Kampoeng Wisata Cinangneng Bogor Wisata Edukasi Bermain Alat Musik dan Lagu Tradisional

Kampoeng Wisata Cinangneng Bogor

Kampoeng Wisata Cinangneng Bogor merupakan taman hiburan yang mengusung tema Kampoeng dan alam pedesaan yang khas. Tempat wisata yang Menawarkan berbagai kegiatan menarik, terutama untuk anak-anak.

Kampung Wisata Cinangneng memadukan konsep desa asri dengan beberapa wahana menarik. Suasana desa terasa begitu kental berkat kearifan lokal yang masih terjaga.

Daya Tarik Kampoeng Wisata Cinangneng Bogor

Sebagai desa wisata, tempat ini menyuguhkan berbagai aktivitas mulai dari budaya, alam, dan pertanian. Kebanyakan pengunjungnya adalah rombongan sekolah atau pelajar, karena cocok dijadikan tujuan wisata. Berikut kegiatan yang dapat dilakukan di Kampoeng Wisata Cinangneng Bogor

  1. Bermain Alat Musik Dan Lagu Tradisional

Di desa wisata ini, pengunjung belajar beberapa alat musik khas Sunda, seperti angklung dan gamelan Sunda, serta menyanyikan lagu-lagu khas Sunda. Pengunjung dapat memainkan alat musik tradisional. Para Pamandu ini akan mengajari kunci dan tip untuk bermain. Lagu-lagunya biasanya lagu daerah dan nasional.

  1. Wisatawan Diajak Belajar Menari Tradisional

Wisatawan bisa belajar tarian tradisional sunda seperti jaipongan yang juga bisa menjadi pilihan. Selain belajar menari, pengunjung diberikan pakaian adat sederhana yang membuat tarian semakin menarik.

Guru mengajar anak-anak untuk menggerakkan tubuh mereka sesuai dengan musik dan ketukan. Mulai dari menggerakkan tangan dan kaki hingga menggelengkan kepala.

  1. Bisa Membuat Kue Dan Jamu

Bagi yang menyukai kegiatan kuliner, pertimbangkan untuk memilih paket wisata yang mencakup kegiatan bikin kue tradisional. Makanan yang bisa diandalkan bisa membuat kue bugis dan kue putu sering menjadi menu unggulan. Ada juga paket aktivitas yang mengajarkan Anda cara menyiapkan jamu.

Aneka resep dan olahan kue tradisional bisa dipilih berdasarkan keinginan pengunjung. Kue putu dan bugis adalah pilihan paling populer sejauh ini. Pengunjung dipandu untuk menyelesaikan semua proses dengan benar. Adapun hasil masakan kue tradisional Jawa Barat bisa dimakan nanti.

Jamu merupakan obat tradisional yang diturunkan dari nenek moyang dan harus dilestarikan. Perpaduan bahan-bahan alami di dalamnya memberikan efek positif bagi kesehatan tubuh.

  1. Menggambar Caping Pak Tani Dan Membuat Karya Seni

Bagi anak-anak, kegiatan ini bisa menjadi aktivitas yang menarik. Para peserta diberi cat dari mana topi petani dibuat. Selain itu, karya seni sederhana juga ditata, seperti boneka wayang yang terbuat dari batang dan daun singkong.

  1. Menanam Padi Kampoeng Wisata Cinangneng Bogor

Anak-Anak bisa memanfaatkan budidaya padi di Kampoeng Wisata Cinangneng ini untuk pengalaman seru. Apalagi jika dilakukan bersama orang-orang terdekat, menanam padi jadi lebih seru.

Bertamasya ke Desa Cinangneng tanpa mencoba menanam padi bisa menunjukkan kepada anak-anak bagaimana beras dikembangkan untuk konsumsi. Sawah menjadi tujuan wisata yang menyenangkan karena anak-anak bisa belajar sambil bermain.

  1. Wisata Tour Kampoeng untuk Produksi Karya UMKM

Wisatawan bisa keliling Kampoeng yaitu mengunjungi toko-toko kecil milik warga setempat seperti konveksi dan kerajinan bambu. Pengunjung diajak untuk merasakan dan melihat langsung proses produksi karya UMKM yang dikerjakan warga sambil berkeliling Kampoeng.

Sejak awal, pemerintah berencana untuk menghubungkan kawasan edutour dengan ekonomi masyarakat. Oleh karena itu, tidak hanya perbaikan, tetapi juga pendidikan tentang pembangunan ekonomi menjadi penting.

Kemudian wisatawan bisa bermain di sungai dan memandikan kerbau. Perasaan turun sungai untuk berenang kerbau akan menjadi pengalaman menarik bagi anak-anak. Kedua aktivitas ini juga bisa menyenangkan, apalagi jika dilakukan secara berkelompok.

Ada juga perkebunan, sawah dan hutan. Dikelilingi oleh udara pedesaan yang sejuk dan segar konon bisa menyegarkan semangat.

  1. Bermalam di Penginapan Kampoeng Wisata Cinangneng Bogor

Jika ingin bermalam di sini, wisatawan bisa memesan penginapan di rumah pedesaan. Guest House dilengkapi dengan fasilitas yang kompeten. Ada juga Cinangneng Bogor Villa yang menawarkan akomodasi modern dengan desain yang unik. Harga menginap di sini bervariasi, namun cukup terjangkau.

Beberapa villa di Cinangneng Bogor juga menawarkan kolam renang untuk para tamunya. Air di kolamnya sendiri sangat jernih karena berasal dari mata air pegunungan asli. Jasa penginapan bisa menjadi alternatif hunian bagi anda yang berasal dari luar kota. Wisma ini juga sering digunakan oleh pengunjung yang ingin mengunjungi Air Terjun Cinangneng.

Harga Tiket Masuk Kampoeng Wisata Cinangneng

Tiket Kampoeng Wisata Cinangneng mulai dari harga Rp145.000. Seperti Paket Sayapun Berasal Dari Desa (Minimum 10 Persons) Rp150.000, Orang Tua Pendamping membayar Rp75.000, dan Paket Poelang Kampoeng (Minimum 20 Persons) dibayar Rp145.000.

Artikel menarik lainnya: Wisata Agro Glantangan Jember Tempat Berlibur Terdapat Kolam Renang Murah Meriah

Alamat Kampoeng Wisata Cinangneng Bogor

Kampung wisata cinangneng terletak di Jalan Babakan Kemang RT. 01/ 02, Cihideung Udik, Kec. Ciampea, Ciampea, Cihideung Udik, Ciampea, Bogor. Jika ingin mendapat Informasi  lebih lanjut dapat menghubungi Telephone: +62-21-765 7217, Fax: +62-21-766 2573.

Demikian artikel tentang Kampoeng Wisata Cinangneng Bogor. Destinasi menarik yang cocok sebagai  tujuan libur edukasi bagi anak-anak.

Sumber foto: IG @kampoengwisatacinangneng

Artikel menarik lainnya: Danau Situ Gede Bogor Tempat Wisata Murah dengan Daya Tarik Keindahan Alam

2 thoughts on “Kampoeng Wisata Cinangneng Bogor Wisata Edukasi Bermain Alat Musik dan Lagu Tradisional

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *