Selebrasi Project Based Learning “Language Fair” : Konsep Pembelajaran yang Menarik dari Sekolah Alam Indonesia

sekolah alam indonesia sukabumi
sekolah alam indonesia sukabumi

Sekolah Alam Indonesia (SAI) Sukabumi mengadakan selebrasi Project Based Learning “Language Fair” pada 9 Maret 2019. Selebrasi tersebut merupakan bagian dari konsep pembelajaran “spesial event”  yang rutin diadakan oleh Sekolah Alam Indonesia yang diramu berdasarkan kegiatan pembelajaran para siswanya.

Acara yang diadakan di Gedung Gong Seni Aher tersebut merupakan selebrasi Project Based Learning ke-3 dengan tema: Language Fair *The Power of Moslem in The World*. Menariknya, semua kelas dilibatkan dalam spesial event SAI Sukabumi ini, dari kelas 1 hingga kelas 6. begitu pula, semua siswa pun ikut terlibat dalam kegiatan yang dipandu oleh pengajar atau fasilitator mereka.

Berdasarkan informasi dari Pihak sekolah, Project Sekolah Alam Indonesia Sukabumi kali ini berkisah mengenai perkembangan Islam dari masa ke masa. Dari mulai negara Mesir, Spanyol, Suriah, Rusia hingga Indonesia.

Baca juga: Racun-Racun yang Merusak Kecerdasan Anak Anda

Project ditampilkan dalam bentuk seni pertunjukkan dengan sub tema berbeda dari masing-masing kelas. Berikut adalah karya seni pertunjukan yang ditampilkan masing-masing kelas.

  • 🏡 SD1 Baiti Jannati
  • ⏰ SD2 Time
  • 🌊 SD3 Bentang Alam
  • ⛰ SD4 Batuan
  • 💉 SD5 Human Body

Acara tersebut sangat menarik dan meriah, para orang tua tampak sangat tertarik untuk hadir dan melihat penampilan seni pertunjukan dari anak-anak mereka. Apalagi, acara tersebut dapat dikatakan moment spesial dalam hidup anak-anak yang telah berani tampil di hadapan ratusan orang tua siswa Sekolah Alam Indonesia Sukabumi.

Selebrasi Language Fair Sekolah Alam Indonesia Dihadiri Oleh Ibu Bupati Sukabumi

Pemberian Cendera Mata dari Kepala SAI Sukabumi kepada Ibu Bupati Sukabumi
Pemberian Cendera Mata dari Kepala SAI Sukabumi kepada Ibu Bupati Sukabumi

Spesial event hasil pembelajaran Sekolah Alam Indonesia tersebut juga dihadiri oleh Ibu Bupati Sukabumi, Dra. Hj. Yani Jatnika Marwan, M.Pd. Beliau memberi kata sambutan sekaligus pembuka acara Selebrasi Project Based Learning “Language Fair.

Beliau menyatakan sagat mendukung acara dari lembaga pendidikan seperti Sekolah Alam Indonesia yang menggunakan konsep pembelajaran yang sangat menarik bagi siswanya.

Tidak hanya itu, beliau juga meminta pembelajaran Bahasa Sunda jangan sampai hilang dari kurikulum Sekolah SAI Indonesia. Karena orang tua lebih ingin anaknya berbahasa asing, padahal bahasa Ibu adalah kunci pembelajaran terpenting dari orang tua.

Sejalan dengan kata sambutan Ibu Bupati, Ketua IORSAIS/ Komite SAI Sukabumi menyatakan turut mendukung kegiatan pembelajaran siswa. Apalagi melibatkan Komite Sekolah sebagai saluran komunitas dari orang tua siswa.

Baca juga: Jembatan Gantung Terpanjang Situgunung Diresmikan Oleh Pemerintah

Sementara itu, beberapa orang tua menyatakan sangat senang melihat penampilan anak-anak mereka. Tidak lupa mengucapkan terima kasih kepada para fasilitator yang membimbing anak-anak mereka dengan baik. Harapan lainnya, pembelajaran di sekolah dapat dilakukan seimbang antara kegiatan seperti selebrasi based learning  dengan kegiatan akademik lainnya.

Acara tersebut dibuka dan ditutup dengan penampilan istimewa para siswa. Setiap semester para siswa akan menampilkan selebrasi atau spesial event yang berbeda. Kegiatan sekolah yang selalu ditunggu oleh orang tua siswa SAI Sukabumi.

1 Trackback / Pingback

  1. Persyaratan Perpanjangan SIM yang Mudah dan Mengurusnya Bisa Sambil Membaca Buku - Sabumi Sukabumi

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.