Pariwisata

Jembatan Kaca Seruni Point Bromo, Tunggu Tanggal Buka Tempat Wisata Hits ini

Bentangan Jembatan Kaca Bromo berada di ketinggian 100 meter dari bawah jurang itu di kawasan Gunung Bromo. Adapun lebar sisi yang berbeda-beda. Dari 1,8 meter di ujung jembatan hingga 4,5 meter pada sisi tengah jembatan.

Meski menggunakan kaca, wisatawan tak perlu was-was. Kekuatan jembatan kaca pertama di Indonesia ini dirancang sesuai standar nasional. Pembangunan jembatan dengan tipe suspended cable sudah dikerjakan dari akhir September 2021.

Jembatan Kaca Seruni Point Bromo di Kabupaten Probolinggo dibangun oleh Kementerian PUPR bekerja sama dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dengan investasi Rp 15 miliar dengan anggaran tahun 2021 dan 2022.

Sekilas Tentang Jembatan Kaca Bromo

Komponen kaca yang dipakai menjalani uji tekanan awal di laboratorium, yang mengonfirmasi desain sebelum dioperasikan. Sistem penyangga lantai atau deck jembatan gantung adalah kaca laminasi atau kaca pengaman yang terdiri dari dua panel kaca atau lebih.

Jembatan kaca dapat menampung 100 orang. Setiap panel kaca jembatan terdiri setebal kurang lebih 2,8 cm dan memiliki dua lapis kaca. Setiap gelas memiliki ketebalan sekitar 12,5 milimeter.

Kaca SGT dipasang di antara dua lapisan kaca sebagai kaca tempered. Fungsinya untuk menjaga agar kaca tidak retak atau pecah. Jadi jika kaca tiba-tiba pecah atau pecah, tidak langsung pecah. Kaca akan ditahan oleh kaca SGT tersebut.

Daya rekat kaca SGT sekuat ban mobil dengan setiap pemanasan. Tiga rangkap kaca di setiap panel mampu membawa beban 8 ton. Namun, wisatawan tidak diperbolehkan memakai sepatu pribadi saat melintasi jembatan. Akan ada sepatu khusus untuk wisatawan agar mencegah terpeleset karena suhu dingin dan kaca mudah basah.

Daya Tarik Spot Foto Jembatan Kaca Seruni Point Bromo

Jembatan ini juga menawarkan spot foto bagi wisatawan yaitu di tengah. Meski demikian, wisatawan tetap diperbolehkan mengambil foto dari berbagai sisi sesuai keinginan wisatawan.

Jembatan kaca ini didesain agar tidak terlalu ramai pengunjung. Sehingga wisatawan bisa berfoto dan menikmati pemandangan. Dari segi rancangan desain, Jembatan ini mampu menanggung beban 500 kilogram per meter persegi.

Melihat Pemandangan dari Atas Jembatan

Jembatan kaca Bromo ini membentang di atas kedalaman 80-100 meter. Destinasi wisata yang memacu adrenalin dan menghubungkan terminal wisata Seruni Point dengan shuttle area yang juga sedang dikembangkan.

Dari atas jembatan kaca di Seruni Point, pengunjung bisa menikmati pemandangan Gunung Bromo, Gunung Semeru dan Batok. Pengunjung dapat melihat pemandangan di bawah dan di sekitar jembatan yang terlihat indah.

Selain itu, pengunjung dapat mempelajari ekosistem kawasan lindung yang dikelola oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Pada malam hari kami menawarkan konsep penerangan jembatan. Jadi, dengan penerangan jembatan, objek ini terlihat jelas pada malam hari dari titik tertentu.

Artikel menarik lainnya: Tempat Wisata Taman Agro Kediri Jawa Timur Destinasi Taman Bunga Hits Gunung Kelud

Lokasi Jembatan Kaca Seruni Point Bromo

Lokasi Jembatan Kaca ini terletak di Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Bromo Tengger Semeru. Tepatnya di Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo

Proyek Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sedang berjalan dan selesai akhir tahun 2022. Jembatan Kaca Seruni Point diharapkan dapat menjadi ikon wisata masa depan bagi kawasan tersebut.

Dengan adanya jembatan kaca ini, wisatawan mendapatkan bonus setelah melihat matahari terbit di Seruni Point dengan langsung menuju jembatan kaca. Pasalnya, jarak Seruni Point dengan jembatan kaca cukup dekat.

Artikel menarik lainnya: Chillax Sudirman Jakarta Tempat Nongkrong Hits Terbaru di Kawasan Perkantoran

2 thoughts on “Jembatan Kaca Seruni Point Bromo, Tunggu Tanggal Buka Tempat Wisata Hits ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *