Wed. May 15th, 2024
    Wisata Waduk Sermo Kulon ProgoWisata Waduk Sermo Kulon Progo

    Wisata Waduk Sermo Kulon Progo Destinasi Bendungan Murah Meriah. Pesona alam waduk buatan di Yogyakarta ini akan membawa pengunjung pada suasana yang menyejukkan. Hamparan danau yang luas dengan panorama perbukitan yang hijau sangat direkomendasikan untuk perjalanan liburan di Jogja.

    Waduk Sermo dibangun pada Maret 1994 dan waktu pengerjaannya selama 32 bulan. Pengisian pertama dimulai pada akhir Maret 1996. Pembangunan tangki ini dilakukan oleh Hyundai-Duta Graha J.O dan Konsultan Kontrol Elc.Electroconsult dari Italia bekerja sama dengan PT. Bina Karya dan PT. Wiratman.

    Pembangunan Bendungan Sermo menelan biaya Rp 32,4 miliar. Tujuan pembangunan Danau Sermo buatan adalah untuk menaikkan penyediaan infrastruktur irigasi, pengendalian banjir, perikanan, pariwisata dan olahraga air. Selain itu, Bendungan Sermo memiliki beberapa keunggulan, yaitu sebagai berikut:

    Pemanfaatan Irigasi dan Perikanan dari Waduk Sermo

    Waduk Sermo dibangun untuk menambah pasokan irigasi ke Clereng, Pengasih dan Pekik Jamal, terutama pada musim kemarau. Bendungan ini akan menaikkan produktivitas pertanian melalui perluasan pertanian beririgasi, efisiensi air irigasi, dan efisiensi praktik pertanian. Selain untuk pertanian, air Waduk Sermo juga dimanfaatkan warga sebagai sumber air perikanan.

    Meningkatkan Manajemen Air

    Pembangunan Waduk Sermo meningkatkan suplai air. Sehingga daerah yang tergenang air berkurang. Bendungan ini juga dimanfaatkan oleh Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) untuk memasok air baku bagi warga Kulon Progo.

    Waduk Sermo Sebagai Tujuan Wisata di Kulon Progo

    Kondisi bendungan dan sekitarnya juga menyediakan tempat untuk memancing, hiking, berkemah, dan bersepeda. Nilai jualnya tidak hanya keindahan alam waduk dan letaknya yang strategis sebagai rest area, namun pengunjung juga dapat menikmati berbagai aktivitas seperti persewaan perahu di sekitar waduk dan spot foto hits Kulon Progo ini.

    Daya Tarik Wisata di Waduk Sermo Kulon Progo

    Wisatawan dapat menikmati aktivitas di sekitar waduk seperti berperahu, hunting foto Instagram, berkemah, memancing dan lainnya selama berwisata di Waduk Sermo. pengalaman liburan yang tak terlupakan di waduk sermo berkat keindahan dan pelayanan wisata. Rasakan kesegaran alam dengan gambar panorama dan sajian atraksi wisata di tempat ini.

    Waduk Sermo memiliki banyak spot foto menarik di berbagai tempat di sekitar waduk, seperti Bukit Jangkang, Gumumk Sri Tinon, Pulau Terapung, Akar Liar, Bukit Pethu, Taman Munggur dan Taman Plat Kuning, yang bisa Anda kunjungi dan nikmati.

    Selain itu, Olahraga air tergolong terkenal di Sermo, terutama latihan dayung. Kondisi alam daerah Sermo memiliki situs favorit bagi pecinta off road, baik kendaraan 2 roda dan 4 roda.

    Naik Gethek di Sekitar Danau Buatan

    Istilah gethek mungkin masih terdengar asing bagi wisatawan dari luar Jawa, bahkan mancanegara. Padahal, getek merupakan alat transportasi air yang tidak jauh berbeda dengan perahu.

    Namun, alat angkut ini terbuat dari bambu yang diletakkan sejajar dengan ukuran sekitar 2×2 meter. Untuk maju, gethek juga harus didayung dengan bambu panjang.

    Meski tidak berbahaya, turun dari danau di Getek pasti membuat jantung terpompa dan adrenalin naik ke seluruh tubuh Anda. Namun, lingkungan alam Waduk Sermo yang masih asri tentunya dapat mengurangi rasa cemas dan takut saat menaiki getek.

    Harga Tiket Wisata Waduk Sermo Kulon Progo

    Salah satu tempat wisata alam di Yogyakarta yang murah adalah Waduk Sermo. Karena untuk menikmati sendiri keindahan dan pesona Waduk Sermo, wisatawan hanya perlu membayar tiket masuk wisata sebesar Rp 5.000/orang.

    Adapun biaya tambahan lainnya yaitu s tarif parkir wisata adalah Rp 2.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk mobil. Kegiatan wisata Waduk Sermo sendiri dibuka setiap hari mulai pukul 07.00 hingga 18.00 WIB.

    Artikel menarik lainnya: Chillax Sudirman Jakarta Tempat Nongkrong Hits Terbaru di Kawasan Perkantoran

    Lokasi Waduk Sermo

    Waduk Sermo terletak di daerah istimewa Yogyakarta tepatnya di Dusun Sermo, Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo. Jaraknya ± 35 km dari kota Yogyakarta dan ± 6 km dari Pusat Wates Kulon Progo.

    Wisatawan dapat datang dengan mobil, yang memakan waktu sekitar 90 menit. Akses ke sini memang hanya sedikit naik turun, namun kondisi jalan tidak membahayakan pengendara.

    Jadi, kunjungi Waduk Sermo Yogyakarta untuk liburan yang lebih nyaman. Datanglah pada pagi atau sore hari jika ingin liburan yang lebih menyenangkan di Waduk Sermo. Bawa kamera untuk mengabadikan momen liburan bersama orang tercinta.

    Artikel menarik lainnya: Jembatan Kaca Seruni Point Bromo, Tunggu Tanggal Buka Tempat Wisata Hits ini

    One thought on “Wisata Waduk Sermo Kulon Progo Destinasi Bendungan Murah Meriah”

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *