukabumi. Kedua pemimpin daerah telah mengizinkan Lapangan Mataram dan Lapangan Merdeka menjadi tempat shalat Idul Fitri.

    Dikutip dari situs Muhammadiyah, Beliau mengapresiasi dukungan pemerintah pusat, Kementerian Agama, Polri, pimpinan partai politik, anggota DPR/DPRD, tokoh masyarakat dan semua pihak yang mendukung konstitusi. Sehingga menciptakan suasana saling menghormati demi mendukung terciptanya persatuan umat dan bangsa.

    Mu’ti menegaskan, salat Idul Fitri di lapangan bukan hanya untuk warga Muhammadiyah tapi untuk seluruh umat Islam. Bagi seluruh umat Islam khususnya warga Muhammadiyah agar dapat menuntaskan Idul Fitri dengan ibadah, kesucian dan toleransi. Karena sebagian umat Islam masih bisa berpuasa di bulan Ramadan.

    Pemerintah Indonesia kini mengikuti kriteria Kementerian Agama Brunei Darussalam, Indonesia, Malaysia dan Singapura (MABIMS). Besar kemungkinan menurut kriteria MABIMS tanggal 1 Syawal 1444 H jatuh pada hari Sabtu tanggal 22 April 2023 adalah 30 hari.

    Artikel menarik lainnya: Twibbon Idul Fitri 1444 H untuk Ucapan Selamat Lebaran 2023

    Alasan Muhammadiyah Shalat Idul Fitri di Lapangan

    Menurut Hadis yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim, Nabi SAW melakukan sholat Idul Fitri di lapangan terbuka yang disebutnya Mushala (tempat sholat). Abu Sa’id al Hudri berkata:

    “Agar Nabi, Allah memberkati dia dan memberinya damai, pergi ke Idul Fitri dan Adzan al-Mushala (tanah terbuka). Hal pertama yang dilakukan adalah berdoa. Ketika dia siap, dia menghadap jamaah sementara mereka sedang duduk berjajar. Kemudian memberi nasihat, wasiat, dan menyuruh mereka. Ketika dia ingin berhenti, dia berhenti, dan ketika dia memerintahkan sesuatu, dia langsung memerintahkannya, lalu selesai” (HR. Buchari).

    Nabi sendiri, menurut hadits, tidak pernah salat Idul Fitri di masjid kecuali saat hujan: “Dari Abu Haurairah bahwa suatu hari mereka (para sahabat) mengalami hujan, kemudian Nabi salat bersama mereka di masjid. [HR. Abu Dawud, Ibnu Majah dan al-Hakim. Beliau (al-Hakim) berkata: Ini adalah Hadits shahih Sanad (Al-Mustadrak, I:295, “Kitab al-‘Idain)].

    Setelah memilih lapangan, umat Islam diperbolehkan melaksanakan shalat Idul Fitri. Shalat Idul Fitri dilakukan setelah matahari terbit dan tinggi panjangnya (sekitar 6m). Demikian Kapan Hari Raya Idul fitri 2023 Muhammadiyah? Selamat Lebaran Mohon Maaf lahir dan batin.

    Artikel menarik lainnya: Mengeluarkan Air Mani dan Mimpi Basah Bulan Ramadhan, Batal atau Tidak ya?

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *