Tue. May 28th, 2024
    Gerbang Tol Sukabumi Cibadak Ciawi Bisa Dipakai Mudik LebaranGerbang Tol Sukabumi Cibadak Ciawi Bisa Dipakai Mudik Lebaran

    Gerbang Tol Sukabumi Cibadak Ciawi sudah bisa digunakan untuk mudik tahun ini. Harapannya jalan lebih normal kurang kemacatan ke Sukabumi bisa mengurangi kemacetan yang luar biasa. Bila Tol Bocimi (Bogor-Ciawi-Suakbumi) sudah 100% selesai, kini bisa memangkas waktu tempuh Jakarta-Sukabumi yang dulunya bisa ditempuh 4-5 jam dengan tol, menjadi 2 jam lebih cepat.

    Tol Ciawi – Sukabumi atau yang dikenal dengan Bocimi memiliki total panjang 54 km dan terdiri dari 4 seksi. Ini mendukung koneksi ke banyak wisatawan terkenal yang keindahan alamnya terletak di wilayah Jawa Barat. Seperti pantai Pelabuhan Ratu, Ujung Genteng, Geopark Ciletuh, Gunung Gede dan masih banyak tempat menarik lainnya untuk dikunjungi.

    Sebelumnya, Tol Ciawi-Sukabumi Seksi I Ciawi-Cigombong (15,35 km) telah dibuka pada Desember 2018. Tol Cigombong – Cibadak Seksi 2 sepanjang 11,9 kilometer, sejauh ini progres konstruksinya sudah mencapai 77,43% dan diharapkan pembangunannya selesai pada tahun hingga akhir tahun 2022. Kemudian Seksi III ruas Cibadak-Barat-Sukabumi (13,70 km) dan Seksi IV ruas Sukabumi Barar-Sukabumi Timur (13,05 km).

    Fungsi Gerbang Tol Sukabumi Cibadak Ciawi Tahun 2023

    Tol Bocimi dibangun untuk memudahkan ketersediaan fasilitas jalan kendaraan. Salah satunya untuk mengurai kemacetan yang kerap terjadi di kawasan tersebut, khususnya di Sukabumi bagian utara.

    Adanya tol ini juga diharapkan dapat mempersingkat waktu tempuh menuju kawasan Sukabumi. Seperti akses jalan menuju Pelabuhan Ratu yang memakan waktu sekitar satu jam. Lalu, jika Anda berkendara dari Jakarta ke Pelabuhan Ratu hanya membutuhkan waktu 2,5 jam.

    Selain itu, waktu tempuh dari Sukabumi, dan dari kabupaten dan kota menuju Ciawi bisa dihemat satu hingga dua jam, saat ini hanya sekitar seperempat hingga setengah jam waktu perjalanan.

    Adanya Tol Bocimi juga memberikan efek yang semakin positif bagi pertumbuhan ekonomi dan bisnis di wilayah Jawa Barat, khususnya di Bogor dan Sukabumi. Jalan Tol Ciawi – Sukabumi dikelola oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT. Di seberang Jalan Tol Jabar dengan nilai investasi Rp. 11,71 triliun dan targetnya part 4 bisa selesai pembangunannya di tahun 2024.

    Artikel menarik lainnya: Harga Tiket Bus Budiman Rute Jakarta Tasikmalaya dan Lainnya

    Pembukaan Jalan Tol Bocimi Bagian Sukabumi Cibadak Ciawi Seksi 2 Didukung Pemerintah Pusat

    Rencana pembukaan Tol Bocimi Seksi 2 juga diumumkan oleh pemerintah pusat. Dirjen Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Hedy Rahadian mengatakan, ruas tol Ciawi-Sukabumi akan masuk dalam ruas tol yang akan beroperasi pada Lebaran 2023.

    Jadi Tol Ciawi-Sukabumi sampai Cibadak dibuka lebaran nanti. Sebenarnya ada PMN (Penyertaan Modal Negara) ke Sukabumi Barat. Tapi ke Cibadak hampir selesai.

    Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) berharap pembukaan Tol Bocimi Seksi II dapat mengurangi kemacetan dan membantu kelancaran arus mudik pada libur panjang Idul Fitri 2023.

    Demikian artikel tentang Gerbang Tol Sukabumi Cibadak Ciawi Bisa Dipakai Mudik Lebaran 2023. Perjalanan mudik akan lebih ringkas dengan dioperasikannya jalan tol tersebut.

    Artikel menarik lainnya: Harga Tiket Bus Garuda Mas Jakarta untuk Lebaran 2023

    One thought on “Gerbang Tol Sukabumi Cibadak Ciawi Bisa Dipakai Mudik Lebaran”

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *