Berilah Kesempatan Anak untuk Tidak Menjadi Orang Tuanya

Memberi kesempatan anak tidak menjadi orang tuanya
Memberi kesempatan anak tidak menjadi orang tuanya

Sebuah Kutipan menarik bagi Anda yang telah memiliki buah hati, “Anda harus memberi anak-anak Anda kesempatan untuk tidak menjadi orang tuanya.” Tidak menjadi seperti diri Anda, karena anak-anak memiliki tujuan dan cita-cita berbeda dalam hidupnya.

Anak-anak akan tumbuh dan menjadi dewasa dengan caranya sendiri dibalik bimbingan orang tua. Namun, mampukah orang tua menerima diri mereka apa adanya, bukan apa yang seharusnya.

Menerima kemampuan anak akan menjadi dorongan yang sangat berharga bagi mereka. Anak-anak akan percaya diri, bahwa orang tua akan selalu mendukung apapun yang mereka lakukan. Apabila Anda menerima diri mereka tanpa syarat, Anda akan membantu anak-anak untuk menyukai diri mereka sendiri.

Kalau orang tua memaksakan keinginan dan mengarahkan ke tujuan tertentu akan terjadi penolakan dalam diri mereka. Meski tanpa kata-kata penolakan, mendiamkan apa yang Anda paksakan, dan jangan sampai anak merasa tidak mungkin menunjukkan bakat dan kemampuan diri yang dimilikinya. Karena orang tua akan membencinya.

Baca juga: Anak-Anak Kehilangan Sosok Ayah Terutama Dalam Pendidikan

Biarlah Anak Tidak Menjadi Orang tuanya Mungkin Dirinya Akan Lebih Baik Daripada Diri Anda

Sayangnya ada begitu banyak orang tua tak mau menerima anak sebagaimana apa adanya. Seolah orang tua tidak pernah menjadi anak-anak dan berkembang menjadi dewasa dengan caranya sendiri. Tetapi ketika memiliki anak, malah ingin meng-copy sifar dan kemampuan dirinya kepada anak-anak.

Wahai orang ua biarlah anak tidak menjadi orang tuanya. Tidak menjadi diri Anda. Anda pernah mendengar setiap anak adalah unik, maka Anda sebaiknya mewujudkannya dalam memberikan pendidikan dalam hidup mereka. Peran orang tua adalah mengasuh dan mengembangkan kekuatan kualitas unik dari anak-anak.

Tidak seorang pun mampu untuk mengubah orang lain. Namun, apabila menerima orang lain apa adanya, Anda akan memberi kekuatan kepada orang itu untuk mengubah dirinya sendiri.

Ada beberapa tindakan yang dapat Anda lakukan untuk menerima kemampuan anak-anak apa adanya;

  • Tanamkan kepada diri Anda dulu sebagai orang tua, bahwa menerima diri Anda apa adanya. Anda adalah orang tua yang unik. Selanjutnya, terimalah anak-anak sebagai sosok yang unik. Hanya ada satu orang yang unik seperti anak Anda di dunia ini.
  • Cintailah Anak tanpa syarat dan terima diri mereka apa adanya. Suatu hari nanti, Anda akan bangga melihat apa yang dikerjakan mereka. Anak-anak akan menemukan jalan hidupnya sendiri dan menjadi sosok yang spesial. Tidak ada yang orang lain yang menyamai kemampuan anak Anda.
  • Tanyalah kepada diri Anda sendiri sebagai orang tua tentang masa lalau Anda, mengapa orang tua Anda menerima diri Anda sebagai sosok sekarang? Kenapa orang tua menerima diri Anda apa adanya? Sementara, Anda sulit menerima kalau anak tidak menjadi orang tuanya.

Baca juga: Ngebully Orang Lain Kayak Sudah Tahu Aturan Naik MRT Jakarta Saja!

Kita harus tetap memberi perhatian kepada anak-anak, tanpa memaksa diri mereka mencapai seperti tujuan yang diharapkan oleh orang tuanya. Setiap orang membutuhkan perhatian bukan paksaan. Begitu pula anak Anda yang butuh penerimaan dari orang tuanya, sebagai orang yang sangat berarti bagi hidup mereka.

 

 

3 Trackbacks / Pingbacks

  1. Bacalah Panduan Penumpang MRT Jakarta ini Biar Enggak Dibilang Kampungan - Sabumi Sukabumi
  2. Enggak Usah Punyeng, Beginilah Cara Mengurus STNK Hilang - Sabumi Sukabumi
  3. Acil Seorang Pemuda Kampung Desa Cicantayan yang Sukses Membangun Usaha - Sabumi Sukabumi

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.