Sat. Apr 20th, 2024
    sikat gigi saat puasasikat gigi saat puasa

    Di tengah kesucian dan keagungan bulan Ramadan, muncul pertanyaan apakah boleh sikat gigi saat menjalankan ibadah puasa?

    Ramadan sebagai bulan penuh berkah  sangat ditunggu-tunggu oleh umat Muslim di seluruh dunia, Bulan yang menjadi waktu untuk merenung, beribadah, dan meningkatkan kedekatan dengan Allah SWT.

    Kebersihan adalah Bagian dari Iman dalam ajaran Agama Islam. Oleh karena itu, menjaga kebersihan tubuh menjadi kewajiban, bahkan ketika berpuasa. Salah satu cara terbaik dengan merawat kebersihan mulut dan napas segar adalah dengan menyikat gigi secara teratur.

    Artikel menarik lainnya: Niat dan Tata Cara Mandi Puasa Ramadhan Ibadah Tahun 2024

    Hukum Sikat Gigi Saat Berpuasa

    Nabi Muhammad SAW sendiri menekankan pentingnya kebersihan, begitupula kebersihan mulut dan gigi. Pada sebuah hadis riwayat Imam Bukhari dan Muslim, beliau bersabda, “Jika tidak memberatkan umatku niscaya akan kuperintahkan untuk bersiwak (menyikat gigi) setiap kali akan berwudhu.”

    Meskipun puasa adalah kewajiban yang suci dalam agama Islam, berkumur dan menyikat gigi tidaklah membatalkan puasa. Nabi Muhammad SAW sendiri tetap menyikat gigi pada setiap wudhu, bahkan saat beliau berpuasa.

    Pandangan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Tentang Sikat Gigi Saat Puasa

    Majelis Ulama Indonesia (MUI) sudah mengeluarkan fatwa yang menyatakan bahwa menyikat gigi saat puasa tidak membatalkan puasa. Hal ini beradasar pada beberapa hadis Nabi Muhammad SAW yang menganjurkan untuk menjaga kebersihan mulut dan gigi, bahkan saat berpuasa.

    Namun, perlu diketahui terdapat beberapa tindakan yang dapat membatalkan puasa, seperti tertelannya air atau pasta gigi saat menyikat gigi. Menyikat gigi dengan hati-hati dan tidak menelan air atau pasta gigi adalah kunci untuk menjaga agar puasa tetap sah.

    Mengatasi Bau Mulut saat Berpuasa

    Bau mulut yang timbul saat berpuasa adalah hal yang normal atau fisiologis. Hal tersebut disebabkan oleh peningkatan asam lambung melalui rongga mulut saat perut kosong. Selain itu, faktor-faktor seperti kebersihan mulut yang kurang terjaga dan gaya hidup yang tidak sehat juga dapat menyebabkan bau mulut.

    Tips Sikat Gigi Saat Berpuasa

    Berikut adalah beberapa tips untuk menyikat gigi saat berpuasa agar tidak membatalkan puasa:

    • Gunakan sikat gigi berbulu halus.
    • Gunakan pasta gigi non-fluoride.
    • Sikat gigi dengan hati-hati dan hindari menelan air atau pasta gigi.
    • Berkumur-kumur tanpa menelan air.
    • Sikat gigi pada waktu-waktu yang aman, seperti sebelum sahur atau setelah berbuka puasa.

    Manfaat Menyikat Gigi Saat Berpuasa

    Menjaga kebersihan mulut dan gigi saat berpuasa memiliki banyak manfaat, antara lain:

    • Mencegah bau mulut.
    • Mencegah gigi berlubang.
    • Menjaga kesehatan gusi.
    • Meningkatkan rasa percaya diri.

    Sikat gigi saat berpuasa hukumnya tidak membatalkan puasa, selama tindakan tersebut dilakukan dengan hati-hati dan tanpa menelan air atau pasta gigi. Menjaga kebersihan mulut dan gigi saat berpuasa bukan hanya merupakan kewajiban agama, tetapi juga penting untuk kesehatan dan kenyamanan kita sehari-hari.

    Untuk diketahui, waktu menyikat gigi saat puasa bisa dilakukan setelah santap sahur dan menjelang tidur di malam hari.  sehingga teterap merawat kesehatan mulut serta gigi pada saat berpuasa.

    Sikat gigi adalah cara efektif mengatasi bau mulut atau menjaga kebersihan mulut. Karena bermanfaat menghilangkan plak, mencegah sariawan, dapat menghilangkan bakteri yang dapat menyebabkan masalah bau mulut.

    Artikel menarik lainnya: Doa Sholat Tarawih Perlu Diketahui Dalam Menyambut Malam Ramadan

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *