Pendidikan Anak

PTN Di Jawa Barat yang Jadi Buruan Calon Mahasiswa, Kamu mau Kuliah di Kampus Mana?

Halo calon mahasiswa, sudah memilih PTN di Jawa Barat yang mau dimasuki menjadi tempat kuliah belum? Ayo semangat belajarnya supaya masuk PTN atau kampus negeri terkenal.

Ada banyak kampus PTN di Jawa Barat yang layak sebagai tempat kamu menimba ilmu di jenjang perguruan tinggi. Tetapi pasti pengen dong masuk ke Universitas negeri. Apalagi kalau termasuk PTN terbaik di indonesia.

Sebelum memilih kampus idaman, baca dulu yuk tentang 5 kampus PTN impian yang sering menjadi buruan para calon mahasiswa se-Indonesia.

PTN di Jawa Barat: Institute Pertanian Bogor

Tahukah kamu, IPB dibangun pada 1 September 1963. Perguruan tinggi ini didirikan sebagai universitas yang konsen di bidang pertanian, bioscience, dan bidang lainnya untuk memperkuat ketahanan pangan.

Kampus ini juga ditujukan untuk mengembangkan bioenergi, penciptaan lapangan kerja, pengentasan kemiskinan, dan melestarikan lingkungan.

IPB diresmikan berdasarkan keputusan Menteri Pendidikan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan (PTIP) No. 92/1963 dan disetujui oleh Presiden RI Pertama dengan Keputusan No. 279/1965.

Saat ini, ada 36 departemen, 21 Program Studi, 159 program sarjana dan pascasarjana dan 18 program pendidikan diploma (kejuruan) di IPB. Kampus yang berlokasi di Bogor ini telah meluluskan meluluskan 133.778 siswa hingga Bulan Januari 2016.

Institute Teknologi Bandung

Sebagai PTN di Jawa Barat, ITB berdiri pada masa Kepemerintahan Hindia Belanda untuk memenuhi kebutuhan tenaga teknik di wilayah jajahannya di kawasan Nusantara. Pemerintah berkuasa saat itu kekurangan tenaga teknik sebagai akibat pecahnya Perang Dunia Pertama.

De Techniche Hoogeschool te Bandung didirikan pada 3 Juli 1920 dengan satu fakultas de Faculteit van Technische Wetenschap. Ada satutu jurusan saja bernama de afdeeling der Weg en Waterbouw.

Setelah Indonesia mereka, Pemerintah menjadikannya Institut Teknologi Bandung pada tanggal 2 Maret 1959. Institut Teknologi Bandung berdiri untuk pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Pada masa sekarang, ITB memperkenalkan mata kuliah Mayor dan mata kuliah Minor. Sehingga, mahasiswa program satu studi dapat mengambil mata kuliah dari program studi lainnya dalam jumlah terbatas.

ITB mengarahkan mahasiswanya pada pendidikan kesarjanaan dengan penguasaan ilmu yang komprehensif dan wawasan luas. Jadi, mahasiswanya tidak terfokus pada aplikasi suatu bidang keahlian saja.

Kampus ITM terletak pada 2 lokasi , yaitu di Bandung (jl. Ganesa no. 10 Bandung) dan Jatinangor (jl. Let. Jen. Purn. Dr. (HC). Mashudi no.1 Jatinangor).

Universitas Indonesia

Universitas yang dikenal dengan jaket kuning ini didirikan pada pemerintahan Belanda sebagai institut pendidikan tinggi untuk pengobatan pada 1849. Lalu, sekolah tersebut secara resmi diberi nama Sekolah Dokter-Djawa (Sekolah untuk Dokter Jawa) tahun 1951.

Seiring waktu, PTN di Jawa Barat ini menjadi kampus multi program studi. sebelum digunakannya kampus Depok pada 1987, Universitas Indonesia memiliki tiga kampus yang berbeda: Salemba, Pegangsaan Timur dan Rawamangun.

Lalu, kampus baru yang dibangun di atas lahan seluas 320 ha di Depok selesai dibangun, kampus Rawamangun direlokasi ke depok. Sementara kampus Salemba tetap digunakan untuk Fakultas Kedokteran, Fakultas Kedokteran Gigi dan program pascasarjana.

Universitas Indonesia memiliki 13 Fakultas, Program Pascasarjana dan Program Kejuruan. Fakultasnya antara lain Fakultas Kedokteran, Kedokteran Gigi, Keperawatan, Farmasi, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Teknik, Psikologi, Ilmu Sosial dan Politik, Hukum, Ekonomi, Kesehatan Masyarakat, Humaniora, dan Ilmu Komputer.

Setidaknya terdapat 291 program studi dengan 47.166 siswa, di antaranya 309 siswa internasional, dalam program sarjana dan non-gelar.

Universitas Pendidikan Indonesia

PTN yang berfokus di bidang pendidikan ini didirikan pada tanggal 20 Oktober 1954 di Bandung. Universitas yang awalnya IKIP Bandung ini diresmikan oleh Menteri Pendidikan Pengajaran Mr. Muhammad Yamin.

Awalnya, diberi nama Perguruan Tinggi Pendidikan Guru (PTPG). Tujuan pendirian kampus PTN di Bandung ini sebagai upaya mendidik dan mencerdaskan bangsa merupakan bagian penting dalam mengisi kemerdekaan.

Seiring dengan kebijakan pemerintah di bidang pendidikan tinggi, lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK), IKIP Bandung diubah menjadi Universitas Pendidikan Indonesia melalui Keputusan Presiden RI No. 124 tahun 1999 tertanggal 7 Oktober 1999.

Baca juga :

Tips hidup Sehat Alami di Atas Usia 30 Tahun

Dari Kasus Baiq Nuril Kita Tahu Tak Semua Pelecehan Seksual Dikenai Jerat Hukum

Unversitas Padjadjaran

Sudah jangan ke Jatinangor dia sudah ada yang punya, nyanyian dari lagu The Panas Dalam tersebut merujuk pada mahasiswa Universitas Padjadjaran (UNPAD).

Unpad didirikan pada 11 September 1957, dengan lokasi kampus di Bandung. Awal berdirinya, UNPAD memiliki 4 fakultas: Fakultas Hukum dan Pengetahuan Masyarakat, Fakultas Ekonomi , Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan, dan Fakultas Kedokteran.

Kampus PTN Bandung perlahan dipindahkan seiring dirintisnya pengadaan lahan dan disepakati penunjukkan lahan bekas perkebunan di Jatinangor pada 1979 untuk didirikan sebagai Kampus UNPAD.

Secara perlahan PTN di Jawa Barat ini, kegiatan mengajarnya dipindahkan ke Jatinangor sejak 1983 yang dimulai Fakultas Pertanian. Lalau, fakultas-fakultas lainnya pindah ke Jatinangor. Akhirnya, gedung Rektorat Unpad resmi dipindahkan ke Jatinangor pada 5 Januari 2012.

Nah bagi kamu yang mau kuliah, mencari PTN 2019 apa tahun ini. Cari informasi PTN terbaik yang dapat menumbuhkan skill dan pengetahuan kamu ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *