Sat. May 25th, 2024
    Foto Tempat Wisata Gunung MerapiFoto Tempat Wisata Gunung Merapi

    Tempat Wisata Gunung Merapi Destinasi Lava Tour Merapi Niak Jeep Hingga Kaliurang. Terletak di antara provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Indonesia Yogyakarta, Gunung Merapi merupakan salah satu gunung berapi teraktif di dunia. Gunung ini bukan hanya tempat aktivitas vulkanik tetapi juga tujuan wisata yang populer.

    Gunung yang tingginya kurang lebih 2.930 mdpl ini, diketahui menyimpan banyak rahasia. Tak hanya itu, gunung yang termasuk dalam kategori gunung api teraktif di dunia ini juga terkenal dengan aktivitas erupsinya.

    Menurut para ahli geologi, Gunung Merapi dapat meletus setidaknya setiap 2-5 tahun sekali. Kejadian letusan tahun 1872 dan 2010 merupakan letusan terkuat yang pernah ada di gunung ini. Meski begitu, Gunung Merapi juga menyuguhkan berbagai panorama alam indah yang sangat menarik untuk dikunjungi. Berikut  objek wisata di sekitar Gunung Merapi:

    1. Tempat Wisata Lava Tour Merapi

    Wisata Lava Tour Merapi mengajak wisatawan mengenal lereng gunung yang mengalami letusan hebat tahun 2010. Wisatawan dapat melanjutkan perjalanan dengan menyewa jeep. Anda diajak berpetualang di sekitar Merapi.

    Lava Tour Merapi Yogyakarta dikelilingi oleh beberapa destinasi wisata yang paling banyak dikunjungi wisatawan. Beberapa di antaranya adalah bunker Kaliadem yang digunakan sebagai persinggahan. Situs yang merupakan salah satu wisata sejarah bukti meninggalnya dua relawan saat erupsi Merapi.

    Selain itu, Wisatawan bisa datang Museum Peninggalan sebagai kenangan sejarah di tahun 2010 untuk mengenang tragedi bencana alam Merapi. Wisatawan bisa berkunjung ke rumah Juru Kunci Merapi Mbah Maridjan yang juga merupakan korban dari kejadian tersebut.

    Alamat Wisata Lava Tour Merapi

    Lava Tour Merapi Jogja berada di Kecamatan Cangkringan dan Pakem, Sleman, Yogyakarta. Tempat wisata ini buka sejak dini hari hingga menjelang sore dari pukul 04.00 sampai 15.00 WIB.

    Harga Tiket Pertualang Lava Tour Merapi

    Biaya tiket masuk Lava Tour Merapi sekitar dengan tarif short trip untuk empat orang dengan durasi satu setengah jam sekitar Rp350 ribu. Kalau mau melakukan paket super long trip seharga Rp650 ribuan per jip selama 3-3,5 jam.

    2. Museum Ullen Sentalu Yogyakarta

    Tempat wisata Museum Ullen Sentalu dipilih oleh National Geographic sebagai museum terbaik di Indonesia tahun 2015. Letaknya berada di kaki Gunung Merapi merupakan bangunan dan desain interior yang unik.

    Suasananya yang sejuk  dan penuh keindahan alam membuat museum ini berbeda dengan museum pada umumnya. Selama kurang lebih 45 menit kita diajak menjelajahi museum di bawah bimbingan seorang trainer yang sangat berpengalaman.

    Lokasi Museum Ullen Sentalu

    Tempat wisata ini berada di Jalan Boyong km 25, Kaliurang Barat, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

    Harga Tiket Museum Ullen Sentalu

    Tiket Tur Adiluhung Mataram membaar Rp50.000 (dewasa), Rp25.000 (anak 5-12 tahun). Wisata Vorstenlanden membayar tiket Rp100.000 (dewasa) dan Rp60.000 (anak 5-12 tahun).

    3. Tempat Wisata Gunung Merapi Stonehenge Merapi

    Tempat wisata yang bernama Stonehenge Merapi terletak di desa Kepuharjo Cangkringan. Bedanya, Stonehenge ini tersusun atas bebatuan besar yang berasal dari sisa-sisa letusan Gunung Merapi tahun 2010 lalu.

    Hal yang menarik di tempat wisata Jogja ini disebut sebagai situs warisan dunia yang hilang. Bentuk dan susunan batu Cangkringan Stonehenge mirip aslinya dengan hamparan rumput hijau. Wisatawan akan tertarik dengan bentuk bangunan ini benar-benar menarik.

    Alamat Stonehenge Merapi Jogja

    Lokasinya berada di Petung, Kepuharjo, Cangkringan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

    Tiket Masuk Stonehenge Jogja  yaitu Rp15.000

    4. Bukit Glagahharjo atau di Sebut Bukit Klangon Jogja

    Tempat wisata Bukit Glagahharjo sendiri berjarak sekitar 3 kilometer dari puncak Gunung Merapi. Terdapat gardu pandang yang memudahkan wisatawan untuk melihat Merapi. Dari tempat ini pengunjung juga bisa melihat kawasan yang terkena dampak dahsyatnya letusan Gunung Merapi tahun 2010.

    Bukit ini dikenal dengan tempat wisata Bukit Klangon Jogja. Tempat wisata di Yogyakarta ini cukup terkenal karena di bukit ini sering terlihat aktivitas Gunung Merapi. Ada juga pos pengamatan untuk melihat langsung Gunung Merapi. Tempat ini juga sangat asri dan hijau.

    Datanglah ke bukit ini di pagi hari saat matahari terbit untuk melihat Gunung Merapi berdiri di utara dan megah. Sekitar pukul 07.00 WIB, gunung biasanya diselimuti kabut.

    Alamat Bukit Glagahharjo atau di Sebut Bukit Klangon

    Lokasi Bukit Klangon sendiri memiliki nama asli Wisata Alam Bukit Glagaharjo yang terletak di Dusun Kalitengah Lor, Desa Glagaharjo, Kecamatan Cangkringan.

    5. Wisata Puncak Kaliadem Destinasi Gunung Merapi

    Kaliadem adala desa yang menjadi pusat pemantauan Gunung Merapi. Selain itu tempat ini juga menawarkan banyak tempat wisata seperti penangkaran ular, wisata kuliner dan penginapan.

    Desa Kaliadem menjadi desa rawan bencana Gunung Merapi itu sendiri. Kawasan Kaliadem berjarak sekitar 35 kilometer dari pusat kota Yogyakarta menggunakan mobil. Tempat ini merupakan kawasan wisata alam yang indah.

    Puncak Kaliadem Sleman Yogyakarta merupakan destinasi wisata alam dengan keindahan Gunung Merapi dan bekas letusan Gunung Merapi tahun 2006. Kawasan ini dikenal dengan udaranya yang sejuk. Keberadaan Gunung Merapi dengan fenomena vulkaniknya, morfologi pegunungan dan lembah, hutan alam menjai daya tarik yang berbeda.

    Alamat Wisata Puncak Kaliadem

    Lokasi tempat wisata Kaliadem berada di Desa Kepuharjo, Cangkringan, Sleman, Yogyakarta, ± 25 – 30 km utara Kota Yogyakarta.

    Tiket Masuk Puncak Kaliadem

    Tempat wisata ini bisa dilihat dengan mengikuti lava tour membayar mulai Rp. 350 ribu per jeep dan merasakan serunya off road ke Merapi.

    6. Tempat Wisata The Lost World Castle Merapi Jogja

    Bangunan berbentuk benteng yang bahan bakunya berupa batu sisa letusan Merapi ini berhasil menjadi daya tarik wisatawan. Selain itu, tempat ini juga menawarkan spot foto yang menarik. Spot tersibuk  dan ramai yaitu Gerbang Alun-alun Surga dan Sayap Belakang.

    Ada lagi area rerumputan hijau yang terbentang jauh dan backgroundnya dihiasi pohon sakura. Selain itu, terdapat  area suku asli Amerika dengan tenda khas dengan lubang api dan patung dinosaurus yang terbunuh.

    Alamat The Lost World Castle Yogyakarta

    Lokasinya berada di Jalan  Petung Merapi, Petung, Kepuharjo, Cangkringan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

    Harga Tiket Masuk tempat wisata Loast World Castle adalah Rp 30.000

    7. Tempat Wisata Taman Wisata Kaliurang

    Terletak di kaki Gunung Merapi, Desa Kaliurang menawarkan pemandangan yang indah dan suasana pedesaan yang tenang. Taman Wisata Kaliurang cocok untuk dikunjungi bersama keluarga, terutama anak-anak, karena tempat ini memiliki banyak permainan untuk mereka.

    Fasilitas Flying Fox, fasilitas lepas landas, dan rumah pohon Ridz High Rope adalah wahana yang tampak ketika datang ke sana. Beberapa fasilitas seperti perosotan, ayunan, dan kolam juga melengkapi taman ini.

    Alamat Taman Wisata Kaliurang

    Lokasnya bera da di Jalan Astomulyo No.59, Area Hutan, Hargobinangun, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

    Harga Tiket Taman Wisata Kaliurang adalah Rp 8.000.

    8. Bunker Kaliadem Saksi Meletusnya Gunung Merapi

    Bunker Kaliadem ini bisa dikunjungi sebagai tempat wisata. Wisatawan bisa berkunjung ke sana untuk melihat sejarah letusan Gunung Merapi. Jika ingin mengunjungi bunker Kaliadem, wisatawan bisa menyewa mobil jeep yang letaknya sebelum memasuki kawasan wisata lereng Merapi.

    Pengunjung tidak hanya bisa melihat megahnya Gunung Merapi, tapi juga masuk ke dalam bunker selebar sekitar 3 meter dengan luas 12 kali 8 meter. Selain itu, pemandangannya akan sangat indah dimana pengunjung dapat melihat Gunung Merapi berdiri dari jarak dekat.

    Alamat Bunker Kaliadem Jogja

    Lokas Bunker Jogja ini berada di Kinarejo, Hargobinangun, Pakem, Sleman Regency

    9. Museum Gunungapi Merapi

    Wisata Museum ini dibangun untuk menghormati para korban letusan dahsyat tahun 2010. Wisatawan bisa melihat koleksi peninggalan dan informasi tentang peristiwa tersebut. Terletak di desa Selo, museum ini berisi koleksi artefak sejarah dari Gunung Merapi, serta informasi tentang eksplorasi gunung berapi dan perlindungan masyarakat di daerah tersebut.

    Tempat wisata museum Jogja ini menjadi sarana pendidikan dan konservasi. Pelatihan yang relevan terkait dengan pengembangan pengetahuan tentang bencana alam. Secara khusus, pendidikan tentang gunung berapi atau letusan gunung berapi.

    Museum ini disimpan jejak kebrutalan puing-puing Wedhus Gembel yang menghempaskan rumah-rumah di lereng Merapi. Motor hangus, aki hangus dan masih banyak lagi. Berjalan-jalan di ruang pameran memberi kita banyak pelajaran alam dan kisah hidup akibat letusan yang dahsyat.

    Alamat Museum Gunung Merapi

    Lokasinya berada di Petung, Kepuharjo, Cangkringan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

    Tiket Masuk Museum Gunung Merapi  adalah Rp5.000

    Artikel menarik lainnya: Bali Safari Marine Park Berwisata Seperti Berpetualang di Afrika

    10. Tempat Wisata Tlogo Putri Jogja

    Tlogo Putri merupakan destinasi wisata di kawasan Kaliurang sudah sejak lama. Berada di lereng Gunung Merapi, tempat wisata alam Jogja  ini menawarkan pesona pemandangan alam di ketinggian 900 mdpl. Pepohonan yang kokoh sepertinya menjadi pemandangan yang familiar di tempat ini.

    Terdapat embung yang menjadi daya tarik utama dalam wisata ini sebagai digunakan untuk bersantai bersama keluarga atau teman. Kalau lapar, wisatawan bisa membeli oleh-oleh, tersedia warung makan dan oleh-oleh untuk para Pengunjung.

    Alamat Tlogo Putri Jogja

    Lokasinya berada di Jalan Tlogo Putri, Hargobinangun, Pakem, Area Hutan, Hargobinangun, Pakem, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

    Wisatawan tidak hanya bisa menikmati keindahan alam, tetapi juga mengenal sejarah dan budaya daerah tersebut. Namun, selalu ingat untuk mengikuti aturan keselamatan ketika berwisata. Jangan lupa liburan dan mari bahagia.

    Artikel menarik lainnya: Pantai Teluk Asmoro Malang Rekomendasi Tempat Liburan Seperti Raja Ampat

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *