Jalur Masuk ke Masjid Al Jabbar Jangan Lewat Cimincrang Tetapi Gedebage Selatan

Jalur Masuk ke Masjid Al Jabbar

Ridwan Kamil memberi saran pengunjung yang mau menuju Masjid Raya Al Jabbar melalui jalur Gedebage selatan. Tujuannya demi menghindari kemacetan di Jalan Cimincrang yang masuk Kota Bandung dari Terminal Peti Kemas Gedebage.

Gubernur Jabar meminta media menyampaikan kalau Jangan ke Al Jabbar lewat Cimincrang tapi lewat Gedebage Selatan. Alternatif lainnya, warga bisa menggunakan jalur Gedebage Selatan sambil menunggu dibukanya tol KM 149 Purbaleunyi menuju Masjid Al-Jabbar.

Keluhan Kemacetan Jalur Masuk ke Masjid Al-Jabbar

Kemacetan panjang terjadi pada Minggu (15/01) di Jalan Cimincrang, pintu masuk Masjid Raya Al Jabbar Kota Bandung. Hal itu terjadi karena banyak warga ingin mengunjungi masjid tersebut. Berikut usulan jalur masuk ke Masjid Al-Jabbar oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil:

  1. Akses masuk CIMINCRANG hanya untuk kendaraan kecil, datang dari arah Cimincrang setelah rel KA harus belok kiri untuk kendaraan Roda empat (R4). Kendaraan roda dua (R2) atau warga diperbolehkan langsung menuju Rancanumpang.
  2. Jalan SOR GBLA dan rancanumpang satu arah untuk kendaraan (R4).
  3. Kendaraan R4 dari utara atau Jalan Soekarno-Hatta menuju Jalan Cimincrang, menuju Jalan SOR GBLA melewati Stadion GBLA. Selanjutnya menuju Masjid Al Jabbar dengan belok kanan di Jalan Rancanumpang hingga sampai di gerbang Al Masjid Raya Al Jabbar.
  4. Bus dan truk tidak diperbolehkan melalui Jalan Cimencrang, namun tetap dapat melalui Jalan Gedebage Selatan.

Sejak dibuka, Masjid Raya Al Jabbar sudah bisa dikunjungi untuk ibadah dan wisata religi. Masjid Raya Al Jabbar diresmikan menjadi ikon baru Jawa Barat kini bisa dilihat di Kota Bandung.

Acara pembukaan dilakukan oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan dihadiri oleh beberapa pejabat kementerian, pimpinan daerah dan Walikota Bandung Yana Mulyana.

Walikota Bandung Yana Mulyana menyambut baik kehadiran Masjid Raya Al Jabbar di Kota Bandung. Ia bersyukur masjid yang juga menyimpan khazanah perjalanan Islam Indonesia itu kini berdiri di Kota Bandung.

Artikel menarik lainnya: Bromo Hillside Cafe 360 Malang Tempat Wisata Nongkrong Hits Nuansa 4 Gunung

Masjid Al Jabbar Ikonik yang Memiliki Museum Sejarah Islam

Salah satu fasilitas pendirian Masjid Raya Al-Jabbar adalah Ma’rodh atau Museum Sejarah Islam di Masjid Raya Al-Jabbar. Pembangunan  karya a kreatif Indonesia yang telah meraih banyak kesuksesan di tingkat nasional maupun internasional.

Konsep Museum Masjid Agung Al-Jabbar dikembangkan sebagai sarana edukasi dengan berbagi informasi kepada masyarakat khususnya umat Islam Jawa Barat bahkan Indonesia, Asia Tenggara dan Asia.

Isi museum terdiri dari panel grafis, seri multimedia, aplikasi desktop, aplikasi mobile, aplikasi augmented reality, aplikasi desktop dokumentasi layar sentuh, permen, diorama, dan berbagai koleksi yang berkaitan dengan sejarah Islam di Indonesia. Musem yang akan diresmikan pada Februari 2023.

Demikian artikel Jalur Masuk ke Masjid Al-Jabbar Jangan Lewat Cimincrang Tetapi Gedebage Selatan. Perhatikan akses masuk ke masjid ini untuk menghindari kemacetan.

Artikel menarik lainnya: The Wujil Aqua Park Wisata Air di Ungaran Kabupaten Semarang

One thought on “Jalur Masuk ke Masjid Al Jabbar Jangan Lewat Cimincrang Tetapi Gedebage Selatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *