Sun. May 26th, 2024
    Tol Cisumdawu Dibuka FungsionalTol Cisumdawu Dibuka Fungsional

    Jalan tol Cisumdawu dibuka fungsional dengan panjang 29,3 km beroperasional untuk Mudik Lebaran 2023. Kepanjangan tol Cisumdawu singkatan dari tol Tol Cileunyi – Sumedang – Dawuan.

    Sebelumnya, pada Desember 2022, Tol Cisumdawu Seksi 1-3 dari Cileunyi hingga Cimalaka dengan panjang 32,5 km telah beroperasi. Dengan demikian, tol Cisumdawu terkoneksi penuh sepanjang 62 km dari tol Cipularang hingga tol Cipali.

    Tol Cisumdawu akan digunakan pada musim Lebaran 2023, tembus hingga Dawuan. Dua lajur akan dibuka pelayanan mudik pada 15 April 2023.

    Jalan Tol Cisumdawu Dibuka fungsional untuk Mendukung Arus Mudik Lebaran 2023

    T ol Cisumdawu seksi 4 sampai 6 sudah selesai strukturnya termasuk rambu-rambunya. Menurut Menteri Basuki, ada tiga hal yang memengaruhi kelancaran arus mudik, yakni kesiapan infrastruktur, pengaturan lalu lintas, dan perilaku pengemudi.

    Dari segi infrastruktur, tol Cisumdawu sudah beroperasi. Mudik Lebaran 2023 akan dibuka dua jalur dari Cimalaka ke Dawuan secara gratis. Tol Cisumdawu yang akan dibuka dalam rangka menyambut Mudik Lebaran 2023 ini terdiri dari Seksi 4 Cimalaka hingga Legok (8,2 km), Seksi 5 Legok hingga Ujung Jaya (14,9 km), dan Seksi 6 Ujung Jaya hingga Dawuan yang meliputi Jalan Tol Cisumdawu. persimpangan di Dawuan (6,1 km).

    Kementerian PUPR dan BUJT menyiapkan rest area sementara KM 194+400 Seksi 4B untuk mendukung arus mudik lebaran 2023. Disediakan pula rest area sementara. Bisa menampung sekitar 200 kendaraan dan dilengkapi dengan toilet, SPBU dan mini market.

    Menyusul arus Mudik, Menteri Basuki menargetkan seluruh ruas tol di Cisumdawu selesai dan beroperasi penuh pada awal Juni 2023. Tol ini juga mendukung operasional Bandara Kertajaya.

    Mengenai aturan operasional lalu lintas, Menteri Basuki mengatakan akan mengikuti instruksi dari kepolisian dalam segala hal. Terkait aturan lalu lintas, Menteri Basuki mengatakan akan mengikuti instruksi kepolisian dalam segala hal.

    Tol Cisumdawu dibuka tutup di hulu, satu arah atau dibuka seluruhnya sesuai petunjuk polisi lalu lintas. Tentunya dengan mempertimbangkan kondisi lalu lintas di Jalan Tol Cipularang dan Jalan Cipali. Sehingga tidak terjadi kemacetan kendaraan di Cisumdawu akibat penambahan dua ruas jalan tersebut.

    Artikel menarik lainnya: Harga Tiket Bus Garuda Mas Jakarta untuk Lebaran 2023

    Tol Cisumdawu Ditargetkan Dibuka Seluruh Ruas Pada Mei 2023

    Setelah pembukaan operasional Lebaran Pulang 2023, Menteri Basuki memperhitungkan seluruh jalan tol di Cisumdawu selesai dan beroperasi penuh pada akhir Mei 2023. Nantinya mendukung operasional dari Bandara Kertajati. Untuk kelancaran perjalanan bisa memakai Tol Cisumdawu Map.

    Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, dengan selesainya tol Cisumdawu, pihaknya akan mendukung Bandara Kertajati. Lalu secara bertahap akan mulai beroperasi untuk penerbangan umrah dan haji setelah Lebaran 2023.

    Rute Tol Cisumdawu dibuka fungsional dalam rangka menyambut Mudik Lebaran 2023 ini terdiri dari Seksi 4 Cimalaka hingga Legok (8,2 km), Seksi 5 Legok hingga Ujung Jaya (14,9 km), dan Seksi 6 Ujung Jaya hingga Dawuan yang meliputi Jalan Tol Cisumdawu. Termasuk Junction Dawuan (6.065 km). Adapun exit tol Cisumdawu terdiri 6 gerbang.

    Tol Cisumdawu yang sebelumnya dijalankan mulai Januari 2022 lalu akan beroperasi pada Seksi 1 Cileunyi – Pamulihan (11,45 km). Seksi 2 Pamulihan – Sumedang (17,05 km) serta Seksi 3 Sumedang – Cimalaka (4,05 km) yang dibuka pada Desember 2022. Sebelumnya kelancaran lalu lintas kendaraan selama Nataru 2022/2023.

    Artikel menarik lainnya: Gerbang Tol Sukabumi Cibadak Ciawi Bisa Dipakai Mudik Lebaran

    One thought on “Tol Cisumdawu Dibuka Fungsional untuk Mudik Ruas Cimalaka Dawuan”

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *