Pendidikan Anak

Sebenarnya Apa sih Peran Guru di Sekolah?

Katanya peran guru di sekolah sangat penting untuk mendidik para siswanya. Guru menghadapi anak didiknya dalam mengajar dan menebarkan pengetahuan setiap hari. Tapi apakah cukup perannya begitu saja?

Kemendikbud, Muhajir Effendy pernah berujar bahwa peran guru peran guru dalam pembelajaran dan juga mendidik. Ilmu yang diajarkan oleh guru diharapkan mampu mendidik anak untuk memiliki pengetahuan dan bersikap lebih baik pada masa depannya.

Jadi tidak hanya soal cerdas secara ilmu pengetahuan, guru juga berperan mempengaruhi karakter dari para siswanya. Banyak kan kasus siswa tawuran dan berkelahi antar sekolah, padahal guru telah lelah bersusah payah mendamping mereka di sekolah.

Peran Guru di Sekolah Dalam Membentuk Karakter dan Keteladanan Bagi Siswanya

Selain mengemban misi pengajaran, hasil pendidikan adalah membentuk karakter keteladanan bagi siswa. Peran guru dalam pembelajaran bisa menjadi korektor bagi siswa untuk mengajarkan perbedaan tentang nilai kebaikan dan yang buruk. Nilai kebaikan dianggap mempengaruhi sikap siswa kepada orang tua, saudaranya, teman, dan orang-orang di sekitar tempat tinggalnya.

Apalagi semua siswa yang diajarkan di sekolah memiliki latar belakang sosial dan budaya yang berbeda. Itulah warna yang dimiliki satuan pengajaran di sekolah. Anak-anak bisa berasal dari kemampuan ekonomi, agama, suku, dan lingkungan sosial yang beragam. Awalnya karakter siswa dibentuk dari lingkungan sosial tempat mereka tinggal.

Nah, peran guru di sekolah adalah dalam penanaman nilai kebaikan bagi siswa yang beragam latar belakangnya tersebut. Kalau ada memiliki karekter yang buruk, maka harus dibuang jauh-jauh dari jiwa dan watak siswa. Motivasi kepada siswa sangat dibutuhkan untuk mewujudkannya.

Memotivasi Siswa Terus Belajar dengan Memahami Karakter Siswa

Peran guru dalam pembelajaran dapat mendorong siswa lebih aktif belajar. Kalau anak didiknya sedang malas. Guru bisa memberikan motivasi kepada mereka dan menganalisis kenapa ada siswa yang rajin dan malas dalam belajar. Agar bisa memahami karakter siswa lebih secara mendalam.

Sebagai pendidik, guru dan siswa melakukan interaksi hampir setiap hari. Maka, peran guru di sekolah memfasilitasi kegiatan belajar anak didik dengan menciptakan suasana belajar-mengajar yang menyenangkan.

Peran guru di sekolah sebagai pemberi informasi dengan proses belajar-mengajar yang optimal. Guru pula sebagai perantar untuk menebar pengetahuan dengan kemampuannya berinteraksi dan memberi bimbingan kepada anak didiknya.

Baca juga:

KAMU HARUS TAHU BEBERAPA BANDARA MEGAH DI INDONESIA, SUDAH PERNAH MENDARAT DI SINI BELUM?

GEMPA 7,4 SR YANG MENGAGETKAN WARGA SUKABUMI DAN POTENSI TSUNAMI PADA BEBERAPA WILAYAH PESISIR PANTAI LAINNYA

Guru Membimbing Proses Belajar Siswanya

Peran guru di sekolah yang penting adalah membimbing semua anak didik untuk memiliki kecakapan karakter dengan penilaian yang baik. Siswa tidak bisa memiliki karakter tanpa bimbinggan para guru dan tentu saja dengan terus berkomunikasi dengan para orang tua. Sayangnya, ketika guru berupaya sekuat tenaga untuk membentuk karakter siswa, orang tua dan lingkungan sosialnya tidak mendukung.

Untuk membimbing semua siswa dalam memberikan bahan pelajar, peran guru dalam pembelajaran mengelola siswa dengan diharapkan bisa dengan interaktif. Tetapi banyak yang tidak begitu, karena guru harus menghadapi puluhan siswa. Harus diakui pula, jumlah siswa dan guru tidak seimbang. Satu orang guru harus menghadapi 30-40 orang dalam satu kelas.

Dari jumlah siswa yang sebanyak itu, peran guru di sekolah harus bersusah payah mengajar dan membangun suasana jelas yang kondusif. Sehingga, mau tak mau guru dituntut sebagai pendidikan yang mampu sebagai pengelola kelas juga.

Peran guru dalam pengembangan kurikulum bukan hanya menerima dari perumusnya. Guru menjalankan kurikulum juga menjadi penyelaras sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan siswa dan daerah satuan pendidikan.

Pada akhirnya, selain memiliki kemampuan untuk membentuk karakter, memotivasi, dan membimbing para siswa, guru harus memiliki kemampuan mengevaluasi kemampuan siswa. Eveluasi tersebut bisa diteliti dari aspek kepribadian dan kemampuan siswa menyerap pengetahuan yang telah diajarkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *