Sat. May 25th, 2024
    Jatinangor National Flower ParkJatinangor National Flower Park

    Sebuah objek wisata baru bernama Jatinangor National Flower Park (JNFP) memamerkan ribuan bunga dari berbagai spesies. Selain berbagai macam bunga, terdapat juga fasilitas bermain untuk anak-anak untuk menambah kemegahan JNFP di Lapangan Golf Bandung Giri Gahana (BGG).

    Objek wisata baru tersebut masih dalam proses pembangunan, mencapai 70% penyelesaian dan diharapkan selesai pada awal 2023. Adanya wisata taman bunga ini konon bisa meningkatkan potensi ekonomi bagi masyarakat sekitar Jatinangor. Hal ini, ditambah dengan keberadaan tol Cisumdawu, sangat luar biasa untuk pariwisata di provinsi Sumedang.

    Taman Bunga Jatinangor dapat menarik wisatawan dan membawa Sumedang ke kabupaten yang menawarkan berbagai tujuan wisata. Tempat wisata ini berada di sebelah Bandung Giti Gahana Golf.

    Daya Tarik yang Ditawarkan Jatinangor National Flower Park

    Jatinangor National Flower Park memiliki sarana prasarana yang lengkap, seperti wahana Bianglala, Korakora, Kreta, gokar dan perosotan warna-warni. Objek wisata mirip dengan objek wisata yang sebelumnya dibangun. Seperti Selosia Semarang, Santera Malang, dan Castelo Subang.

    Tempat wisata Jatinangor ini memiliki luas yang sekitar 7 hektar. Biaya untuk membangun pariwisata kelas dunia diperkirakan mencapai Rp 60 miliar, dengan rata-rata pengembalian investasi sekitar 8 hingga 10 tahun. Obyek wisataini dinilai potensial karena okasi di sini sangat strategis, berada di kawasan Cekungan Bandung, dekat pintu tol Cisumdawu.

    Bupati Sumedang mengungkapkan kegembiraannya atas pembangunan Taman Bunga Nasional Jatinangor. Karena progres pembangunan Taman Bunga Nasional Jatinangor di kawasan BGG Jatinangor tidak akan lama lagi selesai.

    Ia berharap Destinasi wisata Sumedang ini akan menjadi kelas dunia untuk menarik wisatawan. Aksesnya sangat mudah karena sudah ada tol Sismudau keluar Jatinangor dan Cileunyi bisa langsung datang ke tempat ini.

    Senada dengan pernyataan, Gubernur Jabar Ridwan Kami, Jatinangor National Flower Park di Sumedang sebentar lagi akan tuntas. Sehingga, menambah destinasi pariwisata Theme Park di Jawa Barat. Kemudian diharapkan menunjang  perkembangan ekonomi di sepanjang Tol Cisumdawu, dari segi ekonomi pangan, pariwisata maupun properti.

    Destinasi Wisata Jatinangor Diharapkan Mampu Menyerap Tenaga Kerja

    Bupati Sumedang juga berharap destinasi wisata baru bisamenggerakkan ekonomi dan menyerap tenaga kerja. Para investor lebih merekrut warga lokal sebagai tenaga kerja dalam pembangunan tempat wisata Sumedang ini.

    Bupati Sumedang meminta bisa memberdayakan masyarakat desa Cileles, Cilayung dan Cibeusi. Setelah tenaga kerja terserap maka otomatis ekonomi kecil akan tumbuh dan menggerakkan perekonomian masyarakat Sumedang.

    Menurutnya, pengembangan pariwisata Sumedang tidak hanya Jatigede, tapi juga Jatinangor. Setiap exit tol Cisumdawu akan memiliki destinasi wisata utama. Kehadiran Jatinangor National Flower Park (JNFP) di dalam Kawasan Pendidikan Jatinangor diharapkan dapat menerima tenaga kerja dari daerah Jatinangor dan Sumedang.

    Saat ini dibutuhkan tenaga kerja untuk mengurangi jumlah pengangguran di Jatinangor. Menurut pengelola wisata, seteah jadi 100%, dipastikan akan mempekerjakan 3.000 pekerja di berbagai sector destinasi sesuai kebutuhan.

    Artikel menarik lainnya: 9 Tempat Wisata Dekat Rancamaya Bogor Tujuan Liburan Keluarga dan Anak-Anak

    Alamat Jatinangor National Flower Park

    Lokasi wisata Jatinangor ini berada di  Cileles, Kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. JNFP itu memiliki lahan seluas 7.2 hektare dengan beragam view dan banyak permainan anak serta taman bunga. Sedangkan, lahan parkir memiliki luas 2.5 hektare.

    Demikian artikel Jatinangor National Flower Park Dekat Unpad. Jika telah berdiri setidaknya bisa memperkerjakan tenaga kerja dari 12 desa di Kecamatan Jatinangor dan 1 RW di Desa Sindangsari Kecamatan Sukasasari Sumedang.

    Artikel menarik lainnya: Wisata Bee Jay Resort Probolinggo Harga Tiket Masuk dan Fasilitas yang Disediakan

    3 thought on “Jatinangor National Flower Park Dekat Unpad”

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *